HomeIbu Dan anakKehamilanSegudang Manfaat Buah Tomat untuk Ibu Hamil
Kehamilan

Segudang Manfaat Buah Tomat untuk Ibu Hamil

Endah Murniaseh, 21 Okt 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Selain murah dan mudah didapat, tomat bisa memberikan banyak manfaat sehat untuk ibu hamil. Ketahui apa saja manfaat tomat untuk ibu hamil lewat fakta medis berikut ini!

Segudang Manfaat Buah Tomat untuk Ibu Hamil

Anda pasti sudah tidak asing dengan tomat. Buah berwarna kemerahan ini sering dijadikan sebagai campuran masakan, juga diolah sebagai jus yang menyegarkan.

Faktanya, tomat adalah buah yang mengandung vitamin C dan K, folat, serta kalsium. Buah ini pun memiliki kandungan lycopene, beta-carotene, naringenin, dan chlorogenic Acid

Kombinasi nutrisi yang ada di dalam tomat membuatnya bisa memberikan banyak manfaat kesehatan, tak terkecuali untuk ibu hamil.

Berikut ini beberapa manfaat tomat untuk ibu hamil yang sayang untuk dilewatkan begitu saja:

1. Meningkatkan Imunitas

Kandungan vitamin dan lycopene di dalam tomat membuat buah tersebut dapat berperan melawan dampak buruk radikal bebas pada tubuh ibu hamil.

Dengan kata lain, mengonsumsi tomat dalam jumlah yang tepat selama kehamilan bisa membuat ibu hamil terhindar dari risiko penyakit. Selain itu, tomat juga bisa mengoptimalkan perbaikan jaringan pada tubuh setelah melahirkan.

 

2. Mengurangi Risiko Perdarahan

Tomat yang dikeringkan di bawah sinar matahari memiliki kandungan vitamin K, yang dapat mengurangi risiko perdarahan saat persalinan.

3. Baik untuk Pencernaan

Tomat termasuk buah yang mengandung serat tinggi. Hal tersebut membuat buah yang identik dengan warna merah ini bermanfaat untuk menyehatkan sistem pencernaan ibu hamil sehingga terhindar dari konstipasi atau sembelit.

4. Mencegah Deformitas Bawaan

Lycopene yang ada di dalam tomat merupakan antioksidan kuat yang bisa bermanfaat untuk menurunkan risiko kerusakan sel. Senyawa tersebut pun bisa memperkecil risiko kelainan bentuk bawaan pada bayi.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat tomat untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh. 

Hal tersebut membuat ibu hamil terhindar dari risiko penyakit pembuluh darah (kardiovaskular).

Artikel Lainnya: Manfaat Buah Persik untuk Ibu Hamil

6. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Sifat antioksidan yang kuat pada buah tomat membuatnya mampu ‘membersihkan’ darah dari senyawa yang merugikan. 

Sifat tomat tersebut dapat pula mengoptimalkan sirkulasi darah ke seluruh bagian tubuh.

7. Menurunkan Risiko Kanker

Lycopene diduga bisa berperan dalam melawan pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. 

Tidak heran, beberapa anggapan menyebut bahwa konsumsi tomat secara teratur selama kehamilan bisa menurunkan risiko kanker serviks dan kanker dubur.

8. Menyehatkan Janin

Kandungan vitamin C yang tinggi pada tomat dapat membantu pembentukan kulit, tulang, gusi, dan gigi janin. 

Kandungan folat pada tomat juga dianggap bisa menurunkan risiko cacat pada otak, tulang belakang, dan sumsum belakang janin ketika dilahirkan nanti.

9. Antiseptik Alami

Tomat merupakan buah yang dapat berperan sebagai agen antiseptik. Hal ini membuatnya mampu melawan kuman dan melindungi ibu hamil dari risiko infeksi. 

Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, kandungan antiseptik pada tomat dipengaruhi oleh vitamin C dan antioksidan di dalamnya. 

“Tomat kaya akan vitamin C dan antioksidan lainnya. Hal ini membuatnya memiliki potensi antiradang dan mencegah terjadinya infeksi,” ujar dr. Astrid.

10. Menurunkan Risiko Preeklampsia

Tomat juga mengandung potasium, yang disebut mampu mengurangi tekanan pada jantung untuk memompa darah. Hal ini dihubungkan dengan risiko hipertensi yang lebih rendah pada ibu hamil.

Dengan terhindar dari hipertensi, risiko ibu hamil untuk mengalami preeklampsia juga bisa lebih minim.

Artikel Lainnya: Manfaat Buah Srikaya untuk Ibu Hamil

11. Meningkatkan Energi

Manfaat buah tomat untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah dapat meningkatkan energi. Hal ini karena tomat mengandung karbohidrat, meski kadarnya tak begitu banyak.

12. Menurunkan Risiko Dehidrasi

Kandungan air yang tinggi pada tomat membuatnya bisa membantu ibu hamil mencukupi kebutuhan cairan sehari-hari. Hal ini turut menurunkan risiko dehidrasi atau kekurangan cairan pada ibu hamil.

Tertarik dengan segudang khasiat tomat untuk ibu hamil? Jika ya, pastikan untuk tetap memperhatikan porsi saat mengonumsinya.

Pasalnya, konsumsi tomat berlebih selama kehamilan berpotensi menyebabkan mag, refluks asam lambung, gangguan kandung kemih dan ginjal, serta sakit kepala sebelah atau migrain.

Selain itu, agar tak mengalami efek samping konsumsi tomat selama kehamilan, pastikan pula untuk memperhatikan hal-hal berikut ini:

  • Pilihlah tomat yang dibungkus pada wadah terbuka daripada dalam kemasan kotak.
  • Pilih tomat yang berbentuk bulat, berwarna merah cerah, dan telah matang. Tomat matang akan mengeluarkan aroma yang kuat saat dipotong. 
  • Hindari membeli tomat yang telah memar ataupun bernoda.

Ingin sepenuhnya menikmati khasiat tomat untuk kehamilan tanpa perlu khawatir dengan kemungkinan efek sampingnya? 

Jika demikian, ibu hamil sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter melalui Tanya Dokter atau aplikasi Klikdokter sebelum mengonsumsi buah berwarna kemerahan tersebut.

(NB/AYU)

NutrisiKehamilan

Konsultasi Dokter Terkait