Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Makanan Sehat yang Bisa Merusak Ginjal Bila Dikonsumsi Berlebih

Makanan Sehat yang Bisa Merusak Ginjal Bila Dikonsumsi Berlebih

Semua yang berlebihan memang tidak baik, termasuk mengonsumsi makanan yang sehat sekalipun. Ini menu makanan yang merusak ginjal bila dikonsumsi berlebihan!

Dalam menjalani gaya hidup, banyak orang berlomba-lomba untuk selalu mengonsumsi makanan sehat. Olahraga secara rutin juga dilakukan. Penerapan gaya hidup sehat ini pun telah menjadi sebuah tren tersendiri.

Namun, ada beberapa hal yang sering luput dari perhatian. Konsumsi makanan dan minuman yang sehat memang perlu, tapi apa jumlah dan dosisnya sudah tepat? 

Bila tidak, hal ini justru dapat menjadi “bumerang” bagi kesehatan Anda.

Mengonsumsi makanan sehat secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping yang merusak tubuh, salah satunya organ ginjal. Apa saja makanan sehat yang bisa merusak ginjal?

1. Alpukat

Buah alpukat terkenal akan kebaikannya bagi tubuh karena kandungan lemak tak jenuh, serat, dan antioksidan. Alpukat juga kerap disantap sebagai makanan untuk sarapan yang baik bagi tubuh.

Akan tetapi, mengonsumsi alpukat secara berlebihan tidak disarankan karena dapat menyebabkan gangguan elektrolit, yaitu kalium. Mengonsumsi alpukat secara berlebihan dapat menyebabkan penumpukan kalium. Kadar kalium yang tinggi dapat menyebabkan detak jantung tidak teratur. Kinerja ginjal pun bisa terganggu akibat kelebihan kalium. 

Artikel Lainnya: Hati-hati, Ini Bahaya Makan Belimbing untuk Ginjal!

1 dari 4 halaman

2. Daging Sapi

Makanan lezat satu ini memang sulit ditolak. Daging sapi memang baik untuk kesehatan, khususnya untuk mencegah anemia dan menjadi sumber protein. Namun, perhatikan jumlah daging—khususnya yang telah diproses—yang Anda makan. Jika berlebihan, hal ini dapat membuat kondisi ginjal menjadi tak sehat.

Daging yang telah diproses, seperti sosis dan pepperoni, terkadang punya kandungan garam yang tinggi untuk menambah rasa. Makanan asin yang mengandung garam tinggi biasanya juga memiliki zat purin. Bila kadarnya terlalu banyak dalam tubuh, zat tersebut dapat memicu penyakit asam urat dan batu ginjal.

3. Pisang

Buah lezat yang satu ini pasti sering menjadi favorit banyak orang. Biasanya, pisang digunakan untuk hidangan pencuci mulut. Namun, jangan sampai mengonsumsi pisang berlebihan.

Pisang juga kaya akan kalium, sama seperti alpukat. Apabila dikonsumsi berlebihan, kandungan kalium yang berlebih akan mengganggu kinerja ginjal.

Artikel Lainnya: 8 Kebiasaan Pemicu Penyakit Ginjal

2 dari 4 halaman

4. Roti Gandum

Salah satu makanan sehat untuk sarapan ini ternyata berisiko merusak ginjal bila dikonsumsi terlalu banyak. Terlebih jika Anda mengidap atau memiliki riwayat penyakit ginjal

Sama seperti pisang dan alpukat, roti gandum juga kaya akan kalium dan fosfor yang kurang baik bagi ginjal bila kadarnya terlalu banyak dalam tubuh.

5. Produk Olahan Susu

Memang benar bahwa susu, keju, dan yoghurt merupakan beberapa contoh asupan sehat yang baik bagi tubuh. Namun, mengonsumsi produk susu secara berlebihan justru dapat mengganggu keseimbangan fosfat darah

Hal ini dipengaruhi oleh kandungan fosfor yang meningkat akibat konsumsi produk susu berlebihan.

Artikel Lainnya: Makan Nanas Madu Bisa Bikin Sakit Ginjal, Benarkah?

3 dari 4 halaman

6. Sari Buah Instan

Hindari mengonsumsi jus buah dan minuman manis lainnya jika Anda menderita penyakit ginjal dan diabetes. Minuman ini cenderung mengandung gula tambahan dalam jumlah tinggi yang dapat menyebabkan lonjakan gula secara cepat. 

Ditambah, jus buah tertentu mengandung mineral tinggi seperti kalium yang membahayakan kesehatan ginjal.

7. Sayuran Hijau

Sayuran hijau adalah jenis makanan sehat yang baik untuk kesehatan. Namun, bagi penderita gangguan ginjal, jumlah sayuran hijau perlu diperhatikan. Berbagai sayuran berdaun hijau, seperti bayam, lobak, dan bit, mengandung kalium yang tinggi. 

Satu cangkir (30–38 gram) sayuran hijau mentah dapat mengandung 136-290 mg kalium. Jika dikonsumsi berlebihan, makanan sehat ini berisiko merusak ginjal.

Itu dia beberapa makanan sehat yang dapat merusak ginjal bila dikonsumsi berlebihan. Intinya, konsumsi makanan apa pun secara seimbang dan hindari makan dalam porsi yang berlebihan. 

Perhatikan jumlah asupan yang Anda konsumsi agar tidak menimbulkan efek samping. Bila Anda memiliki riwayat penyakit ginjal, berkonsultasilah kepada dokter terkait pemilihan makanan yang tepat. Cari tahu informasi kesehatan lainnya dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar