Sukses

Silakan Klik “Tanya Dokter” Untuk Mengajukan Pertanyaan Anda

Tanya Dokter

Mata Terkena Minyak Panas

Info penanya: Pria, 22 Tahun

Dok bola mata sy terkena percikan minyak panas, dan sy membersihkannya menggunakan air yg mengalir, beberapa saat kemudian ada garis2 putih (tunica vibrosa) seperti terkelupas dok, gimana nih cara ngatasinya, apa perlu ke dokter untuk memeriksanya

Bengkak dan Gatal Pada Mata

Info penanya: Pria, 23 Tahun

selamat pagi dok, saya mau bertanya. sudah beberapa hari ini saya mengalami gatal pada mata, tapi mata saya tidak merah ataupun berair, hanya saja kelopak atas mata saya selalu bengkak setiap bangun tidur pagi. awalnya saya kira hanya alergi pada makanan tertentu dan akan cepat sembuh, namun setelah hampir seminggu masih terus gatal, bahkan menular kemata kanan (awalnya hanya mata kiri). namun yang selalu bengkak setiap bangun tidur adalah mata kiri. mohon penjelasan dan saranya dok. terimakasih.

Salah Satu Mata Pandangan Kabur

Info penanya: Pria, 29 Tahun

selamat siang dokter, saya devi saya sudah 1 bulan mengalami pandangan mata kabur di bagian seblah kanan, hanya mata kanan saja untuk mata kiri normal. mata kanan tidak bisa melirik ke samping dan ke bawah. mohon bantuannya. saya mempunyai sakit magg, sebelum nya sudah ke dokter mata dan hasil nya aman dr tiroid.

Benjolan di Kelopak Mata

Info penanya: Wanita, 22 Tahun

Halo dok. Saya ingin bertanya, di daerah antara kelopak mata sebelah kanan dan tulang hidung terdapat benjolan besar. Awalnya benjolan tsb terasa nyeri seperti jerawat, tp lama kelamaan sakitnya hilang namun benjolannya masih. Saya raba seperti berisi cairan di dalamnya. Sudah 2 minggu lebih belum kempes juga benjolannya. Kira-kira bagaimana saya bisa menghilangkan benjolan tsb ya dok? Terima kasih

Mata Kering

Info penanya: Wanita, 24 Tahun

selamat malam, sy melia. sy akhir2 ini sekitar 1minggu sll merasa mata kering dan setelah tidur bangunnya mata saya sll belekan. apa ada obat yg cocok? terimakasih

Keluar Darah Dari Mata Saat Menangis

Info penanya: Pria, 30 Tahun

anak saya kalau nangis keluar darah dari mata nya

Pengobatan Mata Minus

Info penanya: Pria, 17 Tahun

apakah ada obat untuk yang sudag minus matanya

Mata Gatal

Info penanya: Pria, 37 Tahun

Dok..mata saya akhir-akhir ini suka gatal, bahkan gatal hingga ke telinga juga, itu kenapa ya dok? trus apakah ada obat nya? terima kasih

Bercak Abu-abu Di Mata

Info penanya: Pria, 13 Tahun

Dok kan saya pemakai softlens baru 1 bulanan Kok setelah pakai softlens mata saya di pinggir bola mata hitamnya ada warna abu" Apalagi kalo kena sinar, keliatan banget Gak mengganggu penglihatan sih Takut aj, jadi nanya Ga ada rasa perih dll Saya baru tahu mata saya ada abu" sejak 3 mingguan yang lalu

Kelopak Mata Sulit Terbuka?

Info penanya: Pria, 50 Tahun

Selamat siang Dokter. terkait masalah kelopak mata sulit buka dan perlu bantuan otot dahi. Saya sudah ke dokter mata hasilnya bagus kornea mata saya. dan ada indikasi kena myastenia menurut dokter. dan di rujuk ke dokter syaraf setelah di tes EMG hasilnya bagus. Otot dan syaraf tidak ada masalah dan negatif untuk myastenianya. Tetapi kelopak yg saya alami tidak kunjung sembuh. Dan dari dokter syaraf hanya menyatakan saya sehat. Yg jadi pertanyaan saya harus berobat ke dokter specialis apa dan penyebab sakit ini apa ya Dokter. terima kasih

Memakai Softlens Untuk Koreksi Mata Minus

Info penanya: Wanita, 18 Tahun

Dok mau tanyak, softlens itu bs mengurangi minus dr pd kacamata kah?

Kehilangan Penglihatan

Info penanya: Pria, 32 Tahun

dok, saya berusia 32 thn dan mempunyai keluarga. kurang lebih 3 minggu lalu saya mengalami kecelakaan lalu lintas dan mengakibatkan mata sebelah kanan saya hampir tak bisa melihat hanya 20% saja penghilatan itupun hanya terlihat sangat buram kabur. di kampung sy tdk ada dokter spesialis mata. diagnosa dokter disini mengatakan saraf mata saya yg bermasalah karena bentuk fisik bola mata saya terlihat normal. sampai skrg mata kanan sy belum melihat, dok adakah solusi atau cara mengobati mata saya ? terima kasih sebelumnnya.

Warna Abu di Mata Setelah Pakai Softlens

Info penanya: Pria, 13 Tahun

Dok kan saya pemakai softlens baru 1 bulanan Kok setelah pakai softlens mata saya di pinggir bola mata hitamnya ada warna abu" Apalagi kalo kena sinar, keliatan banget Gak mengganggu penglihatan sih Takut aj, jadi nanya

Rasa Mengganjal di Mata

Info penanya: Wanita, 22 Tahun

Dok,mata sebelah kiri saya sering mengalami seperti kelilipan ada yg mengganjal gitu. Tp selalu cuma sebelah kiri dan lumayan mengganggu. Kira2 hanya kelilipan biasa atau ada indikasi luka ya dok? Terima kasih

Rasa Mengganjal di Mata

Info penanya: Wanita, 22 Tahun

Dok,mata sebelah kiri saya sering mengalami seperti kelilipan ada yg mengganjal gitu. Tp selalu cuma sebelah kiri dan lumayan mengganggu. Kira2 hanya kelilipan biasa atau ada indikasi luka ya dok? Terima kasih

Rasa Mengganjal di Mata

Info penanya: Wanita, 22 Tahun

Dok,mata sebelah kiri saya sering mengalami seperti kelilipan ada yg mengganjal gitu. Tp selalu cuma sebelah kiri dan lumayan mengganggu. Kira2 hanya kelilipan biasa atau ada indikasi luka ya dok? Terima kasih

Mata Minus dan Silinder

Info penanya: Pria, 28 Tahun

Maaf dok mau tanya, saya mengalami gangguan mata minus, saya sudah berkacamata tp sering pusing ketika habis kerja dpn laptop trs dibuka n buat jalan pusing, cek terakhir minus mata kiri saya 2,75 silinder 1.5 yg kanan minus 0,5 gmn yah mengatasinya dok? Terimakasih

Mata anak terus berair

Info penanya: Wanita, 31 Tahun

Pagi dok, bayi saya mata sebelah kiri selalu berair, itu berlangsung sebelum genap 1 THN dan sekarang dah umur 14 bulan. Sebenarnya kenapa dg mata anak saya ? Mohon pencerahannya. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih

Mata Merah Setelah Memakai Softlens

Info penanya: Wanita, 19 Tahun

Dok saya mau tanya, Mata saya kan minus, terus pake lensa kontak, tapi akhir akhir ini sering merah gitu dok, Gimana baiknya ya dok? Apa saya ganti pake kaca mata saja

Penyebab Mata Merah

Info penanya: Pria, 8 Tahun

Dok, sudah 5 bulan mata saya memerah... dan kini mata saya bagian putihnya malah hampir cklat... bagaimana dok?

Mata Perih Saat Membaca Buku

Info penanya: Wanita, 19 Tahun

Assalamu'alaikum dokter Jadi begini, kenapa ya dok kok mata sering perih setelah 30 menit membaca buku? Padahal mata dalam kondisi normal dan baik baik saja. Untuk mengurangi rasa perihnya biasanya saya merendam mata dalam air . Jadi saya membuka mata ketika di air . Apakah hal itu baik untuk kesehatan mata jika dilakukan terus menerus? Mungkinkah akan ada indikasi virus atau bakteri dari air yang kita sehingga bisa merusak mata? Mohon jawabanya dokter Terimakasih

Selaput coklat pada mata

Info penanya: Pria, 17 Tahun

sore dokter, dokter sklera mata sya berwarna coklat seperti selaput, jika terkena chya mthri dan angin mta sya terasa sakit. Dan jika menguapa mta sya langsung berair. Sya kdang juga merasa pusing. Selebihny hnya itu dokter yg sya rsakan. Dan ada yg bilang klau itu ciri mata kering Dokter apakah sklera mata sya dpt bersih kembali?dan jika itu memang mta kering apa bisa d sembuhkan?bagaimna penyembuhanya dok? Mata sya knpa dokter?apakah sklera

Hereditary corneal dystrophy

Info penanya: Wanita, 25 Tahun

Dok mau nanya,anak saya umur 2bulan sejak lahir di dx hereditary cornea dystrophies Bagaimana penyembuhannya dok? Kalau di operasi apakah ada efeknya nanti? Terimakasih dok

Penglihatan Ganda Pasca Cedera

Info penanya: Pria, 33 Tahun

Dokter,,, empat minggu yang lalu aku kecelakaan motor ketabrak mobil. dari peristiwa itu mata aku jadi pandangan ganda. maklumlah Rumah Sakit disini penyediaannya masih terbatas sehingga dokterpun bilang tidak ada obat yang bisa disembuhkan dan kalau operasi harus dirujuk ke Rumah Sakit Luar daerah. Dokter bantu aku dokter obat apa yang bisa aku minum untuk kesembuhan mata aku.

Lingkaran pada Bola Mata

Info penanya: Pria, 12 Tahun

Dok saya mau nanya, kan saya pengguna softlens nih, baru baru ini sih sekitar 1 bulan lebih Nah saya mau nanya, kok di pinggir bola mata hitam saya kayak ada ring warna abu abu gitu yah Tidak mengganggu penglihatan sih, tapi sebelum pakai softlens biasanya gak ada dok Saya jadi takut memakai softlens Itu saja donk pertanyaan dari saya Terima kasih, tolong di jawab

Mata Perih Saat Bermain HP

Info penanya: Pria, 34 Tahun

Dok kenpa setiap saya melihat layar hp mata saya perih klu mata saya ga perih kepala pas embun"nya/otak terasa panas baget Kadang kepala sakit mata panas setiap kali saya main hp

Penggunaan Kaca Mata Minus Yang Tidak Sesuai

Info penanya: Wanita, 17 Tahun

Dok kalo misalnya saya itu minus 1 kemudian saya memakai kacamata yg bkn minus 1 yaitu kacamata yg d bawah minus satu 0,75 itu bagaimana apa tidak papa.. saya bs liat/baca meski minus kacamatanya dibawah minus 1, meski lebih jelas lg klo minus 1, apa dampak yg d timbulkan utk kedepannya.

Ketergantungan Kacamata?

Info penanya: Wanita, 17 Tahun

Saya mau tanyak , saya br tau klo mata saya itu -1.00 , rencana nya saya mau pakai kontak lensa/ softlens yg minus -0.75 , gitu itu bole apa nggak dok.. kan katanya terkadang kacamata bs membuat ketergantungan

Penyebab Mata Minus

Info penanya: Pria, 39 Tahun

halo klik dokter, anak saya 4. anak yang pertama, perempuan 12 tahun, kedua perempuan 9 tahun, anak yang ketiga dan keempat kembar laki2 usia 6 tahun. saya memakai kacamata sejak sma dengan minus kiri dan kanan yang tidak sama. sekarang anak saya yang nomor 2 memakai kacamata sejak kelas 2 sd. dan barusan ini saya cek ke dokter, anak saya yang kembar laki2 satunya ternyata matanya sudah minus 5,25. pertanyaan saya, mengapa demikian sedangkan anak saya jarang sekali menggunakan gadget. apakah karena turunan? apakah ada makanan atau obat untuk mengurangi bahkan menghilangkan minusnya mengingat anak saya masih kecil? tolong bantu saya dok..apa yang harus saya lakukan???? terima kasih buat jawabannya dok.

Penyebab Mata Merah

Info penanya: Wanita, 31 Tahun

Hari Senin saya kecolok besi ditempat kerja trus ke klinik pas dirujuk poli mata di RS udh tutup . Kmrn mata saya SDH biasa bersih . HR ini pas bangun merah .. apa g apa apa

Pertanyaan - #263567

Info penanya: Pria, 29 Tahun

Selamat pagi dok.. Sudah 1 minggu lebih mata saya iritasi, dan pada saat saya periksa dokter kalo mata saya sedang belekan. kelopak mata atas dan bawah sulit dibuka. seperti ada kotoran atau lendir yang merekat. apalagi saat bangun tidur, mata sangan sulit terbuka. pada saat melakukan aktifitas pekerjaan karna saya bekerja 8 jam dengan komputer, mata sering terasa kering. kemudian saat saya sedang periksa sudah diberikan obat tetes dan obat minum. tapi sampai sekarang mata saya malah seperti tambah sipit. karna ini yang membuat saya khawatir. sebaiknya bagaimana ya dok? terima kasih dokter..

Mata Nyeri Saat Berkedip

Info penanya: Pria, 38 Tahun

Malam dok... Mata sya skit pda saat berkedip dan melihat sesuatu,kerjaan sya jahit,dan kdang lembur malamx dengan laptop bikin disain mode.trus gmn cara menyembuhkanx y dok,,, mkasih.

Benjolan di Kelopak Mata

Info penanya: Pria, 19 Tahun

assalamualaikum dok, saya mau nanya dok, dimata saya muncul benjolan dok. udah seminggu yang lalu dan tiap hari makin membesar. dan sekarang besarnya udah kayak telur cicak. pertanyaan saya dok apakah itu bintikan atau apa? soalnya saya sering juga kena bintikan tapi besarnya nggak kayak gini dok. dan apakah saya bisa beri salep hitam pada benjolan tersebut dok?. terima kasih atas jawabanya. wasalamu alaikum

Pengobatan Mata Juling

Info penanya: Pria, 2 Tahun

dok apakah mata juling bisa di sembuhkan ???

Mata Pegal

Info penanya: Pria, 9 Tahun

Halo pak dokter saya mau tanya mata saya saat ujian kok kayak pegal sama kepala pusing itu kira kira saya kenapa ya....?

Bintitan Berulang

Info penanya: Wanita, 20 Tahun

Hai dok saya Esti ,akhir akhir ini mata saya membengkak dok dibagian kelopak mata ,kata dokter kemarin saya terkena hordeolum dan kemarin waktu diperiksa saya langsung disuruh operasi kecil. Sehabis operasi itu selang beberapa hari mata saya membengkak lagi dan pada permukaan kelopak mata seperti terdapat nanah padahal sudah saya kompres tapi tidak keluar juga. Apa perlu dilakukan insisi lagi dok ? Terimakasih

Benjolan putih kecil di mata

Info penanya: Pria, 29 Tahun

Selamat sore, Dok di mata saya kok ada kayak putih-putih seperti benjolan kecil yang seperti mengganjal di mata saya, apakah ada rekomendasi obat dari dokter untuk menghilangkan benjolan tersebut? Mohon pencerahannya, terima kasih

Pakai softlens lagi?

Info penanya: Wanita, 22 Tahun

Sore dok, mau tanya. Jika kornea mata sudah pernah luka akibat memakai softlense, apakah bisa memakai softlense lagi? Sebelumnya saya pernah memakai softlense tapi setelah itu mata saya sakit dah tidak bisa dibuka, bahkan digerakkan pun sangat perih. Kata dokter yg memeriksa, softlense yg digunakan tidak bagus. Saat ini sudah sembuh, tapi apakah boleh memakai softlense lagi? Mohon bantuan dan sarannya dok 🙏🏻

Kantong mata besar sebelah

Info penanya: Pria, 23 Tahun

selamat sore dek , maaf dok mau nanya , sudah lama kantong mata saya besar sebelah seperti banyak air nya dan suka kleuar air mata dengan sendiri nya . mohon penjelasannya dok terima kasih salam,

Penanganan Mata Kuning

Info penanya: Pria, 15 Tahun

Dok.Mata saya kok agak kuning yah,dan urat ny juga ada kan jadinya mata saya merah ,jadinya mata saya keliatan mata ngantuk,saya bingung ini penyebab radiasi hp atau debu..Dan bagaimana cara mengatasi my dok?terimakasih

Pengobatan Rabun Jauh

Info penanya: Pria, 18 Tahun

Izin bertanya dok. Sekalian mau minta cara ngobatinnya. Saya sudah cek ke dokter spesialis mata saya punya penyakit mata minus. Cuman sma dokter ini mata saya sembuh. Cuman saya cek up lgi ke dokter tentara. Karna saya mau daftar tentara. Mata saya balik lgi minus nya. Kata dokter nya mata saya dari sejak sd udh rabun. Bukan karna genetika org tua dok. Mohon penjelasan nya dok. Gimana cara memperbaiki nya. Yg krna syaraf atau apanya dari mata saya dok. Terima kasih

Mata Kabur Mendadak

Info penanya: Wanita, 25 Tahun

Kemarin kepala sy sekali, trus ketika dlm perjalanan ke kantor, tiba2 penglihatan sy hitam dan tdk bisa mlihat apa2, tp malam penglihatan sy kembali walaupun blum normal, itu kenapa ya dok? Sy hrs ke dokter apa ya memeriksakannya? Trima kasih dok...

Penyebab Bercak Putih Kornea

Info penanya: Pria, 40 Tahun

Dok. Di kornea mata saya ada bintik putih karena infeksi .awalnya kena cipratan tanah,dan sudah dua bulan saja menjalani terapi pengobatan,memang rasa sakit atau nyeri sudah tidak ada, tapi bercak putihnya kok masih ada.apakah bercak putih ini bisa hilang degan pengobatan saja dok,... terima kasih sebelumnya

Mata Sering Berkedip

Info penanya: Pria, 29 Tahun

Salam Sehat Ayah saya mempunyai penyakit katarak setelah operasi mata kanan dan kiri kurang lebih 2 tahun yg lalu penglihatannya bagus, tetapi saat ini sering kedip" sendiri setelah berobat ke dokter spesialis mata dan spesialis syaraf masih belum ada perubahan yg signifikan mohon penjelasannya dokter. atas bantuannya disampaikan terima kasih.

Kelopak Mata Bengkak dan Banyak Belekan

Info penanya: Wanita, 18 Tahun

Saya kemarin sakit mata di sebelah kanan sampai bengkak di bagian kelopak, terus kalau tidur tiba-tiba suka keluar air mata gitu dan juga kalau bangun di bulu mata udah ada lendir warna hijau dan juga lengket susah mau buka mata nya, lalu penglihatan mata kanan saya jadi rabun. Trus sakit mata nya nular ke mata kiri. habis satu minggu baru cek ke dokter mata. Di kasih obat antiseptik sama obat tetes mata gitu. Udah konsumsi selama seminggu. Udah mengurangi mata merah nya. Cuma kelopak mata sama masih rada bengkak gitu. Dan lagi penglihatan kedua mata saya jadi rabun. Duduk paling depan pun apa yang ditulis guru gak kelihatan, liat wajah orang pun kayak blur gitu. Sebelum nya mata saya gak rabun. Itu bakalan sembuh dengan sendiri nya atau gimana ya?

Mata Berkedut

Info penanya: Wanita, 20 Tahun

Dok, apa penyebab daerah sekitar mata dan pipi dkt bibir bergetar tak terkontrol? tapi saya tdk merasakan getaran itu dok namun org lain yg melihat. jd beberapa orang di sekitar saya sering mempertanyakan kenapa daerah mata dan pipi saya suka bergetar? apa ada yg salah dengan saraf saya? apa penyebabnya dok dan bagaimana penanganannya?

Selaput Putih di Mata

Info penanya: Pria, 22 Tahun

Dok, Di mata saya ada selaput putih yg menutupi sebelah, seperti katarak Itu terjadi ketika saya sekolah dasar

Keluhan Pada Mata

Info penanya: Pria, 46 Tahun

dok mata saya habis melihat komputer kalau melirik kekanan dipojok mata seperti ada bayangan bola besar warna hitam.. kenapa itu yah? sudah saya cek ke dokter mata katanya gk ada apa apanya padahal klo melihat mengganggu dan sedikit ada seperti ada kabutnya

Benjolan di Mata

Info penanya: Wanita, 23 Tahun

selamat malam dok mau nanya anak saya kan ada benjolan disebelah kanan matanya dibawah dideket kelopak mata itu bahaya gak ya dok apa harus diperiksa kedok spesialis atau gimana awalnya sih gak ada atau mungkin gak ngeh sadar ny sekarang mohon bentuk nya putih bulet gitu

Penglihatan Buram dan Mata Melihat Ganda

Info penanya: Pria, 20 Tahun

Selamat siang dokter , __ saya mau bertanya, soal lapang pandang saya , kenapa pada saat saya fokus ke satu benda lapang pandang saya jadi jadi berbayang dan buram , benda yang ada di lapang pandang saya jadi ganda , _____ dan jika saya fokus ke arah satu benda maka benda lain akan jadi berganda , Juga ketika melihat benda yang bergerak ke satu arah maka lapang pandang saya juga seakan akan bergerak ke arah sebaliknya ,, _______________terimakasih dokter .

Pertanyaan - #262703

Info penanya: Wanita, 20 Tahun

Dok, sindrom visi Komputer memiliki tingkatan level ngak? Kalau tidak, bisa dijelaskan bagaimana CVS ini di kategorikan ringan, sedang, Dan parah. Terima kasih dok

Mengatasi Selaput Putih pada Mata

Info penanya: Pria, 29 Tahun

obat untuk mata selaput putih yg ada pada bola mata untuk menghilngkan atau mengobatiya obtya apa dok

Seputar Katarak

Info penanya: Wanita, 85 Tahun

Dokter, sya seorang ibu. Saya mwnderita katarak yg tumbuh lagi setelah operasi. Dengan Cendo Syloxane yg mesti diteteskan 6 kali sehari membuat saya harus bersabar dan kuat menanggung sakit perih selama 15 menit selama menetesia mata dan selamma obat berproses. Apakah ini bahaya dan saya harus kembali kw dokter?

Hasil Pemeriksaan Visus

Info penanya: Pria, 45 Tahun

Dok mau tanya saya sudah MCU dan dapat hasil dari dokter mata yaitu Vesus OD 6/20 dan OS 6/20, artinya apa ya mohon penjelasannya

Mata Gatal dan Berair

Info penanya: Pria, 23 Tahun

Hallo dokter, sudah 1tahun ini bawah mata saya hitam padahal saya selalu istirahat cukup Mata selalu berair seperti orang menangis apa ada hubunganya dengan pekerjaan saya 11 jam depan computer? Bahkan kedua bagian mata saya bengkak dan gatal sampai sekarang dok Dan Mata sebelah kanan selalu merah dan sakit tanpa sebab apa ada kaitannya dengan bersin" yang saya alami ya dok karena saya selalu bersin setiap harinya , apalagi kalau udara dingin dan tiap kali membersihkan wajah Setiap kali bersin hidung saya sakit Apa yang saya harus lakukan dok? Terimakasih

Iritasi Mata Akibat Bahan Kimia

Info penanya: Wanita, 21 Tahun

Siang dok saya mau tanya. Dok saya kan abis pasang eyelash atau pasang bulu mata. Nah mata saya merah dok kena lem bulu matanya. Itu kira2 obat tetes untuk iritasi kata merah akibat kena lem bulu mata apa ya dok

Seputar Mata Juling

Info penanya: Pria, 21 Tahun

Apakah juling termasuk disabilitas..??

Penyebab Mata Rabun Jauh

Info penanya: Pria, 20 Tahun

Halo. Selamat siang, Dok. Saya mau nanya. Apa sih penyebab utama Rabun Jauh? Apa Rabun Jauh bisa dikurangi dengan mengkonsumsi sesuatu, seperti wortel? Lalu, apa dengan menggunakan kacamata, Rabun Jauh bisa berkurang? Dan apakah berbahaya jika kacamata tidak digunakan secara rutin, alias hanya digunakan saat diperlukan saja? Terima kasih, Dok.

Penyebab Mata Merah

Info penanya: Pria, 21 Tahun

Dok saya mau tanya, kan saya pasang eyelash. nah lem bulu mata nya tuh kena mata saya sehingga mata saya merah dan sangat perih, itu untuk obat nya apa ya dok ? dan kira2 mata saya iritasi atau gimana ? terimakasih dok

Penyebab Mata Sering Kering

Info penanya: Wanita, 18 Tahun

Dok saya mau tanya, kira2 sebulan yg lalu saya kan sakit mata biasa. Udah ke puskesmas dan udah dpt obat juga. Dan sempet sembuh, tapi ga lama kemudian dan sampai skrg tiap malem itu mata suka merah dan kering. Terus pas bangun tidur kotoran nya banyak dan agak basah. Terus mata suka tetep ngerasa kering dan perih kalo buka mata. Itu bahaya ga dok terus gimana cara mengatasinya? Terimakasih sebelumnya🙇‍♀️