HomePsikologiKesehatan MentalTips Bebas Stres Saat ART Mudik
Kesehatan Mental

Tips Bebas Stres Saat ART Mudik

dr. Muhammad Isman S, 01 Apr 2024

Ditinjau oleh Tim Medis KlikDokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Lelah dan kewalahan akibat pekerjaan rumah tangga menumpuk karena ART mudik? Simak tips berikut agar Anda terhindar dari stres.

Tips Bebas Stres Saat ART Mudik

Biasanya asisten rumah tangga (ART) mudik beberapa hari sebelum Lebaran. Tanpa kehadiran ART, sering kali mengerjakan pekerjaan rumah tangga sehari-hari jadi terasa berat dan melelahkan. Meski demikian, bukan berarti tugas-tugas tersebut bisa diabaikan begitu saja, bukan? 

Lalu, apa saja tips yang dapat diterapkan agar pekerjaan rumah tangga bisa dilakukan dengan lebih efisien dan tidak membuat stres? Simak selengkapnya di sini. 

1. Membagi Tugas Antar Anggota Keluarga

Membagi Tugas Antar Anggota Keluarga

Dengan membagi tugas, pekerjaan rumah tangga tentu akan semakin cepat selesai. Misalnya, ayah bertugas membersihkan tempat tidur dan kamar, ibu bertugas mempersiapkan makan siang, kakak bertugas membersihkan halaman, dan adik bertugas merapikan ruang keluarga.

Setelahnya, yang sudah selesai dapat membantu anggota keluarga lainnya. Selain menjadi lebih cepat selesai, berbagi tugas dan melakukan pekerjaan rumah tangga bersama-sama juga bisa mempererat hubungan antar anggota keluarga.

Artikel lainnya: 6 Tips Cegah Anak Rewel dalam Perjalanan Mudik

2. Tidak Menunda Pekerjaan

Salah satu hal efisien yang penting untuk diterapkan adalah menghindari menunda pekerjaan rumah tangga. Contoh, biasakan untuk langsung mencuci piring setelah makan siang atau malam.

Membiarkan piring menumpuk tidak tercuci selama berhari-hari akan membuat Kamu merasa semakin malas untuk membersihkannya di kemudian hari. Selain itu, piring kotor yang menumpuk juga bisa menimbulkan aroma tidak sedap.

3. Menggunakan Alat Bantu yang Sesuai

Untuk mencegah stres saat ART mudik, cara ini dapat Kamu lakukan. Kamu bisa menggunakan alat bantu yang sesuai dengan kondisi rumah. 

Misalnya, rumah dengan lantai yang banyak dilapisi karpet akan membutuhkan mesin penyedot debu. Atau, rumah dengan penghuni yang banyak akan membutuhkan mesin cuci untuk mempercepat dan mempermudah tugas mencuci pakaian.

Dengan menggunakan alat bantu ini, pekerjaan rumah secara otomatis akan menjadi semakin mudah dan cepat untuk dikerjakan dan diselesaikan.

Artikel lainnya: Obat yang Wajib Dibawa Saat Mudik Lebaran

4. Membuat Pekerjaan Rumah Jadi Menyenangkan

Melakukan pekerjaan rumah tangga dengan selingan hal-hal yang menyenangkan dapat membuat Kamu lebih efisien dalam bekerja, serta tentunya mencegah stres.

Kamu dapat memutar musik favorit saat memasak dan mempersiapkan makanan, atau menonton acara televisi yang Kamu sukai saat membersihkan kamar.

Dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan, pekerjaan rumah tangga tidak akan terasa berat, sehingga tanpa sadar, semuanya pun akan lebih cepat selesai.

5. Mencicil Pekerjaan

Menyelesaikan pekerjaan rumah tangga tanpa bantuan ART akan membutuhkan waktu yang lebih lama, dan kadang bikin stres.

Agar tidak terlalu kewalahan oleh tugas yang menumpuk selama hari-hari tanpa ART yang sedang mudik, Kamu harus mencicilnya dengan mengerjakannya sedikit demi sedikit.

6. Membuat Makanan yang Praktis

Salah satu kegiatan rumah tangga yang cukup menyita waktu adalah memasak. Nah, selama ART mudik, maka Kamu sebaiknya membuat makanan yang simpel dan praktis. 

Ada begitu banyak makanan instan yang bisa jadi pilihan Kamu. Jika Kamu masih tidak ingin repot, maka Kamu dapat membeli makanan secara online.

Artikel lainnya: Pemeriksaan Kesehatan yang Perlu Dilakukan Sebelum Mudik

7. Menggunakan Jasa Laundry

Menggunakan Jasa Laundry

Selain memasak, mencuci pakaian adalah pekerjaan cukup berat di dalam rumah tangga. Belum lagi harus disetrika ketika sudah kering.

Jika Kamu cukup sulit melakukannya, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan jasa laundry. Kamu bisa memilih hanya me-laundry pakaian yang Kamu gunakan keluar rumah atau ke kantor saja, karena biasanya pakaian tersebut harus disetrika.

8. Beristirahat Cukup dan Berkumpul bersama Keluarga

Setelah bersama-sama mengerjakan tugas-tugas rumah, jangan lupa untuk istirahat dan berkumpul bersama keluarga guna melepas lelah dan stres.

Dengarkah keluh kesah atau keceriaan anak-anak Kamu tentang pekerjaan rumah yang baru saja diselesaikannya. Momen tersebut bisa sekaligus Kamu pakai sebagai cara mengedukasi anak tentang pentingnya mandiri, dan tidak selalu bergantung kepada ART.

Di saat ART mudik, melakukan pekerjaan rumah tangga sendiri memang akan membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih dari biasanya

9. Membuat Menu Berbuka dan Sahur Bersama Keluarga

Membuat Menu Berbuka dan Sahur Bersama Keluarga

Buatlah hal menyenangkan di rumah dengan merencanakan dan membuat menu berbuka serta sahur. Kamu bisa memasak makanan yang lezat dan bergizi seperti menyajikan hidangan makanan favorit anggota keluarga secara bergantian.

Ide menu berbuka yang bisa Kamu lakukan seperti berbuka dengan air zamzam atau air putih disertai dengan tiga butir kurma.

10. Buatlah Jadwal

TAnpa kehadiran asisten rumah tangga, penting untuk membuat jadwal kegiatan yang teratur untuk menjaga keteraturan dan efisiensi dalam rumah tangga. Pagi hari dimulai dengan membersihkan dan merapikan rumah, dan mencuci piring.

Hal yang Kamu lakukan di siang hari yaitu mencuci pakaian, dan menyelesaikan pekerjaan rumah yang lainnya. Sore hari Kamu bisa berburu takjil dan membuat menu lain untuk berbuka puasa.

11. Gunakan Jasa ART Infal

Jika tidak memiliki waktu yang banyak Kamu juga bisa gunakan jasa asisten rumah tangga harian. Jika Kamu ingin menggunakan jasa ART infal maka Kamu harus mempersiapkan uang sebesar Rp 500.000- Rp1.500.000 per hari.

Jika Kamu tidak pandai mengaturnya, maka bisa berpotensi menimbulkan stres. Akan tetapi, dengan melakukan tips yang sudah dijabarkan di atas, Kamu dapat tetap menyelesaikan pekerjaan rumah tangga dengan efektif serta efisien.

Kamu bisa kosultasi dengan dokter menggunakan fitur tanya dokter dan buat janji dokter dengan layanan temu dokter untuk konsultasi yang lebih praktis.

Kamu bisa mendapatkan pemeriksaan kesehatan di fasilitas kesehatan terdekat, dengan cara booking di layanan medis & lab di KlikDokter!

Yuk, #JagaSehatmu aat mudik dengan mengunduh aplikasi KlikDokter di Google Play dan App Store dan gunakan juga KALStore untuk beli suplemen dan vitamin untuk menjaga kesehatan Kamu.

[RS]

StresMudikLebarankesehatan mental

Konsultasi Dokter Terkait