HomeInfo SehatKesehatan UmumPotensi Buah Kolang-kaling untuk Kesehatan Tulang dan Sendi
Kesehatan Umum

Potensi Buah Kolang-kaling untuk Kesehatan Tulang dan Sendi

dr. Valda Garcia, 15 Mar 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Di balik rasanya yang enak dan menyegarkan, ternyata kolang-kaling memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tulang dan sendi.

Potensi Buah Kolang-kaling untuk Kesehatan Tulang dan Sendi

Kolang-kaling, yang juga dikenal sebagai buah atep, adalah produk olahan dari pohon aren atau enau (Arenga pinnata). 

Buah yang banyak ditemukan di daerah Asia Tenggara dan Selatan ini diperoleh dari buah aren setengah matang yang kemudian dibakar atau direbus.

Buah aren yang akan diolah menjadi kolang-kaling tidak boleh terlalu tua atau terlalu muda. Hal tersebut akan memengaruhi kualitas kolang-kaling yang dihasilkan. 

Jika terlalu tua, tekstur kolang-kaling menjadi keras dan bila terlalu muda teksturnya akan semakin lunak sehingga sulit untuk diolah lebih lanjut.

Tak hanya enak dan menyegarkan, kolang-kaling juga menyimpan sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh. Bahkan katanya, kolang-kaling bagus untuk kesehatan tulang dan sendi. Benarkah demikian? 

Kandungan Kolang-kaling yang Bermanfaat untuk Tulang dan Sendi

Kolang-kaling memiliki kandungan zat gizi yang beragam. Salah satu yang paling dominan adalah karbohidrat, dalam bentuk galaktomanan. 

Galaktomanan diketahui memiliki fungsi sebagai antinyeri dan antiradang untuk penyakit sendi.

Artikel lainnya: Manfaat Makan Kolang-Kaling Saat Hamil 

Selain galaktomanan, tidak banyak yang tahu kalau buah yang berbentuk lonjong, berwarna putih pucat transparan, dan bertekstur kenyal ini juga sangat kaya kandungan fosfor dan kalsium. 

Fosfor dan kalsium dikenal sebagai zat yang sangat baik untuk kesehatan gigi, tulang, dan sendi.

Karena itulah, kolang-kaling bisa menjadi salah satu asupan yang bagus untuk tulang maupun sendi Anda.

Sebagai perbandingan, jumlah kalsium dalam 100 gram kolang-kaling ialah 91 mg, sedangkan dalam susu murni 125 mg. 

Oleh sebab itu, kolang-kaling bisa menjadi salah satu alternatif sumber kalsium bagi mereka yang tidak menyukai atau alergi susu.

Manfaat kolang-kaling tak hanya untuk tulang dan lutut. Kolang-kaling yang juga kaya akan serat bisa menjadi alternatif makanan sehat bagi pasien diabetes dan melancarkan buang air besar bagi yang sembelit.

Artikel lainnya: Bolehkah Makan Buah dan Susu Bersamaan? Ini Kata Medis

Tips Konsumsi Kolang-kaling untuk Perkuat Tulang dan Sendi

Potensi manfaat kolang-kaling untuk kesehatan bisa terus dioptimalkan. Namun tentu saja, diperlukan studi lebih lanjut atas hal ini. 

Dan bagi Anda yang memiliki masalah kesehatan, terutama kesehatan tulang dan sendi, tak ada salahnya untuk memanfaatkan kolang-kaling.

Sebenarnya, tidak ada panduan jumlah khusus kolang-kaling yang harus dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi. 

Anda dapat menggunakan kolang-kaling sebagai pelengkap sajian makanan penutup, dan bisa dalam bentuk manisan. 

Namun, pastikan Anda tetap menerapkan gizi seimbang agar kebutuhan nutrisi (baik makronutrien dan mikronutrien) dapat terpenuhi dengan baik.

Itulah penjelasan seputar manfaat kolang-kaling untuk tulang dan sendi. Kandungan nutrisi yang beragam di dalamnya, seperti karbohidrat, serat, dan lainnya, membuat asupan ini baik untuk tulang sekaligus sendi Anda.

Apabila Anda ingin bertanya seputar keluhan pada tulang dan sendi atau masalah kesehatan lainnya, manfaatkan fitur Live Chat untuk berkonsultasi langsung.

[RS]

buahkolang kaling

Konsultasi Dokter Terkait