Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeGaya hidupDiet dan NutrisiIni Cara Menambah Nafsu Makan yang Sehat dan Aman
Diet dan Nutrisi

Ini Cara Menambah Nafsu Makan yang Sehat dan Aman

dr. Bobtriyan Tanamas, 26 Jan 2024

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Meningkatkan nafsu makan yang aman bisa dilakukan dengan cara rutin mengonsumsi asam folat, olahraga, tidak melewatkan sarapan, hingga konsumsi cemilan sehat.

Ini Cara Menambah Nafsu Makan yang Sehat dan Aman

Nafsu makan yang menurun umumnya bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk stres, baru sembuh dari sakit, hingga sedang dalam program diet.

Penurunan nafsu makan yang intens tidak boleh dibiarkan, karena bisa memicu berbagai penyakit. Nah, jika kamu sedang mengalaminya, penting untuk menemukan cara menambah nafsu makan yang sehat dan aman agar berat badan ideal tetap terjaga. Berikut beberapa tipsnya.

 1. Konsumsi Asam Folat

Kurangnya asupan asam folat dapat menyebabkan turunnya nafsu makan. Karena itu, agar nafsu makan kembali normal, kamu dianjurkan untuk meningkatkan asupan asam folat dengan mengonsumsi sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, pisang, jeruk atau pepaya.

Namun, pastikan asupan asam folat harian kamu tidak lebih dari 400 mikrogram per hari.

2. Konsumsi Vitamin K

Tidak hanya menyebabkan tulang keropos, mudah lesu dan memar, kekurangan vitamin K juga dapat menurunkan nafsu makan.

Untuk menghindarinya, konsumsilah sayuran berdaun hijau, asparagus, plum dan kedelai. Jumlah kebutuhan vitamin K harian orang dewasa adalah 90 mikrogram.

3. Kurangi Konsumsi Suplemen

Jika kamu nekat mengonsumsi suplemen tanpa ada anjuran dari dokter, bukan tidak mungkin kamu akan mengalami toksisitas vitamin. Kondisi ini dapat menyebabkan penurunan nafsu makan, diare, muntah dan perubahan mental.

4. Makan Sedikit, Tapi Sering

Cara meningkatkan nafsu makan yang satu ini juga bisa kamu coba. Jika kamu mengalami penurunan nafsu makan karena penyakit yang serius, cobalah untuk makan sedikit-sedikit tapi sering.

Pastikan kamu menambahkan lebih banyak makanan berkalori tinggi seperti kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, buah zaitun dan keju ke dalam menu yang disantap.

Artikel Lainnya: 15 Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak yang Bagus

5. Rutin Berolahraga

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Obesity menyebutkan, olahraga secara rutin dan teratur dapat menjadi cara menambah nafsu makan yang baik. Beberapa olahraga yang dianjurkan adalah berjalan santai, joging, atau aerobik ringan.

6. Jadwalkan Waktu Makan

Sering Meeting di Jam Makan Siang Picu Kegemukan

Lapar merupakan isyarat tubuh bahwa kamu harus makan. Namun, jika kamu tidak merasa lapar, kamu mungkin tidak bisa mengandalkan nafsu makan untuk mengingatkan kapan harus makan.

Jika ini masalahnya, cobalah membuat jadwal makan lebih teratur sebagai cara untuk meningkatkan nafsu makan kamu.

7. Jangan Lewatkan Waktu Sarapan

Rutin sarapan setiap hari adalah sesuatu yang penting ketika kamu ingin meningkatkan nafsu makan dan menambah berat badan.

Selain itu, sarapan membantu menaikkan efek termogenesis tubuh, sehingga membuat kamu membakar lebih banyak kalori sepanjang hari. Hal ini kemudian dapat meningkatkan nafsu makan Anda.

Artikel Lainnya: Solusi bagi Ibu Menyusui yang Kehilangan Nafsu Makan

8. Cari Kalori Lewat Minuman

Cara menambah nafsu makan lainnya adalah dengan meningkatkan kalori dari minuman. Ya, selain dari makanan, kalori juga bisa didapat lewat minuman.

Saat kamu tidak merasa terlalu lapar, meningkatkan asupan kalori dengan minuman yang dikonsumsi akan lebih mudah daripada harus mengunyah makanan.

Kamu bisa mengganti beberapa makanan dengan minuman bergizi tinggi. Misalnya, smoothie, milkshake, dan jus.

Cobalah membuatnya menggunakan bahan-bahan bergizi seperti buah-buahan dan sayuran. Kamu juga dapat menambahkan sumber protein seperti susu murni, yoghurt, atau bubuk protein untuk kalori dan nutrisi tambahan.

9. Siapkan Makanan Favorit

509makanan-dan-minuman-yang-sebaiknya-dihindari-saat-hamil-week-85.jpg

Mengonsumsi makanan favorit juga bisa menjadi cara menambah nafsu makan yang jitu. Saat kamu duduk di depan makanan yang kamu tahu akan nikmati, kamu mungkin lebih cenderung memakannya daripada hidangan yang menurut kamu tidak menarik.

Jadi, luangkan waktu untuk merencanakan dan menyiapkannya terlebih dahulu. Tambahkan saus favorit, misalnya saus keju, untuk menambah kelezatan makanan sehingga nafsu makan bertambah.

Namun, jika makanan favorit kamu cenderung tidak sehat, kamu dapat mencoba memasak dan menyajikannya dengan bahan-bahan yang lebih sehat.

Artikel Lainnya: Manfaat Madu untuk Anak Malas Makan, Efektifkah?

10. Cari Camilan yang Menyehatkan

Untuk mengakali kurangnya nafsu makan, kamu bisa mengonsumsi camilan. Namun, camilan tidak dimaksudkan untuk menggantikan makan besar, melainkan untuk melengkapi. Hindari juga makan camilan dekat waktu makan karena bisa memengaruhi selera makan.

Beberapa contoh camilan yang sehat adalah buah-buahan, yoghurt, kacang-kacangan, dan oatmeal.

Jangan sampai turunnya nafsu makan yang kamu alami terjadi secara berkelanjutan. Pasalnya, jika kamu terus-menerus kehilangan nafsu makan hingga berat badan kurang, risiko terkena penyakit akan meningkat.

Bagi kamu yang punya pertanyaan seputar cara menambah nafsu makan, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter kami.

Gunakan layanan Tanya Dokter dan Temu Dokter yang tersedia di aplikasi KlikDokter. Kamu juga bisa menghitung berat badan idealmu dengan health tools Kalkulator BMI. Yuk, download aplikasi KlikDokter sekarang juga!

[NWS/ RS]

Nafsu MakanBerat BadanBerat Badan IdealMenaikkan berat badan nafsu makan turunTips Makan Sehat

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter