HomeGaya hidupDiet dan NutrisiBolehkah Makan Buah dan Susu Bersamaan? Ini Kata Medis
Diet dan Nutrisi

Bolehkah Makan Buah dan Susu Bersamaan? Ini Kata Medis

dr. Valda Garcia, 26 Sep 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Buah-buahan dan susu punya banyak manfaat untuk kesehatan. Nah, kalau makan buah dan susu bersamaan, apakah manfaatnya akan ganda atau justru berefek buruk? Ini faktanya!

Bolehkah Makan Buah dan Susu Bersamaan? Ini Kata Medis

Salah satu kunci agar terhindar dari berbagai penyakit adalah pola makan sehat. Kamu perlu memperhatikan asupan yang dikonsumsi, agar seluruh fungsi tubuh tetap terjaga dengan baik.

Makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi sehari-hari adalah buah dan susu. Keduanya memiliki banyak sekali manfaat, dan tak jarang dikonsumsi bersamaan. 

Pertanyaannya, bolehkah mengonsumsi buah campur susu? Apakah manfaatnya menjadi ganda atau justru berefek buruk?

Menilik Manfaat Konsumsi Buah dan Susu Bersamaan

Ilustrasi Susu Pisang

Konon katanya, buah dan susu tidak boleh dicampur karena dapat mengurangi daya cerna dari buah. Hal ini kemudian mengurangi kandungan gizi yang didapat oleh tubuh. Apakah ini benar?

Sayangnya, itu adalah mitos belaka. Dengan kata lain, tidak ada yang salah dengan mengonsumsi buah dan susu bersamaan.

Sebuah penelitian tahun 2017 yang dimuat di American Journal of Epidemiology tidak menemukan hubungan yang jelas antara makan buah dan susu bersamaan dengan risiko penyakit di masa mendatang.

Artikel Lainnya: Mitos dan Fakta Tentang Susu UHT

Selain itu, sebuah penelitian lain terhadap sekelompok wanita di Swedia mendapati bahwa konsumsi buah campur susu tidak berhubungan dengan angka peningkatan kasus patah tulang panggul (hip fractures). 

Nyatanya, konsumsi buah campur susu justru dapat mendatangkan manfaat apabila dilakukan dengan tepat. Beberapa manfaat yang dimaksud, antara lain:

1. Sumber Energi

Kalori yang terkandung dalam buah dan susu cukup untuk menjadi sumber energi bagi tubuhmu. Susu juga merupakan sumber protein, yang merupakan zat pembangun tubuh dan bahan bakar untuk metabolisme.

Buah akan melengkapi manfaat tersebut dengan kandungan mikronutrien, yang juga penting untuk berbagai proses metabolisme tubuh.

2. Kenyang Lebih Lama

Makan buah campur susu akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Hal ini berkat energi yang diperoleh dari keduanya, serta kandungan serat dalam buah.

Dengan merasa kenyang lebih lama, kamu tidak akan cepat lapar sehingga terhindar dari keinginan untuk makan camilan yang cenderung tidak sehat.

3. Sebagai Camilan Sehat

Buah dan susu dapat dijadikan sebagai alternatif camilan sehat, yang dikonsumsi di antara waktu sarapan dan makan siang.

Kamu dapat mengombinasikan buah favorit dengan susu. Dengan variasi yang beragam, camilan sehat ini tidak akan terasa membosankan.

Artikel Lainnya: Penasaran, Lebih Sehat Susu Pisang atau Susu Tawar? Ini Faktanya!

4. Bantu Menurunkan Berat Badan

Bagi kamu yang sedang berjuang menurunkan atau menjaga berat badan, konsumsi buah campur susu dapat menjadi pilihan menu camilan yang tepat.

Susu yang kaya protein dan buah yang tinggi serat akan membantumu dalam program penurunan berat badan, khususnya jika dikombinasikan dengan olahraga teratur.

Adakah waktu terbaik untuk konsumsi buah campur susu? Pada dasarnya, baik buah dan susu boleh dikonsumsi kapan saja kamu inginkan. 

Kendati demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, khususnya jika kamu memiliki masalah intoleransi laktosa.

Orang-orang dengan intoleransi laktosa sebaiknya membatasi konsumsi susu untuk mengurangi gejala perut kembung, diare, dan gangguan pencernaan lain. 

Sebagai alternatif, kamu dapat mengonsumsi plant based milk, seperti susu kedelai, susu almond, dan susu oat. 

Jangan lupa perhatikan porsinya. Meski menyehatkan, kamu tetap harus membatasi konsumsi susu dan buah. Jika berlebihan, manfaatnya bisa hilang dan kamu malah mengalami kelebihan berat badan.

Tak perlu ragu lagi untuk mengonsumsi buah campur susu. Keduanya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, baik dikonsumsi sendiri-sendiri maupun bersamaan.

Punya pertanyaan terkait nutrisi atau masalah kesehatan? Kamu bisa melakukan konsultasi dengan dokter via fitur Tanya Dokter. Selalu #JagaSehatmu, ya!

[RS]

buah

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter