Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Bagaimana Cara Mengatasi Libido Seks yang Terlalu Tinggi?

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Bagaimana Cara Mengatasi Libido Seks yang Terlalu Tinggi?

Libido seks terlalu tinggi bisa menjadi masalah serius bagi banyak orang. Lantas, bagaimana cara mengatasi hal ini?

Klikdokter.com, Jakarta Libido adalah istilah yang dipakai untuk menggambarkan dorongan atau keinginan untuk melakukan aktivitas seksual. Libido sendiri dimiliki oleh semua orang, baik laki-laki ataupun perempuan. Di sisi lain, ada orang yang punya libido seks terlalu tinggi, rendah, atau biasa saja. Bagaimana dengan libido yang terlalu tinggi? Adakah cara untuk mengatasinya?

Libido seks terlalu tinggi dan gejalanya

Dinukil dari News Medical Net, pada pria dan wanita, libido secara langsung terkait dengan hormon androgen (atau biasa disebut hormon laki-laki), yaitu testosteron. Karena pria memiliki testosteron kira-kira 40 kali lebih banyak daripada wanita, mereka dianggap memiliki dorongan seksual yang lebih kuat.

Peningkatan hasrat seksual adalah hal yang normal bagi orang muda yang mengalami lonjakan hormonal. Pada orang yang sudah berusia lebih tua, sejumlah faktor lain dapat memengaruhi gairah seks Anda. Misalnya, kondisi kesehatan tertentu ataupun dampak obat-obatan.

Hal ini dapat mencakup hasil pengobatan Parkinson, beberapa cedera otak, mania, ketidakseimbangan hormon, dan tiroid yang terlalu aktif. Jika Anda mengalami perubahan libido yang tidak dapat dijelaskan, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Menurut dr. Arina Heidyana dari KlikDokter, "Seseorang yang memiliki libido seks yang tinggi biasanya tidak pernah merasa puas walaupun sudah melakukan hubungan seks berulang kali."

Dilansir dari Net Doctor, beberapa tanda seseorang alami libido tinggi adalah:

  • Anda tidak bisa mencapai kepuasan seksual, tak peduli seberapa banyak seks atau masturbasi yang Anda lakukan.
  • Anda secara teratur mengorbankan waktu kerja, sosial atau tidur untuk demi kehidupan seksual Anda.
  • Alat kelamin terasa sakit akibat akibat kehidupan seksual yang berlebihan atau masturbasi.
  • Tidak adanya keterikatan ketika melakukan hubungan intim, sehingga tidak mampu memberi kepuasan emosional.
  • Tidak mampu menghormati batasan yang diterapkan oleh orang yang menjadi objek dorongan seksualnya.

Dokter Arina menyarankan, itulah sebabnya, libido yang terlalu tinggi perlu dikontrol dengan berbagai cara yang aman agar tidak mengganggu kenyamanan Anda dan pasangan.

Cara mengatasi libido seks terlalu tinggi

Seperti disinggung sebelumnya, libido seks terlalu tinggi bisa menjadi masalah yang serius. Kalau sudah begitu, seperti disarankan dr. Arina, beberapa hal di bawah ini dapat membantu untuk mengatasinya:

1. Berolahraga

Olahraga dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi dorongan seks yang berlebihan. Dengan berolahraga, perhatian Anda dapat teralihkan kepada hal yang lebih positif. Berolahraga juga bermanfaat untuk mengalihkan energi “berlebih” Anda ke hal-hal lain. 

2. Hindari rangsangan seksual

"Libido seks yang tinggi biasanya dipicu dengan rangsangan. Jadi hindari segala yang membuat libido Anda meningkat," ujar dr. Arina.

Misalnya, jika terjebak di dalam situasi berduaan saja, hindari aktivitas petting (berhubungan seksual tanpa buka baju). Ciuman-ciuman kecil yang bergulir menjadi ciuman penuh gairah justru merupakan proses stimulasi alias “pemanasan” ke arah hubungan seks.

3. Hindari masturbasi

"Jika sering melakukan masturbasi maka itu akan meningkatkan libido seks. Oleh karena itu, hindari melakukan masturbasi," ungkap dr. Arina.

4. Cari hobi atau kesibukan lain sehingga pikiran Anda dapat teralihkan

Melakukan hobi berfungsi mirip seperti berolahraga. Hobi yang Anda lakukan—tentunya yang positif—dapat membantu pikiran Anda teralihkan dari masalah seksual. 

Libido seks terlalu tinggi bisa menjadi masalah bagi seseorang dan pasangannya. Nah, empat tips di atas dapat membantu Anda untuk mengatasinya. Akan tetapi, apabila setelah melakukan hal-hal di atas libido masih juga tinggi, segera konsultasikan langsung dengan dokter.

[HNS/RPA]

0 Komentar

Belum ada komentar