Sukses

Gejala Polip Rahim Paling Umum yang Perlu Anda Ketahui

Polip rahim merupakan salah satu penyakit yang bisa ditemui pada wanita. Apa saja gejala polip rahim? Simak ciri-ciri polip rahim di sini.

Polip rahim atau polip endometrium merupakan tumbuhnya sebuah benjolan yang melekat pada dinding rahim bagian dalam dan menonjol ke arah rongga rahim. Penyebabnya karena ada pertumbuhan sel-sel yang melapisi rahim secara berlebih.

Umumnya polip rahim jenis ini termasuk kategori jinak. Polip rahim sebenarnya banyak ditemui pada wanita yang sudah masuk masa menopause atau pascamenopause.

Meski begitu, bukan berarti wanita yang usianya lebih muda tidak dapat mengalami polip rahim. 

Polip rahim memiliki ukuran yang bermacam-macam. Ada yang hanya beberapa milimeter, ada juga yang hingga beberapa sentimeter. 

Biasanya, bisa terdapat satu atau lebih polip yang muncul pada dinding rahim dan berada di dalam rongga rahim. Namun, terkadang polip bisa juga menonjol ke luar mulut rahim menuju vagina.

Gejala polip rahim pada penderitanya pun bisa berbeda-beda. Namun, ciri-ciri polip rahim paling umum yaitu: 

1 dari 4 halaman

1. Haid Tidak Teratur

Umumnya wanita haid mengikuti siklus sekitar 21-35 hari sekali. Salah satu tanda polip rahim adalah perdarahan menstruasi yang tidak teratur.

Lalu, menstruasi sering kali telat dan tidak sesuai jadwal. Jumlah darah menstruasi yang keluar juga tidak teratur. 

Artikel Lainnya: Wanita dengan Polip Rahim Sulit Hamil, Benarkah?

2. Perdarahan di Luar Jadwal

Keluarnya darah dari vagina di luar jadwal haid dapat menjadi gejala polip rahim. Misalnya, keluar flek-flek padahal baru selesai haid.

2 dari 4 halaman

3. Menstruasi Saat Menopause

Wanita yang sudah masuk masa menopause tidak akan haid lagi. Munculnya haid atau flek saat sebelumnya sudah tidak haid lagi selama minimal setahun (sudah menopause) perlu diwaspadai. Bisa saja itu merupakan ciri-ciri polip rahim.

4. Haid Banyak

Tanda polip rahim lainnya adalah jumlah haid yang berlebihan. Umumnya, ganti pembalut 3-4 kali sehari merupakan jumlah yang wajar dialami saat haid. Jika haid lebih banyak sehingga perlu lebih sering ganti pembalut, perlu waspada.

3 dari 4 halaman

5. Infertilitas

Polip rahim bisa menyebabkan infertilitas pada wanita. Ciri-cirinya adalah tidak juga hamil padahal sudah berhubungan intim rutin tanpa pengaman selama minimal satu tahun.

6. Post Coital Bleeding

Post coital bleeding adalah perdarahan dari vagina yang terjadi setelah berhubungan intim. Meskipun memiliki banyak kemungkinan penyebab, salah satunya adalah polip pada rahim.

Artikel Lainnya: Cara Mengatasi Kondisi Polip Rahim dengan Operasi

7. Keputihan Tidak Wajar

Walaupun jarang terjadi, polip rahim dapat mengalami peradangan atau infeksi. Jika terjadi, dapat timbul keputihan berwarna kekuningan atau lendir berwarna putih.

Banyak terdapat ciri-ciri polip rahim pada kebanyakan kasus asimtomatik. Maksudnya, tidak muncul gejala dan tidak terasa keluhan apa pun.

Adanya pengaruh hormon memang diduga menjadi penyebab polip rahim. Sebenarnya, polip rahim sendiri memang sangat sensitif dengan estrogen. Artinya, pertumbuhannya dapat dipengaruhi oleh kadar estrogen di dalam tubuh.

Jika Anda mendapati beberapa gejala polip rahim di atas, jangan ragu untuk segera memeriksakannya ke dokter.

Selain itu, menjalankan pola makan sehat dan menjaga berat badan ideal merupakan cara mencegah polip rahim yang bisa dilakukan. Bila ingin tanya lebih lanjut, konsultasi lewat LiveChat dokter.

(FR/AYU)

2 Komentar

  • Mar******efa

    Selamat siang dok,usia saya 51 thn ,mentruasi setiap bln lancar walaupun hanya sedikit² kadang hny ngeflek sy setiap thn melakukan papsmir dan hasilnya baik² aja dan menurut dr kandungan itu tanda² udh mau manopous ,cm yg sy rasakan saat ini dada dan punggung serasa panas dan nyeri apakah itu tanda² mau manopous?

  • Selamat sore dok,Apa yang harus saya lakukan,sudah hampir 3 bulan saya menstruasi, sempat berhenti 3 hari terus datang lagi, darahnya desar dan bergumpal2 besar2.Beberapa bulan yang lalu pernah juga saya menstruasi sampai 1 bulan lebih tidak henti2.saya cek keRS,hasil tidak apa2? Tapi saya takut dok