Sukses

Puting Payudara Sering Gatal, Ini Penyebabnya

Puting yang gatal pasti menimbulkan rasa tidak nyaman. Sebenarnya apa, ya, penyebab puting payudara sering gatal?

Keluhan puting payudara sering gatal bisa terjadi pada siapa saja, baik pada kaum wanita maupun laki-laki. Tentu saja kondisi ini menimbulkan rasa tidak nyaman bagi orang yang mengalaminya. Anda tidak mungkin terus-menerus menggaruk puting, kan?

Puting gatal dapat dipicu berbagai faktor, mulai dari masalah kesehatan, perubahan normal pada tubuh, hingga kebiasaan yang kurang tepat. Yuk, simak beberapa penyebab puting gatal agar Anda dapat segera mengatasinya.

1. Eksim

Eksim adalah kondisi kulit (termasuk puting payudara) yang ditandai dengan penampakan kering, bersisik, merah, gatal, bahkan dapat menyebabkan berdarah. Puting dengan eksim rentan terkena infeksi.

Untuk mengatasi penyebab payudara gatal yang satu ini, Anda perlu mencegah kulit di sekitar payudara mengering. Caranya dengan mengurangi durasi mandi, memilih sabun mandi yang tidak membuat kering, dan menggunakan pelembap.

Artikel Lainnya: Puting Payudara Wanita Berubah Hitam, Apakah Tanda Penyakit?

1 dari 5 halaman

2. Kehamilan

Perubahan semasa kehamilan, seperti perubahan hormonal, pertambahan ukuran payudara, perubahan aliran darah pada payudara, dapat membuat puting gatal. Tidak hanya gatal pada puting payudara, kulit payudara pun dapat terasa gatal.

Untuk mengatasinya, ibu hamil dapat memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Menggunakan pelembap seperti nipple cream.
  • Menggunakan detergen khusus yang lembut.
  • Tidak menambahkan pewangi pada pakaian dalam.
  • Memastikan ukuran bra yang digunakan sudah sesuai.

3. Menyusui

Menyusui bisa menjadi penyebab puting gatal. Masalah perlekatan bayi, sisa ASI pada puting, sumbatan saluran ASI, dan mastitis dapat menjadi beberapa faktornya. Umumnya, kondisi ini hanya ditemui pada ibu menyusui.

Keluhan gatal dapat Anda redakan dengan memperbaiki perlekatan bayi, mengatasi masalah pada payudara, juga dengan menggunakan nipple cream pada payudara. Terkadang, kompres dingin juga membantu meredakan keluhan.

Artikel Lainnya: Penyebab dan Cara Mengatasi Puting Gatal Saat Menyusui

2 dari 5 halaman

4. Dermatitis Kontak

Dermatitis kontak adalah keadaan peradangan yang disebabkan kontak dengan bahan tertentu, bahan ini dapat bersifat iritatif atau alergen. Contohnya adalah pembilasan detergen yang tidak baik saat mencuci baju.

Apabila Anda mengalami gatal pada puting payudara, mulailah perhatikan pemakaian produk yang bersentuhan dengan puting, misalnya sabun, detergen, dan pakaian dalam.

Selain itu, cari tahu juga apa yang menyebabkan dermatitis dan menghindarinya. Misalnya pada kasus detergen, Anda dapat membilas pakaian dua kali atau menggunakan produk detergen lain.

Ingatlah walaupun gatal, sebaiknya hindari menggaruk puting. Sebaliknya, Anda dapat memberikan pelembap untuk mengurangi keluhan puting gatal tersebut.

5. Keganasan

Keganasan atau kanker pada payudara dapat menyebabkan puting gatal, walaupun hal ini jarang menjadi keluhan utama. Paget’s disease atau paget puting susu adalah contoh keganasan payudara dengan gejala menyerupai eksim yang menyerang puting payudara.

Jika memiliki gejala serupa eksim yang tidak kunjung membaik, Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter.

Keganasan umumnya diatasi dengan pembedahan atau kemoterapi. Namun, pilihan penanganan sangat disesuaikan dengan keadaan masing-masing sehingga perlu didiskusikan dengan dokter yang menangani.

Artikel Lainnya: Ciri-ciri Kanker Payudara Sesuai Stadium

3 dari 5 halaman

6. Jogger’s Nipple

Jogger’s nipple merupakan keadaan yang sering menimpa pelari atau olahragawan. Hal ini disebabkan oleh gesekan antara puting dan baju saat beraktivitas sehingga menimbulkan gejala puting gatal, kering, atau lecet.

Karena disebabkan oleh gesekan, kondisi ini dapat dihindari dengan penggunaan pembatas seperti petroleum jelly atau krim lainnya. Anda juga dapat menempelkan plester pada puting saat berolahraga. Terkadang, berhenti olahraga beberapa waktu hingga puting gatal pulih juga membantu.

7. Puting Kering

Sama seperti kulit, puting yang kering pun akan terasa gatal. Puting gatal dapat dipicu cuaca yang kering dan dingin, juga kondisi kulit yang kering dan kekurangan cairan. Untuk mengatasinya, perhatikan beberapa hal berikut:

  • Usahakan memberikan pelembap pada puting.
  • Minum air putih lebih banyak.
  • Membatasi waktu mandi.
  • Menghindari mandi dengan air panas.

8. Infeksi Jamur

Infeksi jamur dapat muncul pada berbagai bagian tubuh, termasuk puting. Infeksi jamur pada puting dapat menimbulkan keluhan gatal pada puting payudara. Infeksi ini lebih sering muncul pada wanita menyusui, baru menjalani pengobatan dengan antibiotik, atau memiliki infeksi jamur di lokasi lain (seperti keputihan).

Untuk mengatasi infeksi jamur, diperlukan penggunaan obat antijamur, menjaga area puting kering dan tidak lembap, mencuci pakaian dalam dengan air panas dan memastikannya betul-betul kering.

Artikel Lainnya: Kondisi Payudara Tunjukkan Kesehatan Anda

4 dari 5 halaman

9. Menopause

Perubahan hormonal, terutama rendahnya kadar hormon estrogen setelah seorang wanita mengalami menopause menyebabkan kulit cenderung lebih tipis, kering, dan mudah mengalami iritasi. Hal ini dapat juga menjadi penyebab puting gatal.

Anda dapat mengurangi keluhan dengan menjaga puting tetap lembap, misalnya dengan menggunakan sabun lembut saat mandi, mengurangi durasi mandi, dan menggunakan nipple cream atau pelembap lainnya pada puting.

10. Radiasi

Terapi radiasi sering dipakai untuk menangani kasus keganasan, termasuk kanker payudara. Sayangnya, efek sampingnya dapat berupa kematian sel pada area yang terkena radiasi, juga menimbulkan kekeringan.

Kondisi tersebut dapat menimbulkan keluhan puting gatal, bahkan keluhan dapat muncul setelah terapi radiasi selesai dijalani.

Cara mengatasinya dapat dilakukan dengan beberapa hal berikut:

  • Menggunakan nipple cream.
  • Minum air putih lebih banyak.
  • Menggunakan pakaian yang longgar.
  • Mengompres dingin area puting dengan es batu.

Nah, demikian tadi beberapa hal yang menjadi penyebab puting payudara sering gatal. Bila Anda mengalaminya, jangan ragu untuk berkonsultasi kepada dokter untuk penanganan yang sesuai. 

Anda dapat melakukan konsultasi kepada dokter dengan menggunakan Live Chat di KlikDokter. Gratis!

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar