Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatReview ProdukRekomendasi Obat Sakit Mata Merah, Berair, dan Belekan Paling Ampuh di Apotek
Review Produk

Rekomendasi Obat Sakit Mata Merah, Berair, dan Belekan Paling Ampuh di Apotek

Bunga Sandha Pragastiwi, 07 Feb 2024

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Rekomendasi obat sakit mata merah paling ampuh di apotek di antaranya adalah Insto Tetes Mata, Rohto Sterile Eye Drop, hingga Cendo Xitrol. Ini kandungan dan merek obat yang bisa kamu beli di apotek.

Rekomendasi Obat Sakit Mata Merah, Berair, dan Belekan Paling Ampuh di Apotek

Ada beberapa cara mengatasi mata merah untuk anak-anak dan juga orang dewasa, seperti mencoba untuk istirahat mata hingga hindari terlalu lama menatap layar komputer atau televisi.

Kamu juga bisa mencoba dengan mengompres mata dengan air dingin atau memakai obat sakit mata merah yang dijual bebas di apotek.

Namun perlu diingat, jika kamu ingin menghilangkan mata merah, bengkak, belekan, hingga berair dengan obat tetes mata yang dibeli di apotek, tetap perlu ada pendampingan dokter, ya.

Sebagai rekomendasi, inilah daftar obat sakit mata untuk anak-anak dan juga orang dewasa yang bagus dan bisa kamu beli di apotek.

1. Insto Tetes Mata Regular

 Insto Tetes Mata Regular

Beli Obat Sakit Mata Insto di KALStore

Rekomendasi obat tetes mata yang pertama yaitu Insto Regular. Insto Regular hadir dalam wadah berwarna hijau dan mengandung tetrahydrozoline HCl sebanyak 0,05% serta benzalkonium klorida sebanyak 0,1%.

Obat mata Insto memiliki manfaat untuk mengatasi kemerahan dan ketidaknyamanan pada mata yang disebabkan oleh iritasi ringan akibat paparan debu, asap, angin, atau air kolam renang.

Insto Regular mengandung zat aktif tetrahydrozoline HCl. Fungsi utama bahan ini adalah mengontraksi pembuluh darah yang melebar di area mata saat terjadi kemerahan dan iritasi.

Harga Insto Tetes Mata Regular 15ml: Rp. 21.700.

Artikel Lainnya: Perbedaan Salep Mata dan Tetes Mata, Mana yang Efektif?

2. Rohto Steril Eye Drop

Rohto Steril Eye Drop

Beli Rohto Steril Eye Drop di KALStore

Rohto Steril Eye Drop adalah cairan optalmik yang mengandung Tetrahydrozoline HCl sebagai bahan aktif.

Digunakan untuk meredakan kemerahan mata akibat iritasi ringan, yang dapat disebabkan oleh debu, asap, suhu dingin, penggunaan lensa kontak, paparan komputer dalam waktu yang lama, atau iritasi pasca-renang.

Harga Rohto Steril Eye Drop 7ml: Rp. 12.000.

3. Cendo Eyefresh

Cendo Eyefresh

Beli Cendo Eyefresh di KALStore

Cendo Eyefresh mengandung bahan aktif HPMC dan Dextran 70, dirumuskan untuk mengatasi ketidaknyamanan pada mata kering karena produksi air mata yang kurang.

Produk ini juga bertujuan memberikan perlindungan pada mata dari iritasi ringan akibat paparan angin dan sinar matahari. Selain itu, membantu meringankan gejala iritasi ringan dan infeksi pada mata.

Harga Cendo Eyefresh 5ml: Rp. 36.300.

4. Y Rins Cuci Mata

 Y Rins Cuci Mata

Beli Y Rins Cuci Mata di KALStore

Y Rins dapat membantu kamu untuk mengatasi mata yang lelah dan nyeri, memberikan sensasi kesegaran dan kesejukan pada mata yang terasa letih, meredakan iritasi ringan yang mungkin disebabkan oleh paparan debu atau asap, aktivitas mengemudi, atau pekerjaan yang memerlukan fokus pada objek yang dekat.

Y Rins adalah cairan steril yang berisi Distilled Witch Hazel sebanyak 13%. Harga Y Rins 12ml/botol: Rp. 19.000.

5. Rohto Cool

 Rohto Cool

Beli Rohto Cool di KALStore

Rohto Cool adalah produk tetes mata yang diformulasikan untuk mengurangi kemerahan mata yang disebabkan oleh iritasi ringan, seperti paparan debu, asap, angin, sinar matahari, penggunaan lensa kontak, alergi, atau kegiatan berenang.

Rohto Cool mengandung naphazoline HCl 0,012% sebagai dekongestan untuk meredakan kemerahan mata, benzalkonium klorida sebagai pengawet, dan I-menthol sebagai agen penyejuk.

Dengan kandungan I-menthol-nya, Rohto Cool memberikan sensasi dingin yang menyegarkan pada mata.

Harga Rohto Cool 7ml: Rp. 16.850.

Artikel Lainnya: Ini Cara untuk Mengatasi Mata Kering

6. Cendo Lyteers

Cendo Lyteers

Beli Cendo Lyteers di KALStore

Cendo Lyteers adalah obat tetes mata yang mengandung Sodium Chloride dan Kalium Chloride. Fungsinya adalah untuk memberikan kelembutan pada mata yang mengalami kekeringan akibat iritasi dan gangguan penglihatan.

Obat tetes mata ini adalah formulasi steril yang mengandung Sodium Chloride dan Potassium Chloride.

Kedua zat ini berperan sebagai pembasah atau pelumas pada mata yang kering, menjaga agar permukaan mata tetap lembab.

Harga Cendo Lyteers 15ml: Rp. 27.160.

7. Cendo Xitrol Tetes Mata

Cendo Xitrol Tetes Mata

Cendo Xitrol merupakan tetes mata steril yang menggabungkan kandungan Deksametason, Neomycin Sulfate, dan Poliymyxin B Sulfate.

Obat tetes mata ini direkomendasikan untuk mengatasi kondisi peradangan mata yang merespons positif terhadap steroid, sekaligus mengobati infeksi bakteri atau reaksi infeksi mata yang disebabkan oleh bakteri, seperti mata merah, gatal, dan bengkak.

Harga Cendo Xitrol Tetes Mata 5ml: Rp. 26.000.

8. C Fenicol Eye Oint

C Fenicol Eye Oint

Cara mengobati mata merah yang diikuti dengan belekan biasanya akan diresepkan obat salep. Salah satu produk salep terbaik untuk menghilangkan mata merah adalah C Fenicol Eye Oint.

Ini adalah salep mata yang digunakan untuk meredakan masalah mata akibat infeksi bakteri. Obat mata ini merupakan obat berbentuk salep antibiotik steril.

C Fenicol Eye Oint mengandung Chloramphenicol sebanyak 1%. Chloramphenicol adalah jenis antibiotik yang berfungsi melawan berbagai macam bakteri pada mata.

Salep ini efektif terhadap berbagai bakteri, termasuk yang disebut sebagai bakteri gram positif dan gram negatif, kecuali Pseudomonas aeruginosa.

Mekanisme kerja obat ini adalah dengan menghentikan pembentukan protein pada bakteri.

Harga C Fenicol Eye Oint 3.5g: Rp. 30.000.

9. Visine Original

Visine Original

Visine obat tetes mata original, mengandung Tetrahydrozoline HCl, zat yang memiliki indikasi untuk meredakan peradangan pada konjungtiva mata, yang merupakan lapisan tipis dan transparan yang melapisi bagian putih mata dan bagian dalam kelopak mata.

Harga Visine Original 6ml: Rp. 17.500

10. Erlamycetin Eye Oint

Erlamycetin Eye Oint

Erlamycetin Eye Oint adalah salep antibiotik steril yang digunakan untuk merawat mata, mengandung Chloramphenicol sebanyak 1%.

Chloramphenicol adalah antibiotik yang efektif melawan berbagai jenis bakteri, baik yang bersifat gram positif maupun gram negatif, terlepas dari keberadaan oksigen.

Salep ini diformulasikan untuk mengobati berbagai infeksi mata, seperti iritis, konjungtivitis, keratitis, dakriositis, dan jenis infeksi mata lainnya yang peka terhadap Chloramphenicol.

Sehingga, obat Erlamycetin Eye Oint menjadi pilihan terbaik untuk mengatasi mata merah, berair, belekan, hingga bengkak.

Harga Erlamycetin Eye Oint 3.5g: Rp. 16.000.

11. Tarivid Eye Drop

Tarivid 3 mg/mL Tetes Mata 5 mL

Tarivid Eye Drop adalah obat tetes mata yang digunakan untuk mengobati infeksi pada mata yang disebabkan oleh bakteri.

Obat ini mengandung ofloxacin 0,3%, suatu jenis antibiotik golongan fluorokuinolon. Zat tersebut bekerja dengan menghambat replikasi DNA bakteri yang menjadi penyebab infeksi pada mata.

Obat tetes mata yang mengandung Ofloxacin dan digunakan untuk mengobati infeksi mata yang disebabkan oleh bakteri gram positif, gram negatif, dan anaerob, seperti konjungtivitis dan ulkus kornea.

Pemahaman yang baik tentang cara penggunaan dan konsumsi obat ini juga diperlukan saat kamu membeli obat ini.

Harga Tarivid Eye Drop 5ml: mulai dari Rp. 83.000.

12. Lergio Tetes Mata

Lergio Tetes Mata

Lergio Eye Drops 5 ml adalah tetes mata yang mengandung Olopatadine 0.1%, digunakan untuk merawat tanda dan gejala konjungtivitis alergi.

Lergio Eye Drop ini mengandung bahan aktif Olopatadine HCL sebanyak 1 mg, Lergio adalah obat antihistamin yang digunakan untuk meredakan gatal dan kemerahan pada mata yang disebabkan oleh reaksi alergi.

Harga Lergio Tetes Mata 5ml: Rp. 113.000.

13. Cendo Asthenof

 Cendo Asthenof

Cendo Asthenof mengandung Oxymetazolin HCl, yang merupakan suatu zat yang berguna untuk membantu mengatasi gejala kemerahan pada mata dan mengurangi rasa tidak nyaman yang mungkin timbul akibat iritasi mata ringan.

Kandungan tersebut, obat ini dirancang untuk memberikan efek menyejukan dan meredakan iritasi pada mata, memberikan kenyamanan serta membantu mengembalikan kondisi mata yang normal.

Harga Cendo Asthenof 5ml: mulai dari Rp. 27.000.

14. Erlamycetin Plus

Erlamycetin Plus

Erlamycetin Plus adalah obat tetes mata dengan kombinasi antibiotik Chloramphenicol dan kortikosteroid Dexametason.

Chloramphenicol efektif melawan berbagai bakteri dan mikroorganisme, menghambat sintesis protein bakteri. Sementara itu, Dexamethason berperan sebagai anti peradangan.

Harga Erlamycetin Plus 5ml: mulai dari Rp. 22.000.

15. Tobro Tobramycin

Tobro Tobramycin merupakan obat tetes mata dengan kandungan Tobramycin, digunakan untuk mengatasi infeksi mata dan meredakan peradangan merah pada mata.

Tobro bekerja dengan menghentikan pertumbuhan bakteri dan mengurangi peradangan pada mata. Kepraktisan dan kemudahan penggunaan membuat Tobro mudah dibawa dan digunakan saat diperlukan.

Harga Tobro Tobramycin 5 x 0.6ml: Rp. 27.000.

Jika mata kamu mengalami sakit mata yang terus berlanjut dan mengganggu aktivitas, Kamu bisa langsung berkonsultasi dengan Dokter spesialis mata menggunakan Layanan Kesehatan Mata dari KlikDokter. 

Kamu juga bisa membeli berbagai kebutuhan obat dan suplemen kesehatan dengan mudah dan aman di KALStore. Yuk, #JagaSehatmu selalu!

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter