Sukses

Daftar Makanan yang Mengandung Kolagen untuk Kesehatan Kulit

Ingin kulit kencang, halus, dan bersinar? Konsumsilah makanan-makanan yang mengandung kolagen. Apa saja? Simak selengkapnya lewat ulasan berikut.

Kulit yang sehat, halus, dan kencang tentu adalah idaman semua orang, terutama kaum wanita. Agar kulit selalu sehat, dibutuhkan zat bernama kolagen dalam kadar yang cukup. Namun, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh akan melemah. Hal inilah yang pada akhirnya membuat kulit jadi keriput dan kendur.

Kolagen adalah sejenis protein yang bekerja dengan keratin untuk memberi kulit kekuatan, elastisitas, kehalusan, dan ketahanan. Kolagen berperan penting untuk membuat kulit menjadi cerah, rambut berkilau, serta kuku yang kuat.

Karena fungsinya dalam menjaga kecantikan kulit, maka kolagen sering kali disebut-sebut sebagai zat yang dapat membuat seseorang tampak awet muda.

 

1 dari 3 halaman

Makanan yang Dapat Meningkatkan Produksi Kolagen

Anda ingin memiliki kulit yang sehat dan tampak awet muda? Mulai sekarang, Anda harus mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan produksi kolagen. Berikut adalah beberapa makanan yang mengandung kolagen yang perlu Anda rutin konsumsi:

Artikel Lainnya: Rahasia Awet Muda Halle Berry Ada dalam Makanan Ini

  • Sayuran

Sayuran berwarna hijau tua merupakan jenis makanan yang mengandung agen penghasil kolagen. Masukkan sayuran berdaun hijau seperti bayam, kol, dan kangkung ke piring Anda setiap hari.

Dalam sebuah penelitian di Prancis, sayuran hijau mampu meningkatkan hidrasi dan elastisitas kulit. Selain itu, konsumsi rutin kangkung, bayam, biji, dan asparagus juga membantu tubuh untuk memproduksi kolagen sehingga mampu memanfaatkan protein secara efektif.

  • Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 dapat membantu mencegah peradangan sel. Ketika sel lemah, tubuh tidak dapat memproduksi kolagen secara efektif. Asam lemak omega-3 akan memastikan sel-sel tubuh bekerja dengan baik untuk membangun kolagen.

Makanan yang banyak mengandung omega-3 meliputi salmon, sarden, dan kacang mede. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan suplemen omega-3 dalam bentuk kapsul.

Artikel Lainnya: 4 Manfaat Bubuk Kolagen Jika Digunakan Setiap Hari

  • Kedelai

Kacang kedelai kaya akan genistin, senyawa yang bisa meningkatkan produksi kolagen dan melawan tanda-tanda penuaan. Selain kacang kedelai, Anda juga bisa mengonsumsi olahan lainnya dari kedelai, seperti tempe, tahu, atau susu kedelai.

  • Cokelat

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Jerman, kandungan kakao pada cokelat mampu meningkatkan aliran darah sehingga membantu kulit lebih sehat.

Di samping itu, cokelat juga dapat melindungi kerusakan kulit akibat paparan sinar UV. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya Anda mengonsumsi dark chocolate.

  • Vitamin C dan A

Makanan yang kaya vitamin C akan membuat kulit tampak sehat, karena vitamin ini dapat meningkatkan pertumbuhan kolagen.

Artikel Lainnya: Kulit Tetap Kencang dengan Kolagen

Selain memperhatikan asupan vitamin C, memperbanyak asupan vitamin A juga dapat merangsang kolagen alami dalam tubuh. Makanan kaya vitamin A bisa diperoleh dari daging sapi, hati, telur, susu, dan sayuran berdaun hijau gelap.

  • Susu

Susu dan semua produk olahannya sangat baik untuk meningkatkan produksi kolagen. Susu adalah sumber protein hewani yang memiliki kadar lisin tinggi, sehingga mampu membentuk kolagen secara alami. Lisin juga dapat diperoleh dari putih telur.

  • Tomat

Tomat adalah sumber vitamin C yang sangat baik. Seperti yang telah dijelaskan, vitamin ini dapat membantu merangsang produksi kolagen. Tomat juga berguna untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet, karena di dalamnya mengandung banyak likopen.

2 dari 3 halaman

Suplemen untuk Penambah Kolagen

Selain dari sumber makanan, Anda juga bisa mendapatkan kolagen dalam bentuk suplemen. Saat ini, banyak tersedia suplemen kolagen yang dijual dalam bentuk tablet, kapsul maupun serbuk yang diseduh.

Dosis suplemen kolagen ini bervariasi, dari 2.5 gram hingga 10 gram per hari. Namun, ada juga yang merekomendasikan hingga 30 gram per hari. Mengingat dosisnya yang bervariasi, sebaiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

Di samping baik untuk kesehatan kulit, ada banyak manfaat lainnya yang bisa didapat dengan mengonsumsi suplemen kolagen, seperti:

  • Membantu meredakan nyeri sendi, seperti osteoarthritis
  • Mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis
  • Meningkatkan kesehatan jantung
  • Meningkatkan kekuatan otot
  • Menguatkan rambut dan kuku

Meski baik untuk tubuh, suplemen kolagen dapat menimbulkan efek samping seperti gangguan pada saluran cerna (perut terasa penuh, mual) dan muncul rasa tidak enak di mulut. Bagi Anda yang memiliki alergi telur, ikan, maupun kerang harus berhati-hati karena ada beberapa suplemen kolagen yang dicampur dengan produk makanan ini.

Mengonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung kolagen tidak hanya baik untuk kulit, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan tulang, otot, jantung, rambut, dan kuku. Namun, Anda juga perlu mengimbanginya dengan pola hidup sehat seperti rajin berolahraga dan menghindari kebiasaan rokok supaya khasiat kolagen maksimal.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar kolagen, jangan sungkan untuk bertanya kepada dokter kami di layanan Live Chat di Aplikasi KlikDokter dari ponsel Anda!

(FY/ RS)

0 Komentar

Belum ada komentar