Sukses

Silakan Klik “Tanya Dokter” Untuk Mengajukan Pertanyaan Anda

Tanya Dokter

Mengatasi Sakit Hati

Info penanya: Wanita, 26 Tahun

Selamat malam dok, saya ingin konsul soal psikologis saya. Belakangan ini, saya mengalami peristiwa yg membuat saya merasa begitu hancur. Singkatnya saya memiliki hubungan seseorang, tepat nya adik kelas saya di SMA. Karena sama2 kuliah di kota yg sama, akhirnya sejak 2018 kami pacaran. Segala sesuatunya kami jalani sama2, walaupun dia 2 thn lebih muda dari saya, tapi hari ke hari saya liat ketulusan dan keseriusan nya terhadap saya, dan saya berniat akhir tahun 2021 kemarin untuk mulai membicarakan hubungan saya tsb kepada kedua orang tua. Tapi sayang hal itu tidak bisa saya lakukan, ketika hubungan tsb berakhir di oktober 2021, 3 tahun yg sudah saya jalani dgn dia nyatanya sia-sia. Tidak ada angin tidak ada hujan, tiba2 di penghujung oktober 2021 itu ketika saya merasa hub. kami baik baik saja, saya harus melihat dia memasang insta story di instagramnya sedang lamaran dgn wanita lain, padahal malam sebelumnya, dia masih chat haha hihi dgn saya. Jujur dok, saya kaget sekali, saya bingung dgn apa yg saya lihat, hati saya benar2 hancur. Saya bingung harus merespon apa, selama 1 minggu saya hanya bisa menangis tersedu sedu. Akhirnya seminggu kemudian baru saya beranikan diri untuk chat dia, dan saya tambah kaget lagi ketika membaca balasan chatnya, dia bilang, dia dekat dgn wanita tsb dari mei 2021, dan kemudian memutuskan melamarnya di oktober 2021. Seketika itu saya tertegun, 3 thn yg sudah saya jalani seperti tidak artinya lagi, saya merasa dibohongi, dan bodohi habis habisan, dia hanya bilang itu pilihan dia, dia minta maaf sudah menyakiti saya katanya. Lalu saya bagaimana dok? Saya bingung dgn apa yg saya alami ini, kenapa ada orang yg setega dan sejahat itu? Mempermainkan orang lain seenaknya. Yg selalu saya pikirkan saat ini, bagaimana saya? Bagaimana saya yg harus melihat dia menikah, melihat dia punya anak, sementara saya sulit untuk sembuh dari semua ini. Mohon solusi nya dok, terimakasih sudah mau direpotkan.

Stetoskop

Info penanya: Pria, 35 Tahun

Saya melihat anggota keluarga yang seorang dokter jarang memeriksa anggota keluarga lain dengan stetoskop ketika sakit. Apakah itu lazim? Apakah pemeriksaan dengan stetoskop itu hanya formalitas di klinik atau rumah sakit?

Seputar Diabetes dan Kolesterol

Info penanya: Wanita, 25 Tahun

Apa saja gejala diabetes dan kolesterol Apakah jika orang mengalami gejala tsb sudah pasti diabetes..lalu bisakah mengatasi diabetes tanpa obat?apa benar orang diabetes mengalami penurunan nafsu makan?dan apa boleh orang diabetes minum obat penambah nafsu makan? terimakasih

Flek Dihitung Dalam Haid

Info penanya: Wanita, 27 Tahun

Hi dok, Mau tanya : * Apakah Flek di hitung masa haid ? atau masa haid di hitung pas darah keluar lebih banyak ? Many Thanks

Mengatasi Sakit Tenggorokan akibat Flu

Info penanya: Wanita, 33 Tahun

siang dok, kemarin saya sudah chat dengan Dr. Rahmaniati, saya mengeluhkan kemarin kalau hidung kiri saya rada meler gejala flu tapi hidung kanan tidak. nah hari rabu saya akan Antigen , apakah akan negatif hasilnya ? dan sekarang tenggorokan saya bag.kiri rada susah menelan. apa yang harus saya minum dok ? terimakasih untuk jawabannya.

Kilatan Cahaya Pada Mata

Info penanya: Wanita, 30 Tahun

selamat pagi dokter... saya ada masalah soal mata saya sebelah kanan terkadang muncul kilatan cahaya. mohon penjelasannya dokter? terima kasih

Akankah Hamil Saat Tangan Terkena Sperma?

Info penanya: Wanita, 20 Tahun

Tangan kenak sperma Terus megang stang kereta Lalu stang itu sy pegang Trs langsong sy cebok dengan tangan yg megang stang tersebutt

Kehamilan Blighted Ovum/ BO

Info penanya: Wanita, 28 Tahun

Dok,sy di vonis kehamilan BO di usia 8week . dan di rujuk untuk kuret. sebelumnya sy ingin menjelaskan, bahwa hasil USG dg HPHT jaraknya selisih perbedaan 3minggu . sy coba mencari infomasi ada yg mengalami kasus seperti sy,tetapi mereka mencoba mempertahankan dan di usia 13week di usg ulang sudah ada janinnya dan sehat sampai lahiran. Karna mereka tdk mengalami tanda2 seperti flek/pendarahan. Pertanyaan sy, apakah sy bisa mempertahankan kehamilan sy selama sy tdk mengalami flek/pendarahan? yg sy tau Penyebab BO adalah kelainan pd kromosom. Jadi apabila sy mempertahankan kehamilan ini dan memang berkembang,apakah nantinya janin ini akan sehat sempurna/ ada kelainan dok?

Makanan Untuk Penderita Asam Urat

Info penanya: Wanita, 26 Tahun

apa saja makanan yang boleh di konsumsi penderita asam urat ?

Bayi Malas Menyusu

Info penanya: Wanita, 27 Tahun

Hi Dok, saya mau nanya, saya punya bayi usia 4 bulan & dia full sufor, tapi sekarang dia lagi malas nyusu dok. Kira2 penyebabnya apa & gimana cara mengatasi nya dok? Terima Kasih Dok

Sesak Nafas

Info penanya: Pria, 21 Tahun

dok saya mau tanya penyebab nafas ngos ngosan dan susah bgt tidur itu knpa ya dok?

Katarak, Bolehkah Pakai Obat?

Info penanya: Wanita, 39 Tahun

salam dokter, ibu saya didiagnosis katarak oleh dokter dan dijadwalkan untuk operasi pada bulan februari. sementara ini penglihatan kabur seperti berkabut, apakah boleh diatasi terlebih dahulu dengan tetes mata cendo catarlent? terima kasih dokter

Mengapa BAB Keluar Dari Kolostomi?

Info penanya: Wanita, 30 Tahun

Anak saya umur 17 oprasi pembuatan colostomi tp kadang kok bab nya kluarnya darai stomanya dan ada yang mrembes dari bawah stoma nya ya?

Terhirup Ganja, Apakah Pemeriksaan Urin akan Positif?

Info penanya: Pria, 28 Tahun

Halo dok, saya mau tanya.. hari selasa kemarin saya tidak sengaja duduk di halte dengan ruangan terbuka dan mencium aroma ganja, namun hanya 3-5 detik karena saya tau itu aroma ganja saya langsung pergi dari situ.. kalau saya tes urin pada hari jumat apakah hasilnya bisa positif ?

Ruam Kemerahan Kulit

Info penanya: Wanita, 24 Tahun

halo dok saya mau bertanya obat gatal yang ampuh apa ya karna saya sudah hampir semingguan ada merah2 tapi hanya ditangan dok saya sudah pakai salep hydrocortisone tapi tidak ada hasil sembuh dan setelah pake salepoxytetracycline ruam merah malah melebar dok itu ciri2 mau sembuh atau gmna ya dok padahal saya tidak makan telor dan ikan

Waktu pengulangan Testpack Kehamilan

Info penanya: Pria, 33 Tahun

Pagi Dok. Dok saya ingin bertanya seputar kehamilan. Pada tanggal 14-17 Desember 2021 saya datang bulan dok. Dan kemarin tanggal 14 Januari 2022 saya belum datang bulan lagi, akhirnya saya putuskan untuk testpek dok, dan hasilnya negative. sementara saya mengalami pusing dan kecing trus. Yang menjadi pertanyaannya saya, kapan saya melakukan tespek lagi dok? dan adakah kemungkinan saya hamil? Dan saya sdh mempunyai anak 3. yg paling kecil umur 2 tahun 3 bulan tetapi masih minum ASI dok. dok bisakah saya hamil lagi jika dalam posisi masih menyusui?

Apakah Cairan Preejakulat Menyebabkan Hamil?

Info penanya: Wanita, 17 Tahun

halo dok, apakah cairan pra ejakulasi dapat menyebabkan kehamilan? jika tidak, kenapa darah haid saya tidak menggumpal seperti biasa dan sakitnya pun tidak sakit seperti biasanya. apakah ini darah implantasi atau darah haid?

Tahi Lalat Timbul di Hidung, Perlukah Khawatir?

Info penanya: Wanita, 29 Tahun

Dok, saya punya tahi lalat di hidung tapi yang bukan bercak hitam tapi yang menonjol. sebaiknya ke spesialis kulit kelamin atau ke bedah plastik ya dok?

Kulit Kaki Gatal, Penyakit Apa?

Info penanya: Wanita, 50 Tahun

kulit kaki saya gatal dan bekas nya mengganggu penyakit kulit apa ya

Gangguan Telinga Seperti Budeg

Info penanya: Wanita, 21 Tahun

ganguan telinga seperti budek

Gangguan Telinga

Info penanya: Wanita, 21 Tahun

gangguan telinga

Bagaimana Menghindari Polusi Udara?

Info penanya: Pria, 23 Tahun

Hal apa saja yang terjadi jika tubuh sering menghirup plousi udara dan bagaimana agar terhindar dari polusi udara yang tanpa kita sadari telah terhirup?

Pandangan Mata Kabur Saat Siang Hari

Info penanya: Pria, 31 Tahun

Selamat siang dok, saya ingin menanyakan, Saya pria dengan mata minu s 4.25 dan silindris 0.25 di kedua mata saya. sudah ada 3 bulan, setiap hari lewat atau sebelum jam makan siang, penglihatan saya kabur, berbayang, dan terasa pusing dengan atau tanpa kacamata. saya ganti kacamata dengan diperiksa kembali pun hasilnya tetap sama. Kira kira ada apa dengan mata saya dok ? terima kasih sebelumnya

Keluar Lendir Abu-Abu dan Nyeri Perut Setelah Berhubungan

Info penanya: Pria, 14 Tahun

dok saya mau tanya,dok saya kan berhubungan dengan pacar saya, lallu ke 3 hari nya mengeluarkan Gumpalan Abu abu Panjang nya Sekelingking di liputin darah segar dan tidak bau amis lalu abis keluar itu perut saya bagian bawa sakit sekali 3x rasa mens,lalu di hari selanjut saya mengeluarkan jaringan seperti urat namun kecil dan panjang berwana merha kecoklatan,tapi saya tida terjadi pendarahan hanya ada sakit perut bawah kadang sembuh kadang kambuh sampe hari ini , itu kenapa ya dok kira kira? dan apa yang harus saya lakukan untuk proses penyembuhan ,Terimakasih dok

Bagaimana Menghilangkan Kehitaman Bekas Koreng?

Info penanya: Pria, 16 Tahun

Obat menghilangkan bekas koreng yang hitam Atasinya dengan obat apa?

Apakah Infeksi Paru Anak Menular?

Info penanya: Wanita, 21 Tahun

Dok, apakah infeksi paru pada balita itu menular? Tetangga saya anaknya usia setahun kemarin priksa karena bb nya susah naik pdhl sdh makan banyak,terus sering sakit entah itu demam batuk pilek ternyata katanya terkena infeksi paru. Sedangkan Anak saya umur 4 bln dan sering main kerumahnya, pegang mainnya. Saya takut anak saya tertular. penyebab dan ciri terkena infeksi paru-paru itu seperti apa ya dok mohon penjelasannya

Bagaimana Tes Keperawanan?

Info penanya: Wanita, 28 Tahun

Sore dok, saya akan menikah dengan TNI dan diminta untuk tes keperawanan. Saya harus cek ke dokter apa ya dok? Dan seperti apa tes keperawan tsb?

Apakah Anak Demam Mungkin Kejang?

Info penanya: Pria, 31 Tahun

saya agus dok, mau tanya anak saya kan waktu umur 7 bulan pernah kejang, nah sama dokter suruh terapi kejang dengan obat, ini sudah berjalan 5 bulanan dok, yang saya tanyakan ada kemungkinan kejang lagi apa tidak kalau anak saya dalam keadaan demam???terima kasih dok

Sulit Tidur Karena Banyak Pikiran, Apa Solusinya?

Info penanya: Wanita, 20 Tahun

saya susah tidur karena kalo mau tidur membayangkan kapan tidurnya dan itu kaya beban dok jd sulit tidur terus kaya gak punya semangat buat berjuang dan menganggap diri gak bisa tidur gimana ya dok tolong berikan solusinya. terimakasih dok

Bisul di Vagina, Apakah Akibat Kolesterol Tinggi?

Info penanya: Wanita, 50 Tahun

selamat siang dokter.... saya sering mengalami bisul di area vagina, apa penyebabnya dari kolestrol tinggi atau dari yang lainnya ?

Flek Coklat Apakah Tanda Menstruasi?

Info penanya: Pria, 19 Tahun

Halo, Dok dari kemarin sampai hari ini saya keluar flek coklat,dan rasanya seperti sedang mengalami haid.dan saya masih seorang remaja Sebelumnya saya tidak pernah seperti ini,dan saya juga sudah mens sekitar 2 minggu yang lalu. Apakah ini gejala PMS atau gejala lain ya dok? Atau ini bisa pengaruh stress karena tekanan pekerjaan?

Apakah Sesuai Berat Badan Ideal dan Golongan Darah?

Info penanya: Wanita, 21 Tahun

apakah ideal berat badan dengan golongan darah saya dok ?

Hasil Laboratorium Pemeriksaan Tiroid

Info penanya: Pria, 35 Tahun

Dok. Hasil lab Free T4 Elecsys 7.77, TSH Sensitif 0.019. apakah sudah parah atau belum?

Kenapa Perut Selalu Tidak Enak Ketika Konsumsi yang Manis?

Info penanya: Wanita, 18 Tahun

Halo dokter, saya ingin bertanya, kenapa perut saya terasa tidak nyaman setiap kali saya mengonsumsi makanan yang manis, baik itu makanan maupun minuman?

Batuk Diikuti Rasa Dada Bergemuruh, Bagaimana Mengobatinya?

Info penanya: Pria, 23 Tahun

halo dok, saya batuk sudah sekitar satu minggu, awalnya batuk kering dan terasa sangat gatal di daerah tenggorokan sekitar keluar nya suara, beberapa hari setelah saya minum obat batuk cair sedikit demi sedikit dahak yg di sekitar tenggorokan pita suara keluar, tapi hanya saat saya menghirup nafas panjang daerah dada sebelah kanan saya bunyi bergemuruh, apakah ini akibat dari batuk saya atau gimana dok? cara mengobati nya seperti apa? saya tidak mengalami sesak atau deman dok terimakasih

Haid Tidak Teratur Apakah Menyebabkan Susah Punya Keturunan?

Info penanya: Wanita, 22 Tahun

selamat siang doter... saya mengalami mentruasi yang tidak lancar setiap bulannya. ini sudah berlangsung dr pertama saya menstruasi di bangku SMP. biasanya saya menstruasi 2 bulan sekali bahkan pernah 5 bulan sekali. apakah ini bisa menyebabkan susah mendapat keturunan dok? kebetulan sebentar lagi saya ingin melangsungkan pernikahan.

Muncul Haid Sebelum Waktunya, Apakah Tanda Hamil?

Info penanya: Wanita, 32 Tahun

Dok mau tanya nh, aku kan haid tanggalnya 20 tapi kok bisa sebelem tanggal haid nya kok ada darah yang keluar tapi nga banyak sh cuman sedikit dok apa tanda nya aku hamil ya dok

Perdarahan pada Masa Kehamilan

Info penanya: Wanita, 26 Tahun

Hallo dok...saya mau tanya..bulan kemarin saya positif hamil tapi saya mengalami pndarahan...habis pendarahan di tes lagi sedikit samar..lalu sya bawa ke bidan katanya kalo bulan januari belum haid di suruh kembali ke bidan...apakah mungkin tanpa haid pasca pendarahan bisa hamil?

Seputar Saraf Terjepit

Info penanya: Pria, 62 Tahun

Selamat Sore Dok, Saya Mau tny.. ayah saya mengalami kebas pada jari tangan dan jari kaki.. tapi jari pada jempol tidak mengalami kebas.. hanya saja ke empat jari nya kebas.. baik itu di tangan dan di kaki.. terakhir di cek penyebab nya karena ad syaraf yg terjepit pada bagian leher.. bagaimana cara mengatasi hal ini ya dok? terima kasih sebelumnya dok

Vaksin pada Penderita Covid 19

Info penanya: Pria, 30 Tahun

selamat sore dok, saya mau tanya... tentang vaksin, apakah orang yang mempunyai varises itu boleh divaksin ?? terima kasih

Kedutan pada Jari

Info penanya: Pria, 32 Tahun

Saya mau tny, jari tengah saya klo lg g d gerakin sering gerak2 sendiri kaya orang kedutan GT. Klo sprt itu knp ya Dok.

Benjolan pada Payudara

Info penanya: Wanita, 39 Tahun

Hallo Dok...saya mempunyai seorang anak usia 2,8 tahun. Anak saya lahir secara caesar dan diberi ASI tapi yang anak mau hanya payudara yang kanan. Pada usia 1,4 tahun karena kecapaian payudara kiri bengkak dan kemerahan. Saya ke dokter obgin, diberi antibiotik tapi sampai sekarang masih ada gumpalan kecil, keras dan tidak sakit di bagian kulit PD kiri. Apakah berbahaya dok? Bagaimana cara menghilangkan gumpalan tersebut?

Konsumsi Paracetamol pasca Nyabu

Info penanya: Pria, 23 Tahun

Dok sy habis nyabu terus sakit kepala dahsyat. Apakah boleh langsung meminum obat sakit kepala (bodrex)w

Tekanan Darah Tinggi

Info penanya: Wanita, 27 Tahun

Selamat malam dok,,, saya mau tanya,, kenapa y dok, tensi saya sering tinggi,, saya ibu rumah tangga mempunyai 1 anak,, sebelum melahirkan dlu tensi selalu normal, habis melahirka sering tinggi, tapi kadang normal, saya cek gula darah saya normal seminggu yg lalu 125, hari ini 92..... Apa yang menjadi penyebab tensi tinggi, dan saat saya cek tensi selalu gugup dan deg-deg.n, apa bisa gugup menjadi meningkatkan tensi..

Nyeri Dada dan Sakit Mag

Info penanya: Wanita, 20 Tahun

dok saya sering merasakan sakit dada dan nyeri nya itu sampe ke punggu,dan setiap saya selesai makan tidak berselang lama saya lapar lagi dan juga saat ini saya sedang mengkonsumsi obat maag dok

Perbedaan Usia Kehamilan

Info penanya: Wanita, 27 Tahun

Malam dok,sy Usia 27th mau bertanya sy Haid 21 okt-25 okt ,lalu di tgl 28okt-01 nov haid kembali tetapi haid tdk deras hanya sdkt. lalu di bln november -desember sy blm haid. di tgl 9 Desember sy tespek Negatif di USG kosong jg. Lalu di tgl 12,13 sy tespek ulang hasil Positif lalul sy USG di tgl 15 desember tetapi hasil usg kantung masih kecil sekali di perkirakan msih 5mggu. bila dihitung dari terakhir haid seharusnya 7minggu . keluhan sy hanya mual yg jarang dan kram di perut sesekali saja. Tolong penjelasannya dok,sy takutnya memang tdk perkembang/hamil anggur.

Kebiasaan Mengelupas Kulit Sekitar Jari

Info penanya: Wanita, 21 Tahun

Dok, mau tanya. Saya kebiasaan merobek kulit jari di sekitar kuku saya baik di tangan maupun kaki sampai nyeri tetapi setelah saya rasakan nyeri saya tidak berhenti melakukannya, saya baru berhenti jika kulitnya sudah lepas dan tidak jarang sampai berdarah. Biasanya saya lakukan sambil bengong atau saat sebelum tidur malam. Kebiasaan itu selalu terulang walaupun saya tahu dan dapat merasakan sakit ketika luka nya terkena air. Apakah kebiasaan saya adalah penyakit?

Mengalami VSD dan Program Hamil

Info penanya: Pria, 25 Tahun

Selamat siang dok , saya mau bertanya . saya baru mau menikah , kebetulan saya punya penyakit bawaan lahir (vsd) , dan rencana saya pengen promil kaya gitu . apakah vsd menggangu program kehamilan? terimakasih

Hasil Pemeriksaan HSG

Info penanya: Pria, 35 Tahun

Selamat siang dokter. Saya mau tanya. Ini hasil tes HSG istri saya seperti ini makasutnya apa ya dok. HIDROSALPING BILATERAL PADA TUBA DISTAL KANAN DAN KIRI e.c OBSTRUKSI PADA TUBA DISTAL KANAN DAN KIRI. TERI.A KASIH

Benang Paska Operasi Caessar

Info penanya: Wanita, 38 Tahun

Malam dok,saya mau bertanya,sebulan yg lalu saya baru saja melakukan operasi secar anak ke 4.kebetulan selesai operasi saya tidak melakukan kintrol lagi ke dokter.dan waktu saya bersihkan luka ternyata ada benang berwarna biru di sisi kanan dan kiri bekas secar.jika benang tersebut tidak dicabut apakah berbahaya dan bisakah benang jahitan tersebut terlepas sendiri.

Pemeriksaan Kehamilan

Info penanya: Wanita, 30 Tahun

mau cerita bln desember kmrin sy menikah tgl 12, trus sy hait tgl 15 slama 6 hr stelah itu sy berhubungan dgn suami sy... sy mau tnya kapan sebaiknya sy cek kehamilan sy? krna sy rasa2 sdh ada tanda2

Haid hanya Flek saja

Info penanya: Wanita, 26 Tahun

Sudah 2 hari saya hanya flek merah terus, itu kenapa ya dok?

Mengatasi Puting Lecet

Info penanya: Wanita, 25 Tahun

Cara meredakan puting lecet karna pumping

Gangguan Kecemasan

Info penanya: Pria, 43 Tahun

Apakah obat metformin bisa menimbulkan efek samping kecemasan berlebih atau perasaan selalu was was dok

Mengatasi Jerawat

Info penanya: Pria, 17 Tahun

Siang dok, saya adalah remaja 17 tahun yang sedang bermasalah dengan jerawat, saya mulai jerawatan dari 16 tahun yang sebelumnya tidak ada jerawat satupun, selama 1 tahun ini saya sudah mencoba ganti-ganti skincare namun jerawat tidak membaik atau bahkan memburuk. Bagaimana cara mengatasinya? Terima kasih

Kaki Seperti Bergerak Sendiri

Info penanya: Wanita, 14 Tahun

Selamat malam, mau nanya ini baru terjadi barusan terbangun dari tidur yg memang rencana mau tidur lebih awal. Pas tidur seperti gelisah dan seluruh badan kyk selalu bergerak, tersentak dgn kuat (?) sy bingung jelasinnya tp semoga dokter ngerti (( kyk kaki gerak terus dan bikin tidur ga nyaman pindah" posisi dan gabisa di 1 posisi berdurasi lama, kyk selalu pengen ubah posisi dgn maksa (?), kyk jdi tubuh minta buat gerak dan kyk dgn kekuatan yg cukup kuat, kyk tersentak gitu deh, bingung (( Baru terjadi skrng dan jadi susah buat balik tidur smpe skrng msh kurang nyaman, dan itu penyebab nya apa, kenapa bisa begitu dan solusi apa yg bisa sy lakukan yaa, itu aja sii terima kasih, selamat malam.

Seputar Biduran

Info penanya: Wanita, 19 Tahun

Halo dokter 3 hari yang lalu kulit di area tulang kering saya digigit serangga (saya rasa nyamuk), kemudian muncul bentol yang mengakibatkan rasa gatal, namun bentol ini tak kunjung hilang sampai hari ini. Ciri-cirinya berwarna merah keunguan, gatal, dipinggirnya seperti ada bercak, berdiameter sekitar 2cm, menebal dan keras, sedikit menonjol, panas, dan perih saat disentuh. Saya tidak punya riwayat alergi, namun ketika saya masih kecil (usia sekitar 4 th), kulit saya sangat sensitif, tetapi sudah berangsur membaik ketika saya dewasa. Akhir-akhir ini kulit saya sering mengalami hal seperti ini sehabis digigit oleh serangga. Apa diagnosa untuk penyakit ini ya dok? Apakah hal ini biasa terjadi dan apa penyebabnya? lalu, bagaimana cara mengatasinya? Terimakasih banyak dokter

Seputar Biduran

Info penanya: Wanita, 19 Tahun

Halo dokter 3 hari yang lalu kulit di area tulang kering saya digigit serangga (saya rasa nyamuk), kemudian muncul bentol yang mengakibatkan rasa gatal, namun bentol ini tak kunjung hilang sampai hari ini. Ciri-cirinya berwarna merah keunguan, gatal, dipinggirnya seperti ada bercak, berdiameter sekitar 2cm, menebal dan keras, sedikit menonjol, panas, dan perih saat disentuh. Saya tidak punya riwayat alergi, namun ketika saya masih kecil (sekitar 4tahun), kulit saya sangat sensitif, tetapi sudah berangsur membaik ketika saya dewasa. Akhir-akhir ini kulit saya sering mengalami hal seperti ini sehabis digigit oleh serangga. Apa diagnosa untuk penyakit ini ya dok? Apakah hal ini biasa terjadi dan apa penyebabnya? lalu, bagaimana cara mengatasinya? Terimakasih banyak dokter

Pemulihan Cedera Lutut

Info penanya: Pria, 34 Tahun

permisi Dok, mau bertanya. sy sudah 10 bulan pasca operasi lutut PCL, alhamdulillah sdh bisa jogging kecil-kecilan, loncat dan kadang2 main futsal santai hanya saja bila selesai main kadang lutut sy terasa sedikit sakit. pertanyaan saya Dok : 1. Apakah di umur operasi sy 10 bulan boleh main futsal? 2. apakah rasa sakit di lutut sy itu normal dok? 3. kalau misalkan sy konsisten tiap hari latihan fisioterapi mandi, berapa lamakah waktu yg saya butuhkan untuk pulih total seperti sebelum cidera Dok??/ terima kasih byak sblumnya Dok....

Kotoran Telinga Bewarna Coklat

Info penanya: Wanita, 22 Tahun

tanggal 29 desember saya mengorek telinga terlalu dalam dan menyebabkan keluar kotoran telinga berwarna coklat lengket, dan sampai sekarang (31 desember) seperti itu. apakah itu kotoran telinga normal? atau gendang telinga saya pecah, dok? dan apakah bisa sembuh dengan sendirinya? biasanya kotoran telinga saya kering jika saya tidak mengorek terlalu dalam. terima kasih...