Sukses

Silakan Klik “Tanya Dokter” Untuk Mengajukan Pertanyaan Anda

Tanya Dokter

Penyebab Gatal Daerah Pubis

Info penanya: Wanita, 21 Tahun

Sudah beberapa minggu ini saya merasakan gatal dibagian pubis diperparah ketika saya mencukur rambut di bagian pubis karena rambut yang pendek menusuk bagian kulit pubis sehingga membuat makin gatal. Keadaan semakin buruk pada malam hari. Selain pada pubis saya merasakan gatal pada lipatan paha, lipatan paha saya menghitam. Apakah itu jamur? Karena saya selama kuliah lebih sering menggunakan celana jeans yang ketat. Bagaimana cara mengatasi rasa gatal yang saya rasakan di bagian pubis dan lipatan paha saya? Karena rasa gatal itu sangat mengganggu waktu tidur saya, saya baru bisa tidur menjelang subuh padahal saya harus memulai aktivitas pada pagi hari.

Penyebab Benjolan Vagina

Info penanya: Wanita, 24 Tahun

Dok saya mau tanya mis v saya kog ada benjolan yah kalo di pencet rasanya sakit Itu tandanya apa ya dok? Kanker serviks kah? Saya kog takut dok saya baru menikah. Mohon di Jawab ya dok terimakasih

Penyebab Benjolan Vagina

Info penanya: Wanita, 24 Tahun

Dok mau tanya? Di vagina ada benjolan kalo di pegang sakit Itu tandanya kanker serviks tidak ya dok? Tp saya tidak terkena keputihan atau yang lain. Mohon di balas ya dok terimakasih.

Kulit Tangan dan Kaki Mengelupas

Info penanya: Pria, 20 Tahun

Dok saya ingin tanya kenapa kulit saya mengelupas tiap terkena air dibagian tangan dan kaki.. berwarna putih saat mengelupas...

Pertanyaan Seputar Gatal pada Selangkangan

Info penanya: Pria, 20 Tahun

Dok saya mau tanya, di bagian sela selangkangan saya ada penyakit kulit ciri cirinya kulit kering dan kalo gatal itu kulitnya mau ngelupas seperti mau ganti kulit, terus warnanya seperti kehitaman. Pertanyaan saya penyakit apa itu dan pakai obat apa buat nyembuhin dan kalo berbekas cara ngilangin bekasnya gimana? Terimakasih dok

Gatal dan Bentol di Pipi

Info penanya: Wanita, 25 Tahun

beberapa hari yang lalu kulit saya mengalami gatal dan sedikit merah di sekitar pipi dan hidung, kadang suka muncul bentol2 padahal tidak digigit serangga atau nyamuk, biasanya saya minum obat alergi ctm supaya tidak terlalu gatal. yang ingin saya tanyakan setelah gatal berhenti biasanya kulit wajah saya akan normal kembali tp beberapa hari ini malah kulit saya menjadi kasar dan kalau dipegang seperti ada kulit halus yang mengelupas dan agak bruntusan, saya tetap melakukan rutinitas skincare saya dan memakai mosturizer spt biasa tp kok masih sedikit kasar, ini bagaimana ya dok supaya kulit wajah saya kembali spt semula? terima kasih

Hilangnya Keperawanan

Info penanya: Wanita, 20 Tahun

dok saya terjun di sungai,tp setelah terhempas ke air vagina saya terasa nyeri dok,antara vagina dan anus terjadi sedikit goresan,apakah bisa menyebabkan perawan hilang dok?

Gatal di Selangkangan

Info penanya: Wanita, 20 Tahun

Dok, sudah 4 hari ini bagian selangkangan saya gatal gatal. Awalnya timbul benjolan kecil-kecil berwarna merah, lalu setelah saya olesi dengan salep gatal, benjolan tersebut hilang tapi timbul seperti luka yg lembek berwarna putih. Bagaimana tandanya jika luka gatal tersebut akan mulai sembuh?

Keputihan Kental

Info penanya: Wanita, 21 Tahun

Halo dokter saya usia 21 tahun belum menikah Saya mau tanya selalu keluar cairan putih terkadang kental dari vagina saya. Ketika keluar terasa sedikit hangat seperti darah menstruasi yang keluar. Aman atau tidak kak dokter ? Tidak berbau dan terkadang berwarna putih bening, putih kekuningan

Benjolan di Penis

Info penanya: Pria, 25 Tahun

Terimakasih sebelemunya dok. begini dok, saya umur 25tahun. tidak pernah berhubungan seks sama sekali. hari ini tiba" saya merasa tidak nyaman di daerah kelamin saya. dan ternyata setelah saya cek , ternyata ada benjolan. benjolannya hanya terasa sedikit nyeri ketika di sentuh. letaknya di area bwh kiri dekat pangkal batang mr.p. saya setres banget dok karena saya baca" di google, saya tidak tahu apakah benjolan itu berbahaya atau tidak. apakah tumor dan lain". tapi spertinya benjolan saya mirip dengan yang namanya lymphochele. berikut link fotonya dok. http://cubeupload.com/codes/bdbae6 fotonya 4 baris dari bawah, mohon bantuannya dok. Terimakasih Banyak dok.

Benjolan di Penis

Info penanya: Pria, 25 Tahun

Terimakasih sebelemunya dok. begini dok, saya umur 25tahun. tidak pernah berhubungan seks sama sekali. hari ini tiba" saya merasa tidak nyaman di daerah kelamin saya. dan ternyata setelah saya cek , ternyata ada benjolan. benjolannya hanya terasa sedikit nyeri ketika di sentuh. letaknya di area bwh kiri dekat pangkal batang mr.p. saya setres banget dok karena saya baca" di google, saya tidak tahu apakah benjolan itu berbahaya atau tidak. apakah tumor dan lain". tapi spertinya benjolan saya mirip dengan yang namanya lymphochele. berikut link fotonya dok. http://cubeupload.com/codes/bdbae6 fotonya 4 baris dari bawah, mohon bantuannya dok. Terimakasih Banyak dok.

Keputihan Putih Susu

Info penanya: Wanita, 21 Tahun

Halo dok. selamat sore. Saya ingin bertanya, saya ada keputihan berwarna putih kental seperti ingus dan berbau asam. tidak banyak juga tidak sedikit. kira-kira hal tsb normal tdak dok.

Gatal di Kelamin

Info penanya: Pria, 27 Tahun

salam dokter, saya ada masalah gatal2 pada pubic area yang sudah terjadi selama kurang lebih satu bulan , gatal ini makin menjadi ketika malam tapi tidak masalah ketika saya tidak memberi rangsangan seperti menggaruknya gatal2 ini tepat diatas penis dan tidak menyebar kemanapun dan juga tidak ada ruam, area gatal kelihatan lebih kasar hanya sebesar uang koin 500 rupiah(lebih besar dikit ).Treatment yang sudah saya berikan pakai bedak anti gatal saja dan detol antibakteri tapi belum ada hasil mohon rekomendasi obat atau salep yang tepat.(mungkin sy kena jamur atau kutu kelamin)

Vagina Perih Saat Berkemih

Info penanya: Wanita, 18 Tahun

dok saya mengalami perih saat buang air kecil tapi tidak ada gejala seperti nyeri perut, dibagian vagina saya merasa ada bintik kecil seperti biang keringat tapi rasanya perih sekali ketika kena air saya sudah kedokter tapi tidak merasa membaik, saya sedang masa menstruasi.

Kelamin Merah Setelah Berhubungan Seksual

Info penanya: Pria, 29 Tahun

Siang dok saya mau tanya.kelamin saya kemerah2an dan terasa lecet setelah berhubungan apakah itu berbahaya

Cara Mengatasi Jerawat Di Wajah

Info penanya: Wanita, 22 Tahun

hello dokter, saya mau tanya, selama ini saya sudah mencari skincare yang cocok tapi tidak juga ketemu dan berujung pada jerawat yang bekasnya hitam dan tak hilang-hilang. nah 2hari yg llau saya coba pake melanox tapi al hasil wajah saya memerah total sampai hari ini. saya bingung harus diapain dok, mohon bantuannya! saya udah coba pakai es batu, madu juga tp blm ada hasil.

Rambut rontok

Info penanya: Wanita, 22 Tahun

Selamat pagi dok,saya mau tanya nih kalau mengalami rambut rontok secara berlebihan itu termasuk gejala penyakit berbahaya nggak sih?

Bercak putih setelah berenang

Info penanya: Wanita, 16 Tahun

Assalamualaikum dok.. saya mau tanya, kenapa setiap kali selesai berenang kulit saya selalu timbul banyak bercak putih. lebih dari tiga. apa itu panu? atau yang lainnya? soalny sdh lebih dari 2minggupakai obat jamur ga ada efeknya, yang ada hanya makin banyak dan lebar. terima kasih:)

Penggunaan cuka apel pada bekas jerawat

Info penanya: Wanita, 18 Tahun

Halo dokter, nama saya risa. Saya mau bertanya tentang bekas jerawat yg ada di wajah saya, bekas jerawat nya hitam dok, bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat nya secara alami? Saya melihat youtuber memakai masker lidah buaya dan cuka apel. Saya sudah memakai masker lidah buaya tetapi tidak ada reaksinya. Dan apakah boleh dok menghilangkan jerawat dengan cuka apel? Ada berdampak buruk gk buat muka saya?

Bruntusan Pada Telapak Tangan

Info penanya: Wanita, 15 Tahun

Dok, di telapak tangan saya muncul seperti bruntusan gitu, kadang jadi terasa panas juga, tapi bruntus ini lebih banyak muncul pada talapak tangan sebelah kiri. Saat pertama muncul bruntus bertepatan saya sedang menstruasi, itu kenapa ya dok? Apakah ada kaitannya dengan darah haid? Penanganan atau pengobatannya bagaimana?

Bintik Merah di Wajah Setelah Memakai Produk Kecantikan

Info penanya: Wanita, 16 Tahun

Malam dok , saya mau tanya saya pakai krim wajah dari dokter setiap saya pakai krim malam saya tamba dengan bedak marks putih lalu setiap saya pakai sunblock juga saya tamba dengan bedak marks habis itu wajah saya muncul bintik bintik merah itu kenapa ya dok kesalahan saya dimananya dok ?

Nevus of ota

Info penanya: Pria, 25 Tahun

Dok saya mau bertanya. Istri saya mempunya bercak coklat diwajah yang biasa nya disebut novus otta , apakah akan menular ke anak saya kelak ?

Gatal setelah mencukur bulu kemaluan

Info penanya: Pria, 22 Tahun

Dok, saya mau tanya bagaimana cara mengatasi gatal dan bentol yang diakibatkan setelah mencukur bulu kemaluan ? Adakah obat yang dianjurkan ?

Pengobatan Jerawat

Info penanya: Wanita, 31 Tahun

Selamat malam dok ,, sy mau nanya jerawat di muka sy tambah hari kok tambah byk .. sdh brbagai macam cream d pkai kok bloem jg ada reaksi'y .. apakah sy stop pemaikan cream atw bgmana dok

Seputar Mikropenis

Info penanya: Pria, 28 Tahun

Apakah saya memiliki micropenis? saya punya ukuran penis tidak ereksi sekitar 4 cm. saat ereksi hanya 9,5 cm. apakah saya termasuk micropenis? Apakah hal ini akan memengaruhi kehidupan seksual saya?

Seputar Alergi Dingin

Info penanya: Wanita, 21 Tahun

Dok kalo setelah megang es atau terkena udara dingin (saat naik motor misal) tangan kemerahan dan terasa gatal (atau cekit2) di ujung jari itu termasuk alergi dingin atau bukan ya? Kira2 bagai mana mengatasinya. Setahu saya alergi dingin cuma berupa bentol dan gatal di tubuh. Mohon penjelasannya dok terimakasih 🙏

Gatal-gatal Seluruh Tubuh

Info penanya: Pria, 17 Tahun

Dok saya mau tanya Saya mengalami gatal gatal di sluruh tubug, saya berfikir itu gejala alergi, lalu saya membeli obat alergi dan hasilnya memang sembuh namun selang 4 hari gatal gatal itu muncuk kembali, saya minum obat lagi sembuh lagi. Saya tidak mengerti saya alergi apa... Dan saya harus minum obat alergi setiap satu minggu Mohon bantuannya dok

Mengatasi Rambut Rontok

Info penanya: Pria, 23 Tahun

rambut saya rontok mulu dok,udah gonta ganti shampo malah makin parah。 jadi saya balik lagi ke shamppo yang lama。 tapi tetep aja dok rambut saya msih rontok parah。 solusinya apa ya dok?

Nevus of Ota di Wajah

Info penanya: Pria, 25 Tahun

Siang dok. Mau bertanya istri saya mempunya tanda lahir bintik coklat disekitar area wajah yang biasa disebut novus otta. Apakah akan ada kemungkinan bayi saya terdapat juga tanda lahir diarea wajah ?

Skin Tag

Info penanya: Pria, 36 Tahun

Saya memiliki penyakit skin tag di bokong saya. Ukurannya sebesar kepalan tangan. Bagaimana cara menghilangkannya. Tanpa operasi.

Kuku Hampir Lepas

Info penanya: Pria, 16 Tahun

Dok. Kan kemaren saat mundur kan sepeda motor jagrak nya belum saya angkat terus kena kuku jempol saya. Trus saya lihat berdarah sma kuku nya ngangkat. Tpi belum semua nya lepas. Dan sekarang rasa sakit nya mulai hilang terus ngangkat lagi tapi belum lepas. Ini baik nya di lepas apa di biarkan? Klo di lepas gimana dok cara aman nya? Trima kasih.

Penggunaan Obat Skabies

Info penanya: Pria, 16 Tahun

Dok bolehkah memakai salep medscab berulang ulang atau hanya satu kali pemkaian saja?

Pengobatan Eksim

Info penanya: Pria, 24 Tahun

Dok, saya memiliki penyakit eczema dan bertambah parah apabila terkena dingin. Dokter kulit saya memberikan salep inerson untuk saya dan itu cocok buat eczema saya. Saat ini saya menetap di luar negeri, manila lebih tepatnya. Salep inerson saya sudah habis dan tidak ada apotek yang menjual salep tersebut, apakah ada saran untuk salep penggantinya yang sekiranya bisa saya beli dok? Saya sempat membeli bethametasone valerate produksi rx namun tidak cocok. Kulit saya bertipe sensitif Terima kasih dok

Jerawat di Dada

Info penanya: Pria, 24 Tahun

Malam dok saya mau tanya di bagian dada saya sering suka timbul jendolan seperti jerawat ada yg sudah waktu beberapa lama masih ada benjolannya .. saat di pencet seperti jerawat yg ngegumpal .. kira kira sakit apa yg saya alami yah dok ? Terimakasih ..

Kutil Di Wajah

Info penanya: Wanita, 23 Tahun

Selama pagi dok. Saya mau tanya, di muka saya ada benjolan kecil seperti kutil. Udah ada sejak saya kecil ( masih SD ). Awalnya ga sakit dok, tp akhir2 ini jadi sedikit mengeras + terasa sakit. Itu kenapa ya dok ? Dan cara penyembuhannya bagaimana? Mohon penjelasaanya. Terimakasih dok.

Bakterial Vaginosis

Info penanya: Wanita, 19 Tahun

apakah saya bisa terkena vaginosis padahal saya masih perawan?

Penis Bengkak Karena Sering Onani

Info penanya: Pria, 18 Tahun

Dok, kenapa setelah onani kulit penis saya bengkak seperti habis disunat??

Kutil Di Wajah

Info penanya: Wanita, 23 Tahun

Dok, diwajah saya tepatnya di pipi dekat dengan hidung ada semacam benjolan kecil seperti kutil. Udah ada sejak saya SD, awalnya ga sakit ga apa.. sekarang saya udah 23 tahun dok. Tapi ko beberapa hari ini kerasa sakit ya? Itu kenapa dok. Sama cara nyembuhinnya gimana ya? Terimakasih

Jamur Di Mulut

Info penanya: Wanita, 22 Tahun

Dok, saya mau tanya. Kata dokter saya terkena penyakit infeksi jamur dibagian mulut awalnya hanya ada 3 luka seperti sariawan kemudian semakin banyak, dan setelah minum obat nymiko nystatis cair ternyata malah semakin bertambah. Ini efek obat untuk penyembuhan apa saya tidak cocok menggunakan obat tersebut

Bentol pada Penis

Info penanya: Pria, 16 Tahun

Maaf sebelumnya dok, saya ingin bertanya saya masih umur 16 memasuki usia 17 pada oktobernanti, saya mengalami tumbunya bentol di kepala penis saya, kadang² terasa sangat gatal dan sudah beberapa bulan tibul nya bentol tersebut namun tak hilang² bentol tsb, awalnya timbul bentol² di paha dan bokong saya yng terasa gatal ketika akan memasuki malam, namun bentol di paha dan bokong saya sudah sembuh, saya ingin bertanya dok saya mengalami penyakit apa? Apakah penyebabnya karna saya gendut, dan tolong beritahu saya apa obat yng tepat untuk mengobatinya?

Seputar Keputihan

Info penanya: Wanita, 19 Tahun

saya mengalami keputihan. keputihan saya itu membuat area kewanitaan saya terasa gatal. saya ingin tau keputihan saya itu berbahaya atau itu hal normal? keputihan saya itu warna putih susu tergadang kekuningan bentuknya kental padat terkadang juga agak berair dan kalau banyak aktif biasa mengeluarkan bau.

Mengobati Bisul Pada Kulit

Info penanya: Pria, 25 Tahun

Dear Dokter, Saya ingin bertanya, kulit siku tangan saya mengalami bisul kecil yang lumayan besar areanya (diameter sekitar 4 cm) 4 hari lalu. Sekarang posisinya bisul-bisul kecil tersebut sudah tidak ada, namun pada area tersebut menjadi sangat memerah dan perih seolah2 seperti luka bakar (sekarang sudah mengering).. Saya ingin menanyakan penyakit apakah ini dan bagaimana cara penyembuhannya? Terimakasih.

Mengobati Keloid

Info penanya: Wanita, 26 Tahun

dok, saya mau tnya. saya punya keloid d tangan itu bekas operasi pengangkatan benjolan daging tumbuh gt. sudah hampir 3thn tpi kadang masih nyeri dan gatal dan sepertinya ad benjolan lain yg kecil disekitar keloid. itu kenapa ya? mohan jawabannya terimakasih

Pengobatan Scabies

Info penanya: Pria, 21 Tahun

Beberapa hari yang lalu saya ke dokter kulit dan dikatakan terkena scabies, namun setelah memakai scabimites dua hari kemudian ditangan dan di paha saya muncul bintikbintik merah, itu kenapa yaa dokk, karna semakin lama semakin banyak

Tanya Produk

Info penanya: Wanita, 24 Tahun

Mau tanya klo produk kecantikan h2 heart&happiness dr kalbe boleh d konsumsi untuk busui ga dok? Saya pengen konsumsi suplemen kapsul untuk pure skin, atau fair skin nyaa

Luka di Bokong

Info penanya: Pria, 22 Tahun

dok mau tanya kenapa ya pantat saya kok sakit dan sakitnya itu seperti nyeri dok dan kalau di buat duduk sakit dok lalu sempat saya pegang kok seperti luka mengering ya dok tapi itu sakit sekali dok kira2 kenapa ya dok ? terima kasih dok 🙏

Skin Care dan Make Up

Info penanya: Wanita, 20 Tahun

Assalamualaikum.. Saya bernama Tari ingin bertanya.. Sebelum nya saya menggunakan skincare dari dokter kulit. Nah kalau misalkan mau bermake up apakah pakai skincare krim pagi dulu atau gimana.. Terimakasih. Wassalamualaikum.

Seputar kurap

Info penanya: Pria, 15 Tahun

Dok saya ingin bertanya sudah hampir sebulan yg lalu kulit saya terkena penyakit kurap setelah diobati salep 88 kulit sy mengering lalu mengelupas dan terganti dgn kulit berwarna putih pucat lalu sy oleskan kembali salep 88 malahan kembali mengering lalu mengelupas dan tergantikan lagi dgn kulit berwarna putih pucat itu, tidak gatal minta solusinya dok

Penanganan Kulit Wajah Kering

Info penanya: Wanita, 23 Tahun

selamat siang,, jika kulit wajah dan bibir kering mengelupas setiap hari bagaimana solusi dan cara mencegahnya? dan sebenarnya lapisan kulit itu seberapa banyak,, jika setiap hari mengelupas, satu bulan saja mungkin 30 lapisan kulit? seberapa cepat kulit meregenerasi?

Penis Melengkung ke Bawah

Info penanya: Pria, 19 Tahun

Hallo dok, maaf kalau nanya beginian kok penis saya melengkung kebawah yah saat ereksi apakah posisi penis saya saat pakai celana dalam harus keatas?

Bintik Putih pada Perut

Info penanya: Wanita, 24 Tahun

Dok, kulit saya bermasalah udh pernah berobat tp tidak ada perkembangan, kulit bagian perut saya ada seperti totolan2 kecil putih, kayak polkadot kecil2 gitu dok, itu knp ya dok? Terima kasih

Infeksi Menular Seksual

Info penanya: Pria, 19 Tahun

Selamat malam dok,maaf mengganggu,sy ingin bertanya sebelum sy cek kondisi sy ksana,dok sy kan pertama kali berhubungan sex dengan psk,sy menggunakan kondom,tidak ada kontak lain selain kontak kelamin,sy tidak berciuman maupun yg lain,hanya kelamin saja,setelah itu sy membersihkan alat kelamin sy menggunakan sabun bersih,setelah itu meminum antibiotik/amoxcillin. Kira" sy kena penyakit kelamin atau tidak dok,sy mohob bantuan dokter karna sy khawatir sekali.😭

Gatal-gatal dan Kemerahan di Kulit

Info penanya: Pria, 23 Tahun

Dok badan saya tiba" gatal" dan dipenuhi ruam merah padahal tidak ada alergi dan hanya makan tahu. Solusi untuk meredakan atau menyebuhkannya apa ya ?

Mengatasi Biduran Setelah Melahirkan

Info penanya: Wanita, 33 Tahun

Malam dokter. Ni mau nanya. Bagaimana cr mengobti biduran? Semenjak sya selesai melahirkan tahun 2018, sya mengalami gatal2 smpe bentol-bentol di badan. Saya sdh berobat(sering) dan sudah berbagai jenis obat saya minum tapi tidak ada perubahan. Selama saya minum obat, gatalnya bisa berhenti. Tapi kalo sudah habis obat, 1 hari aja tidak minum obat, pasti timbul lagi. Mohon petunjuknya. Apa sebenarnya penyebabnya

Penyakit kelamin

Info penanya: Pria, 19 Tahun

Selamat malam dok,maaf mengganggu,sy ingin bertanya sebelum sy cek kondisi sy ksana,dok sy kan pertama kali berhubungan sex dengan psk,sy menggunakan kondom,tidak ada kontak lain selain kontak kelamin,sy tidak berciuman maupun yg lain,hanya kelamin saja,setelah itu sy membersihkan alat kelamin sy menggunakan sabun bersih,setelah itu meminum antibiotik/amoxcillin. Kira" sy kena penyakit kelamin atau tidak dok,sy mohob bantuan dokter karna sy khawatir sekali.😭

Cairan keras

Info penanya: Pria, 29 Tahun

assalamualaikum, malam dok, jari saya terkena cairan pembersih kerak/karat dok, jari telunjuk, jari tengah dan jempol. yg sangat parah itu bagian jempol dok, rasanya nyeri semakin nyeri, panas seperti di bakar, kulit mnjadi keras bahkan bengkak, saya sudah coba brbagai cara dgn kompres es batu dll, tetapi hanya reda sesaat, obatnya apa ya dok? ssya tidak tahan dgn nyerinya yg sangat nyeri dan panas seperti di bakar.

Kelamin lecet

Info penanya: Pria, 22 Tahun

Dokter gimana mengatasi kelamin saya lecet ? Terus gimana cara mengeluarkan cairan suntik silikon dokter ? Mohon petunjuknya dokter 🙏🙏

Gatal seluruh badan

Info penanya: Wanita, 24 Tahun

Asslmualaikum dok.. aku mau tanya kenapa yah sejak aku mkn dging babi jadi suka gatel2 di seluruh bdn aku . Berarti ada alergi kan dok?? Tapi sudah aku mkn obat alergi dan ttp aja msh sering gatel2 muncul dua hari sekali itu gimana ya dok??? .. terimksh

Ketiak Gatal

Info penanya: Wanita, 16 Tahun

Dok, saya ada masalah kulit dibagian ketiak. Berwarna merah kehitaman,kulit mengelupas dan sangat gatal,namun jika digaruk malah berdarah,sakit Dan mengeluarkan cairan yang baunya tidak enak. Mohon bantuannya, bagaimana cara saya mengobatinya

Bercak hitam menumpuk pada kaki

Info penanya: Pria, 21 Tahun

Dok, saya mau nanya kenapa di kaki ibu saya terdapat bercak hitam menumpuk (warna kecoklatan) seperti daki?