HomeInfo SehatGigi MulutBerbagai Pengobatan Abses Gigi yang Harus Kamu Tahu
Gigi Mulut

Berbagai Pengobatan Abses Gigi yang Harus Kamu Tahu

drg. Dondi Gumilang, 01 Sep 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Abses gigi bisa menimbulkan rasa sakit dan harus segera diobati. Bagaimana pengobatan abses gigi? Simak berbagai pilihannya berikut ini.

Berbagai Pengobatan Abses Gigi yang Harus Kamu Tahu

Karies gigi dan gigi berlubang merupakan penyakit gigi yang paling banyak dialami orang. Gigi berlubang terjadi ketika lubang tersebut masih kecil atau besar tetapi belum mencapai saluran akar.

Ketika lubang sudah melibatkan saluran akar, gigi tersebut sangat berpotensi untuk dimasuki bakteri. Pada akhirnya, risiko kematian gigi atau nekrosis dapat meningkat.

Lama-kelamaan bakteri akan menumpuk sehingga dapat menyebabkan peradangan. Peradangan tersebut akan menghasilkan bengkak yang berisi nanah atau disebut dengan abses.

Abses memicu rasa nyeri yang mengganggu. Oleh karena itu, pengobatan abses gigi harus diketahui guna mengatasi rasa sakit tersebut.

Bukan membeli obat pereda nyeri sendiri, berikut ini cara mengobati abses gigi yang bisa kamu lakukan:

1. Pemeriksaan dan Diagnosis

Ini Manfaat Penting Ke Dokter Gigi

Pengobatan abses gigi yang utama adalah dengan memeriksakan ke dokter gigi. Sebelum menentukan diagnosis, dokter akan menanyakan keluhan dan riwayat sakitmu. 

Setelah wawancara, pemeriksaan penunjang seperti rontgen juga diperlukan. Dokter kemudian akan mengamati ciri-ciri dari abses gigi tersebut.

Gejalanya berupa gigi terasa ngilu ketika diketuk dan adanya benjolan di sekitar abses. Benjolan yang sudah pecah bisa mengeluarkan nanah.

Apabila kamu pernah mengalami abses sebelumnya dan sudah ‘sembuh’ tanpa perawatan apa pun, maka ada kemungkinan abses akan muncul lagi di kemudian hari.

Artikel Lainnya: Jenis-Jenis Penyakit Periodontitis yang Harus Diketahui

2. Pemberian Jalan Keluar

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, abses terjadi karena peradangan akibat bakteri. Nah, bakteri tersebut akan masuk melalui lubang gigi.

Sebagai catatan, abses akan banyak terjadi di ujung saluran akar. Pasalnya, daerah tersebut menjadi titik berkumpulnya bakteri. 

Ketika semakin membesar, maka abses tersebut akan mencari jalan keluar, misalnya melalui saluran akar. Namun, jalan keluar yang paling banyak dilalui adalah gusi di dekat ujung saluran akar.

Abses yang masih berupa benjolan sebaiknya dilakukan insisi atau penyobekan sedikit supaya ada jalan keluar untuk nanah.

3. Mengeluarkan Nanah

Setelah benjolan yang berisi nanah tersebut diberi ‘jalan keluar’, cara mengobati abses gigi dilakukan dengan mengeluarkan cairan nanah tersebut.

Tindakan ini akan membantu mempercepat proses penyembuhan. Ketika hal ini dilakukan, kondisi sakit yang kamu rasakan akan berkurang.

Perlu diketahui, ketika kamu mengalami abses yang besar, posisi tidur harus diatur. Posisikan tubuh secara miring pada sisi yang abses agar tidak terjadi penyebaran.

4. Pemberian Obat

Inilah Jenis Obat yang Mempengaruhi Kesuburan Pria

Setelah dokter menyatakan kamu memiliki abses, lalu telah dilakukan serangkaian pengobatan abses di atas, dokter akan meresepkan obat.

Abses disebabkan oleh bakteri sehingga diperlukan obat antibakteri untuk membunuh sumber peradangan.

Obat untuk gigi yang abses juga dapat berupa antiradang dan antinyeri. Antinyeri biasanya diresepkan untuk mengurangi nyeri, sedangkan antiradang berfungsi mempercepat proses penyembuhan luka.

Namun, sebelum menggunakan obat untuk mengatasi abses, ingatlah bahwa penggunaan obat terutama antibiotik harus tepat waktu serta dikonsumsi sampai habis. 

Apabila keluhanmu tidak berkurang meski sudah menghabiskan antibiotik, segera periksakan diri kembali ke dokter untuk dilakukan evaluasi. 

Artikel Lainnya: Kenali Penyebab Gigi Berlubang

5. Tindakan pada Gigi Penyebab Abses

Penyebab abses adalah gigi berlubang yang menjadi perlekatan bakteri. Jika gigi tersebut tidak dirawat, maka kondisi serupa akan muncul kembali.

Oleh karena itu, pengobatan abses gigi haruslah melibatkan tindakan pada gigi berlubang. 

Ada dua pilihan tindakan, yaitu perawatan saluran akar dan pencabutan gigi. Pada perawatan saluran akar, dokter akan membersihkan kondisi saluran akar sehingga tidak ada lagi bakteri yang masuk dan hidup dalam saluran akar.

Sementara itu, pencabutan gigi menjadi pilihan perawatan yang terakhir jika gigi sudah bisa diselamatkan, misalnya dengan perawatan saluran akar. Tindakan ini juga bisa dilakukan jika pasien yang menginginkannya.

Apabila gigi tersebut diambil, maka sudah pasti penyebab dari adanya abses juga akan menghilang.

Itu dia serangkaian pengobatan abses gigi, mulai dari pemeriksaan hingga tindakan medis untuk mengatasi penyebabnya. Jangan anggap sepele kondisi ini, ya. Segera periksakan ke dokter jika kamu memiliki gigi berlubang.

Yuk, #JagaSehatmu dengan mulai memperhatikan kebersihan gigi dan mulut. Jika membutuhkan saran terkait perawatan gigi dan mulut, Tanya Dokter online melalui aplikasi KlikDokter.

[WA]

Abses Gigi

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter