Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeGaya hidupSeks15 Manfaat Orgasme pada Wanita
Seks

15 Manfaat Orgasme pada Wanita

Christovel Ramot, 19 Jan 2024

Ditinjau oleh dr. Dyah Novita Anggraini

Icon ShareBagikan
Icon Like

Orgasme puncak kenikmatan seksual memiliki dampak positif bagi kesehatan.

15 Manfaat Orgasme pada Wanita

Orgasme adalah puncak kenikmatan seksual yang dialami oleh banyak wanita dan pria. Ini adalah pengalaman fisik dan emosional yang unik, yang seringkali diikuti oleh perasaan kepuasan dan relaksasi.

Namun, selain menjadi aspek integral dari kehidupan seksual, orgasme juga memiliki dampak positif pada kesehatan wanita secara keseluruhan.

Bersama dr. Dyah Novita Anggraini dan tim redaksi KlikDokter, melalui artikel ini, kita akan mengeksplorasi 15 manfaat orgasme pada wanita, mulai dari kesejahteraan mental hingga kesehatan fisik, dan pentingnya memahami kontribusinya dalam konteks kesehatan wanita.

1.Peningkatan Kesehatan Mental

Orgasme dapat mengurangi stres dan kecemasan. Saat mencapai orgasme, tubuh melepaskan endorfin yang menghasilkan perasaan relaksasi dan kebahagiaan.

Studi menunjukkan bahwa aktivitas seksual yang memicu orgasme dapat membantu mengatasi tekanan psikologis dan meningkatkan kesehatan mental.

2. Perbaikan Kualitas Tidur 

Orgasme dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas tidur. Ketika orgasme terjadi, neurotransmiter seperti serotonin dan oksitosin dilepaskan, hormon - hormon tersebut menurunkan kadar stres dan kecemasan yang sering menjadi penyebab gangguan tidur.

3. Pengurangan Nyeri

Orgasme memiliki efek analgesik yang dapat membantu mengurangi nyeri, termasuk nyeri menstruasi.

Pelepasan endorfin selama orgasme bertindak sebagai penghilang rasa sakit alami, dan kontraksi otot selama orgasme dapat membantu mengurangi kram menstruasi.

4. Manfaat Kardiovaskular

Orgasme dapat memberikan kontribusi positif pada kesehatan jantung. Aktivitas seksual yang sehat meningkatkan aliran darah, menjaga elastisitas pembuluh darah, dan mengurangi tekanan darah.

Studi juga menunjukkan bahwa orgasme teratur dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

5. Peningkatan Imunitas

Orgasme dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh melalui pelepasan hormon oksitosin yang meredakan peradangan dan meningkatkan respons imun.

Penelitian juga mendukung bahwa aktivitas seksual yang sehat dapat meningkatkan produksi antibodi.

6. Perbaikan Kesehatan Kulit

Orgasme dapat memiliki dampak positif pada penampilan kulit karena meningkatkan sirkulasi darah ke kulit, memberikan nutrisi tambahan, dan membantu menghilangkan toksin.

Pelepasan oksitosin selama orgasme juga dapat memberikan efek anti-penuaan pada kulit.

7. Meningkatkan Keintiman dalam Hubungan

Orgasme dapat memperkuat ikatan emosional dan keintiman dalam hubungan karena pelepasan oksitosin meningkatkan rasa kebersamaan dan koneksi antara pasangan.

8. Penguatan Otot Panggul

Melakukan latihan kegel selama orgasme dapat membantu menguatkan otot panggul, yang penting untuk kesehatan reproduksi dan fungsi seksual wanita.

9. Pengaturan Siklus Menstruasi

Pengaruh orgasme terhadap regularitas dan intensitas menstruasi masih menjadi area penelitian, tetapi beberapa wanita melaporkan pengalaman siklus yang lebih teratur setelah rutin mengalami orgasme.

10. Meningkatkan Libido

Orgasme dapat meningkatkan dorongan seksual melalui pelepasan hormon yang merangsang gairah seksual, seperti testosteron.

11. Pengurangan Risiko Penyakit Kronis

Kehidupan seksual yang aktif, termasuk orgasme, dapat berhubungan dengan pengurangan risiko penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit jantung. Studi lebih lanjut diperlukan untuk memahami hubungan ini secara lebih mendalam.

12. Meningkatkan Kesuburan

Orgasme dapat membantu dalam proses konsepsi dengan meningkatkan aliran sperma ke rahim melalui kontraksi otot selama orgasme.

13. Mengurangi Risiko Kanker

Penelitian menunjukkan bahwa orgasme teratur dapat mengurangi risiko kanker payudara dan kanker ovarium.

14. Meningkatkan Persepsi Diri

Orgasme dapat meningkatkan kepercayaan diri dan persepsi tubuh melalui perasaan kepuasan dan kebahagiaan pribadi.

15. Peningkatan Umur Panjang

Studi menunjukkan bahwa kehidupan seksual yang sehat dapat berkontribusi pada umur panjang melalui pengurangan stres dan peningkatan kesehatan jantung.

Orgasme memang memiliki berbagai manfaat yang signifikan bagi kesehatan wanita, baik dari segi fisik maupun mental.

Memahami dan mengapresiasi manfaat ini dapat membantu wanita dalam menjalani kehidupan yang lebih sehat dan bahagia.

Namun, penting juga untuk diingat bahwa orgasme adalah pengalaman yang sangat individual dan tidak semua orang akan mengalami manfaat yang sama. Dan juga kehidupan seksual seharusnya dilakukan dengan penuh tanggung jawab dan memahami aspek kesehatan.

Bila punya pertanyaan lain seputar orgasme, jangan ragu untuk konsultasi dengan dokter lewat layanan Tanya Dokter dan Temu Dokter di aplikasi KlikDokter, ya! #JagaSehatmu selalu.

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter