Review Produk

Rekomendasi Obat Amandel Bengkak dan Nyeri Terbaik di Apotek

Yulia Puji Sadriana, 20 Feb 2024

Ditinjau Oleh Tim Medis KlikDokter

Saat radang dan amandel bengkak, tubuh bisa mengalami demam hingga sulit menelan. Untuk mengatasinya, Kamu bisa konsumsi obat di apotek seperti Paracetamol, Tantum Loz, hingga Sp Troches.

Rekomendasi Obat Amandel Bengkak dan Nyeri Terbaik di Apotek

Amandel bengkak dan mengalami radang bisa disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. Hal tersebut dapat menimbulkan gejala seperti pembengkakan pada amandel dan kelenjar getah bening di leher, sakit tenggorokan, sulit menelan, hingga demam.

Untuk mengatasinya, Kamu bisa mengonsumsi obat amandel bengkak di apotek.  Namun, tetap pastikan Kamu berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat apapun, ya. 

Nah, berikut adalah rekomendasi obat amandel paling bagus yang bisa Kamu beli di apotek.

1. Hexadol Gargle

Hexadol Gargle

Hexadol Gargle adalah obat kumur yang mampu mengatasi sakit tenggorokan, faringitis dan amandel.

Cara pemakaian obat ini Kamu kumur sebanyak 15 ml selama 30 detik pada pagi dan malam hari atau oleskan pada luka di mulut.

Kamu cukup menyimpannya di tempat sejuk dan kering dan hindari cahaya matahari. Harga Hexadol Gargle 120ml mulai dari Rp 28.099.

2. Bactidol


Bactidol

Bactidol merupakan obat kumur dengan kandungan heksetidin yang bermanfaat untuk mengatasi radang mulut, radang tenggorokan, sariawan, radang gusi, dan radang amandel yang disebabkan oleh bakteri dan jamur.

Kamu cukup berkumur selama 2 kali sehari dengan takaran 15ml. Kamu dapat membeli obat ini dengan resep dokter. Harga Bactidol 60ml mulai dari Rp 191.000.

Artikel lainnya: Obat Alami untuk Atasi Amandel Bengkak

3. Lamandel

Lamandel

Lamandel merupakan obat serbuk untuk balita, anak-anak dan dewasa yang mampu mengatasi batuk, amandel, tenggorokan, memperbaiki nafsu makan, meningkatkan daya tahan tubuh dan daya ingat. 

Komposisi dari obat Lamandel yaitu starcytarpheta folia, centela asiatica, dan curcuma rhizoma. Cara penyajian obat ini yaitu larutkan 1 bungkus lamandel dalam 150 ml air hangat.

Minum obat ini 3 kali sehari sampai sembuh, namun jika Kamu ingin menjaga kesehatan tubuh Kamu hanya perlu minum 1 kali sehari. Harga Lamandel 12 sachet mulai dari Rp 31.555.

4. Paracetamol

Paracetamol

Beli Paracetamol di KALStore


Paracetamol mampu meredakan nyeri yang diakibatkan oleh amandel, selain meredakan nyeri paracetamol juga bisa meredakan demam yang muncul akibat infeksi.

Paracetamol sendiri memiliki bentuk pil dan sirup, Kamu bisa pilih sesuai dengan kebutuhanmu. Kamu dapat minum obat ini setelah makan.

Obat ini dapat menimbulkan efek samping yang perlu diwaspadai, termasuk kerusakan hati. Harga Paracetamol 500mg Tablet per strip mulai dari Rp 3.327.

Artikel lainnya: Perawatan Rumahan untuk Mengatasi Radang Amandel

5.Tantum Loz Tablet

Tantum Loz Tablet

Beli Tantum Loz di KAL Store


Tantum Loz merupakan tablet hisap yang mampu mengatasi bau mulut, sakit tenggorokan, amandel bengkak, hingga sariawan dan bibir pecah-pecah.

Obat ini dapat diminum 1 tablet hisap perlahan tiap 2 jam untuk kasus berat, untuk kasus ringan Kamu hanya perlu 1 tablet dihisap perlahan tiap 3 jam.

Pastikan Kamu tidak mengonsumsi obat lebih dari 12 tablet/ hari, dan jangan dikunyah atau digunakan berturut-turut lebih dari 7 hari. 

Penggunaan berlebihan dapat menyebabkan efek samping, seperti peringatan bagi penderita hati, ginjal dan ibu hamil. Harga Tantum Loz Tablet 2 strip mulai dari Rp 44.612.

6. Sp Troches Melon

Sp Troches Melon

Beli Sp Troches Melon di KAL Store


Sp Troches Melon merupakan obat hisap yang mampu mengatasi infeksi ringan di area mulut dan tenggorokan.

Dengan berbagai macam rasa maka Kamu tidak merasakan pahitnya minum obat amandel. Kamu hanya perlu menghisap obat ini tanpa dikunyah.

Harga Sp Troches Melon 12 tablet mulai dari Rp 16.200.

Artikel lainnya: Cara Alami Mencegah Radang Amandel

7. Spiramycin

Spiramycin 500 mg Tablet

Spiramycin adalah antibiotik yang mampu mengatasi berbagai infeksi diantaranya radang amandel, sinusitis, faringitis, otitis media dan infeksi saluran pernapasan.

Obat ini dapat diminum dengan dosis dewasa 500 mg 3 kali sehari, anak-anak sehari 50-100 mg 2-3 kali.

Obat Spiramycin harus dibeli dengan resep dokter karena dapat menimbulkan efek samping muntah, diare, nyeri epigastrik dan ruam kulit. Harga Spiramycin Novell 500mg mulai dari Rp 2.896.

8. Cefixime

Cefixime 100 mg Kapsul

Cefixime adalah obat yang berbentuk kapsul yang mampu mengobati faringitis, bronkitis akut, otitis media, tonsilitis, eksaserbasi dari bronkitis kronik dan demam tifoid.

Kamu harus minum obat ini setelah makan dosisnya yaitu untuk anak-anak 2 kali sehari dengan takaran -1,5-3 mg/kg 2 kali sehari dan dewasa 150-100 mg/kg 2 kali sehari.

Jika Kamu ingin membeli obat ini harus sesuai dengan resep dokter karena jika tidak akan menimbulkan efek samping berupa syok, reaksi hipersensitivitas, kelainan hematologi, gangguan GI, disfungsi ginjal, gangguan pernafasan, sakit kepala dan pusing

Harga Cefixime Novell 100mg/ tablet mulai dari Rp 3.338.

9. Clindamycin Hydrochloride

Clindamycin Hydrochloride

Clindamycin merupakan obat untuk mengatasi infeksi serius oleh bakteri anaerob, bakteri tersebut dapat menimbulkan infeksi mulut, radang gusi dan infeksi rongga mulut. Jika Kamu ingin membeli obat ini maka Kamu harus menggunakan resep dokter.

Minum obat ini setelah makan dengan dosis dewasa sebanyak 150-300 mg tiap 6 jam infeksi berat, dewasa infeksi sangat berat 300-450 mg tiap 6 jam.

Efek samping yang ditimbulkan yaitu rasa tidak nyaman di perut, diare, kolitis, mual dan muntah. Harga Clindamycin Hydrochloride 150mg per tablet mulai dari Rp 1.126.

Artikel lainnya: Penyebab Suara Berubah pasca Operasi Amandel

10. Doxef Cefadroxil

Doxef Cefadroxil

Doxef merupakan obat berbentuk tablet yang mampu mengatasi amandel tanpa operasi, obat ini merupakan golongan sefalosporin.

Cara kerja Cefadroxil yaitu menghambat pembentukan dinding sel bakteri sehingga bakteri tidak bisa berkembang biak. Dosis yang harus Kamu minum yaitu, dewasa 1-2 kali sehari 2-4 kapsul dan anak-anak 30 mg/kg.

Kamu harus membeli obat ini dengan resep dokter karena efek samping yang ditimbulkan yaitu mual, muntah, diare, ruam kulit, biduran, angioedema, dan gatal. Harga Doxef Cefadroxil 500mg mulai dari Rp 10.718.

11. Pyxime Cefixime

Pyxime Cefixime

Pyxime adalah obat yang berbentuk kapsul yang mampu mengatasi faringitis, tonsilitis, infeksi saluran kemih tanpa komplikasi, dan eksaserbasi akut dari bronkitis.

Dosis untuk dewasa dan anak lebih dari 30 kg 1 kapsul 2 kali sehari, infeksi dosis berat 200 mg 2 kali sehari. Kamu dapat minum obat ini setelah makan atau sebelum makan.

Kamu bisa mendapatkan obat ini dengan resep dokter, efek samping dari obat ini yaitu diare, ruam kulit, urtikaria, syok, gangguan ginjal dan pernapasan.

Harga Pyxime 100mg tablet mulai dari Rp 32.418.

12. Azithromycin

Azithromycin 500 mg Tablet

Azithromycin merupakan antibiotik yang mampu menghentikan pertumbuhan bakteri. Obat ini dapat mengobati infeksi saluran pernafasan bagian atas dan bawah, infeksi kulit ringan dan sedang, radang uretra, non komplikasi dan radang leher rahim.

Kamu bisa mendapatkan obat ini dengan resep dokter. Beberapa efek samping obat yang perlu diwaspadai yaitu mual, muntah, kembung, sakit perut, diare, dispepsia, melena, ikterus kolestatik dan lainnya.

Dosis untuk obat ini untuk dewasa 500mg/ hari selama 3 hari, kemudian 250mg/ hari pada hari 2-5. Harga Azithromycin 500mg mulai dari Rp 5.488.

Artikel lainnya: Tips dan Cara Efektif Menghilangkan Batu Amandel

13. Amoxicillin

Amoxicillin

Amoxicillin merupakan obat antibiotik yang harus dihabiskan. Bukan hanya bisa mengobati amandel bengkak, obat ini juga digunakan untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh pertumbuhan bakteri, seperti menyembuhkan faringitis, abses gigi, gonore, infeksi saluran pernapasan, otitis media dan tonsilitis. 

Obat ini menggunakan resep dokter, dosis untuk dewasa 250-500 mg 3 kali sehari, anak-anak 20-40 mg/kg.

Efek samping yang diberikan yaitu reaksi hipersensitivitas, demam nyeri sendi, diare, syok anafilaksis, eritematosus, leukemia limfatik kronik dan iritasi gastrointestinal.

Harga Amoxicillin Kf 500mg per tablet mulai dari Rp 649.

Artikel Lainnya: 8 Obat Alami untuk Atasi Amandel Bengkak

Itulah daftar rekomendasi jenis obat untuk mengatasi amandel radang dan bengkak yang bisa Kamu beli di apotek.

Jika ada yang ingin ditanyakan amandel, Kamu bisa menggunakan fitur Tanya Dokter Spesialis THT atau buat janji dengan Dokter THT di KlikDokter.

Jangan lupa untuk #JagaSehatmu selalu dengan rutin cek kesehatan Kamu dan keluarga. Pesan layanan pemeriksaan kesehatan THT  bisa dilakukan secara online.

Jika ingin membeli obat bebas, Kamu bisa beli dengan mudah dan cepat di KALStore. Yuk, download aplikasi KlikDokter sekarang juga!

Konsultasi Dokter Terkait