Sukses

Ingin Tingkatkan Kreativitas? Dengarkan Musik Irama Gembira

Tahukah Anda bahwa mendengarkan musik dengan irama gembira bisa meningkatkan kreativitas? Ini penjelasannya.

Klikdokter.com, Jakarta Setiap orang pasti pernah merasa tidak bersemangat dalam meningkatkan kreativitas. Agar kembali bersemangat, terdapat banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah mendengarkan musik dengan irama gembira 

Simone Ritter, dari Universitas Radboud, Belanda dan Sam Ferguson dari University of Technology di Sydney, Australia, telah mempelajari berbagai jenis musik terhadap cara berpikir seseorang. “Orang-orang dalam banyak konteks menggunakan musik untuk membantu mereka bekerja,” kata Ferguson.

Penelitian ini melibatkan 155 relawan yang kemudian dibagi menjadi lima kelompok. Empat di antaranya diperdengarkan musik saat menjalani tes. Sementara satu kelompok sisanya tidak diperdengarkan musik.

Tes dirancang untuk mengukur dua jenis pemikiran yakni divergent thinking, yang menggambarkan proses menghasilkan gagasan baru, dan convergent thinking, yaitu bagaimana seseorang menemukan solusi terbaik untuk sebuah masalah.

Ritter dan Ferguson mengatakan seseorang akan lebih kreatif saat mendengarkan musik yang menurut mereka positif. Mereka juga akan menghasilkan gagasan yang lebih unik ketimbang orang-orang yang bekerja dalam keheningan.

“Kami juga menguji cuplikan musik lainnya yang menyedihkan, cemas dan tenang, dan tidak melihat efek ini. Musik dengan irama gembira bisa merangsang untuk mendorong pemikiran yang berbeda karena memaksimalkan fungsi otak,” kata Ferguson.

Senada dengan Ritter dan Ferguson,  Irma Järvelä dari University of Helsinki di Finlandia, mengatakan, musik yang menyenangkan dapat meningkatkan kreativitas karena memicu pelepasan dopamin, zat kimia otak yang terlibat dalam kesenangan dan kepuasan. “Dopamin juga meningkatkan pemikiran kreatif dan fokus untuk mencapai tujuan,” kata Järvelä.

Selain itu, asisten profesor dalam program terapi musik di University of Miami, Teresa Lesiuk melakukan penelitian tentang pengaruh mendengarkan musik pada kinerja kerja.

Menurut penelitiannya, mereka yang mendengarkan musik dapat menyelesaikan tugas lebih cepat dan memiliki gagasan yang lebih baik daripada mereka yang tidak mendengarkan musik sama sekali.

Namun terdapat juga beberapa jenis musik yang memperburuk produktivitas. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa musik populer mengganggu pemahaman dan pemrosesan informasi.

Berdasarkan hasil studi yang dilakukan oleh beberapa pakar membuktikan bahwa ternyata musik bisa memiliki efek positif dalam meningkatkan kreativitas dan pekerjaan Anda. Meski demikian, pengaruhnya terhadap produktivitas tergantung pada situasi dan jenis musik itu sendiri.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar