Diet dan Nutrisi

Ragam Manfaat Bawang Putih Tunggal untuk Kesehatan, Bisa Melawan Kanker

Christovel Ramot, 22 Feb 2024

Ditinjau Oleh dr. Atika

Bawang putih tunggal bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit, seperti kanker, kolesterol, hingga jantung. Khasiat herbal ini juga bisa membantu menjaga kesehatan tulang.

Ragam Manfaat Bawang Putih Tunggal untuk Kesehatan, Bisa Melawan Kanker

Bawang putih tunggal atau bawang putih lanang adalah varian bawang putih yang terdiri dari satu siung per umbi.

Mengandung tinggi nutrisi, manfaat bawang putih tunggal untuk kesehatan sangat banyak. Mulai dari membantu menurunkan kolesterol, mencegah penyakit jantung, hingga melawan kanker.

Dilansir dari Jurnal Biosaintifika, bawang putih tunggal terbukti mengandung senyawa aktif yang lebih banyak daripada bawang putih biasa.

Dalam bawang putih umumnya mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, termasuk fosfor, kalium, serat, protein, hingga vitamin B1, vitamin B2, niacin, dan vitamin C.

Bersama dr. Atika, KlikDokter akan membahas secara singkat tentang berbagai manfaat utama dari bawang putih tunggal untuk kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bawang putih tunggal kaya akan senyawa allicin, yang memiliki sifat antioksidan kuat. Senyawa ini efektif dalam memerangi radikal bebas dan meningkatkan sistem imun tubuh. Konsumsi teratur bawang putih tunggal dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Hipertensiatau tekanan darah tinggi adalah masalah kesehatan umum. Bawang putih tunggal telah terbukti efektif dalam menurunkan tekanan darah.

Ini karena kemampuannya untuk merilekskan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah, yang pada gilirannya membantu menurunkan tekanan darah.

3. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Khasiat bawang putih tunggal terbukti dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol 'buruk') dan trigliserida di dalam tubuh, sekaligus meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol 'baik').

4. Mencegah dan Mengobati Penyakit Jantung

Manfaat bawang putih tunggal dalam menurunkan tekanan darah dan kolesterol juga membantu dalam pencegahan penyakit jantung.

Selain itu, sifat anti-inflamasi dan antioksidannya membantu mengurangi risiko aterosklerosis, kondisi dimana plak terbentuk di dalam arteri.

5. Melawan Kanker

Beberapa studi menunjukkan bahwa bawang putih tunggal dapat membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker lambung dan kanker usus besar.

Ini karena kandungan antioksidannya yang tinggi, yang dapat membantu mencegah pembentukan dan perkembangan sel kanker.

6. Mengontrol Gula Darah

Bawang putih tunggal dapat membantu dalam penanganan diabetes dengan mempengaruhi kadar gula darah.

Ia bekerja dengan meningkatkan sekresi insulin dan memperbaiki sensitivitas insulin, yang sangat penting dalam pengelolaan diabetes tipe 2.

7. Properti Anti-Inflamasi

Senyawa dalam bawang putih tunggal, seperti allicin, memiliki sifat anti-inflamasi. Ini sangat berguna dalam mengurangi peradangan dan nyeri yang terkait dengan kondisi seperti osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.

8. Mengurangi Risiko Alzheimer dan Demensia

Antioksidan dalam bawang putih tunggal dapat membantu melindungi kesehatan otak dan mengurangi risiko kondisi neurodegeneratif seperti Alzheimer dan demensia. Senyawa ini membantu dalam melawan kerusakan oksidatif dan peradangan di otak.

9. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Bawang putih tunggal juga memiliki manfaat untuk sistem pencernaan. Ia dapat membantu mencegah dan mengobati masalah pencernaan seperti sembelit dan bloating, serta meningkatkan kesehatan flora usus.

10. Kesehatan Tulang

Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih tunggal dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang dengan meningkatkan kadar estrogen pada wanita, yang dapat membantu mengurangi risiko osteoporosis.

Selain itu, kandungan mineral seperti kalsium dan fosfor dalam bawang putih tunggal juga mendukung kesehatan tulang.

Bawang putih tunggal tidak hanya menambahkan rasa pada makanan, tetapi juga membawa sejumlah manfaat kesehatan yang penting.

Dari meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga mengurangi risiko penyakit kronis, walau pembuktian tersebut masih membutuhkan penelitian lebih lanjut namun saat ini bawang putih tunggal adalah superfood yang patut diperhitungkan. 

Namun, bila Kamu mengalami beberapa keluhan penyakit yang disebutkan di atas, kami tetap anjurkan untuk melakukan pengecekan dan pengobatan dari dokter terlebih dahulu ya.

Jika ada yang ingin ditanyakan amandel, Kamu bisa menggunakan fitur Tanya Dokter atau Temu Dokter untuk  buat janji dengan Dokter.

Jangan lupa untuk #JagaSehatmu selalu dengan rutin cek kesehatan Kamu dan keluarga. Pesan layanan medis & lab bisa dilakukan secara online.

Jika ingin membeli suplemen dan vitamin, Kamu bisa beli dengan mudah tanpa harus keluar rumah!. Yuk, download aplikasi KlikDokter di Google Play dan App Store sekarang juga!

Konsultasi Dokter Terkait