Sukses

Benarkah Kolang-kaling Efektif Atasi Asam Urat?

Banyak rumor yang mengatakan bahwa kolang-kaling mampu mengobati penyakit asam urat. Bagaimana fakta medisnya?

Klikdokter.com, Jakarta Asam urat menjadi penyakit yang sering hadir tanpa disadari. Ketika kambuh, penyakit ini mengakibatkan keluhan yang mengganggu. Bahkan terkadang hingga menganggu aktivitas dan menurunkan kualitas hidup penderitanya.

Asam urat atau gout adalah penyakit yang biasanya menyerang pria dewasa hingga paruh baya. Penyakit ini memberikan keluhan berupa jempol kaki yang merah, bengkak, nyeri, dan panas seperti terbakar. Asam urat umumnya menyerang tiba-tiba di malam atau pagi hari ketika bangun tidur.

Meski umumnya menyerang pria, asam urat juga dapat terjadi pada wanita. Keluhannya pun tak sebatas nyeri pada jempol kaki, melainkan bisa menjalar hingga pergelangan kaki dan tangan, jari-jari tangan, siku, dan sendi lainnya.

Penyebab penyakit asam urat

Penyakit asam urat dapat muncul ketika kadar asam urat di dalam tubuh berlebihan. Hal tersebut menyebabkan terjadinya pembentukan kristal gout atau kristal urat. Kristal ini nantinya dapat menumpuk di sendi-sendi, terutama sendi jempol kaki. Penumpukan kristal gout di sendi selanjutnya menyebabkan terjadinya peradangan dan berbagai gejala yang telah diuraikan di atas.

Dari mana asam urat berasal? Asam urat terbentuk dari pemecahan purin. Zat ini adalah bahan yang diperlukan untuk membentuk materi genetik (DNA) manusia. Purin banyak terdapat pada makanan yang dikonsumsi, terutama jeroan (otak, limpa, hati, usus), daging merah, seafood, sayur-sayuran seperti brokoli, taoge, jamur, kacang-kacangan, kol, kembang kol, dan bayam. Di samping itu, minuman beralkohol dan minuman manis juga memiliki kandungan purin yang cukup tinggi.

Sebenarnya, asam urat dapat dikeluarkan dari tubuh oleh ginjal ke dalam urine. Namun apabila produksi dan asupan asam urat sangat berlebihan, kerja ginjal akan mengalami gangguan. Keadaan ini juga bisa terjadi bila Anda mengonsumsi obat-obatan tertentu dalam jangka waktu lama.

Anda harus berhati-hati apabila ada anggota keluarga yang menderita gout. Hal ini karena penyakit tersebut bisa diwariskan ke Anda.

Kolang-kaling dan asam urat

Kolang-kaling disebut juga buah atap atau buah aren. Buahnya berbentuk lonjong sebesar uang logam, berwarna putih transparan dan bertekstur kenyal. Kolang-kaling dapat dengan mudah ditemukan di pasar tradisional maupun supermarket.

Kolang-kaling mengandung beberapa nutrisi, seperti karbohidrat, zat besi, kalsium, serat, dan fosfor. Walau demikian, tidak ada zat yang terkandung dalam kolang-kaling yang dapat membantu menyembuhkan asam urat. Ini berarti, anggapan yang menyebut bahwa kolang-kaling dapat mengobati asam urat hanyalah isapan jempol belaka.

Cara mengatasi asam urat yang tepat

Apabila Anda menderita penyakit asam urat, jangan ragu untuk segera berobat. Dokter akan memberikan obat untuk meredakan peradangan, bengkak, dan nyeri yang ditimbulkan oleh penyakit tersebut.

Setelah reda, dokter selanjutnya akan memberikan obat untuk menurunkan asam urat di dalam darah. Anda tidak bisa langsung mengonsumsi obat penurun asam urat pada saat terjadi serangan, karena hal tersebut malah dapat memperparah kondisi yang sedang terjadi.

Jadi, kolang-kaling terbukti tidak dapat membantu mengatasi penyakit asam urat. Namun, tak ada salahnya bila Anda ingin mengonsumsi makanan yang satu ini. Asalkan selalu memperhatikan porsi yang dikonsumsi, dan mengombinasikannya dengan gaya hidup sehat.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar