Sukses

Sakit Perut Kanan Bawah? Waspadai Usus Buntu

Penyakit usus buntu dapat terjadi karena tersumbatnya umbai cacing atau appendiks, yaitu bagian dari usus kita dikarenakan oleh penumpukan lendir yang diproduksi usus atau karena masuknya kotoran ke dalam umbai cacing tersebut. Lendir yang menumpuk...

Oleh: dr. Adithia Kwee

KLIKDOKTER.com - Anda tentunya sudah sering mendengar tentang penyakit usus buntu. Penyakit ini termasuk penyakit yang sering terjadi di sekitar kita. Penyakit usus buntu dapat terjadi karena tersumbatnya umbai cacing atau appendiks, yaitu bagian dari usus kita  dikarenakan oleh penumpukan lendir yang diproduksi usus atau karena masuknya kotoran ke dalam umbai cacing tersebut. Lendir yang menumpuk dan kotoran yang masuk tidak dapat keluar sehingga dapat menjadi tempat yang baik untuk pertumbuhan kuman dan lama kelamaan akan terjadi peradangan.

Peradangan yang terjadi dapat pulih sendiri bila daya tahan tubuh penderita dalam kondisi baik. Hasil pemulihan peradangan di umbai cacing tersebut akan menimbulkan perlengketan ke jaringan di sekitarnya dan apabila daya tahan tubuh Anda sedang turun maka peradangan dapat terjadi lagi dan akan timbul gejala akibat dari peradangan dan perlengketan tersebut,

Gejala yang harus diwaspadai sebagai gejala dari usus buntu di antaranya adalah:

  • Timbul demam
  • Adanya nyeri perut yang diawali di daerah pusat kemudian akan berpindah ke daerah perut kanan bawah
  • Timbul rasa mual, muntah, dan dapat terjadi peningkatan jumlah sel darah putih dari hasil pemeriksaan darah.

Akibat peradangan pada umbai cacing tersebut akan terjadi penumpukan nanah di dalamnya, dan apabila nanah tersebut tidak segera dikeluarkan dan peradangan terus terjadi, lama kelamaan dapat timbul lubang pada umbai cacing tersebut dan nanah yang terkumpul di dalamnya dapat menyebar ke seluruh rongga perut sehingga dapat menyebabkan infeksi di seluruh rongga perut yang disebut peritonitis.

Oleh sebab itu, janganlah diremehkan jika mulai timbul gejala seperti yang disebutkan di atas, terutama bila timbul nyeri hebat pada perut bagian kanan bawah Anda, curigai adanya penyakit usus buntu. Segera periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AK)


0 Komentar

Belum ada komentar