Sukses

Apa Itu Antibiotik?

Sejak 1940-an, antibiotik telah membawa perubahan besar pada pelayanan kesehatan dan penyembuhkan infeksi bakterial. Ingin tahu lebih lengkap soal antibiotik? Berikut selengkapnya.

Obat Generik Hexpharm Jaya

Klikdokter.com – Sejak ditemukan pada tahun 1927 oleh Alexander Fleming dan digunakan pertama kali pada tahun 1940-an, antibiotik telah membawa perubahan besar pada pelayanan kesehatan dan penyembuhkan infeksi bakterial. Tak heran jika antibiotik menjadi golongan obat yang paling banyak digunakan di dunia, termasuk Indonesia.

Kata “antibiotik” mengacu pada bahan alam yang dihasilkan oleh jamur dan mikroorganisme lain yang dapat membunuh bakteri. Kini, antibiotik dapat berupa bahan sintetis (tidak dihasilkan oleh mikroorganisme) yang juga membunuh atau menghambat pertumbuhan bakteri.

Meski antibiotik memiliki banyak manfaat, pemakaiannya yang tidak rasional sering kali terjadi di mana-mana. Ditandai dengan penggunaan obat yang terlalu banyak atau tidak sesuai dosis, lama konsumsi tidak tepat, peresepan obat yang tidak sesuai diagnosis, serta pengobatan sendiri dengan obat yang seharusnya menggunakan resep dokter.

Contohnya, penggunaan antibiotik di masyarakat masih tinggi untuk beberapa gejala umum seperti batuk, pilek, demam, yang bukan disebabkan oleh infeksi bakteri. Padahal, gejala tersebut mungkin diakibatkan oleh infeksi virus yang sebenarnya cukup diatasi dengan istirahat, asupan nutrisi yang baik, serta obat-obatan simptomatik untuk mengurangi gejala penyakit.

Penggunaan antibiotik yang tidak tepat tersebut pada akhirnya akan memunculkan masalah lain, yaitu resistensi antibiotik. Berikut penjelasan apa yang dimaksud resistensi antibiotik:

1 dari 2 halaman

Resistensi Antibiotik:

antibiotikResistensi terhadap antibiotik adalah perubahan kemampuan bakteri hingga menjadi kebal terhadap antibiotik. Resistensi terhadap antibiotik terjadi akibat berubahnya sifat bakteri sehingga tidak lagi dapat dimatikan atau dibunuh oleh zat tertentu.

Keampuhan obat menjadi melemah atau malah hilang. Bakteri yang resisten terhadap antibiotik tidak akan terbunuh oleh antibiotik, lalu berkembang biak dan menyebar sehingga menjadi lebih berbahaya.

Kebiasaan penulisan resep antibiotik sangat dipengaruhi oleh pendidikan, karakteristik dokter, serta aktivitas dari industri farmasi. Hal lain yang berperan adalah peraturan dan pengawasan dari pemerintah, juga kebutuhan dan harapan dari pasien atau masyarakat.  

0 Komentar

Belum ada komentar