HomeInfo SehatKulitManfaat Vitamin C dan E untuk Kulit, Lebih Penting Mana?
Kulit

Manfaat Vitamin C dan E untuk Kulit, Lebih Penting Mana?

dr. Valda Garcia, 26 Okt 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Vitamin C dan vitamin E sama-sama baik untuk kulit. Namun, manakah yang lebih bisa membuat kulit tampak lebih sehat dan menawan?

Manfaat Vitamin C dan E untuk Kulit, Lebih Penting Mana?

Selain perawatan dari luar, kamu juga membutuhkan nutrisi seperti vitamin C dan vitamin E demi mendapatkan kulit sehat, lembut, dan cerah. Vitamin C dan E untuk kulit bisa meningkatkan kualitas kulit jika dikonsumsi rutin. 

Namun, lebih bagus vitamin C atau E untuk wajah dan kulit keseluruhan? 

Manfaat Vitamin C dan Vitamin E untuk Kulit

Manfaat Dermaroller untuk Wajah

Bila fokusnya untuk kesehatan kulit, vitamin E paling berperan penting. Meski demikian, bukan berarti vitamin C tidak penting. Vitamin C alias asam askorbat berperan dalam pembentukan kolagen. 

Kolagen penting untuk menjaga elastisitas kulit agar selalu tampak awet muda. Seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh untuk memproduksi kolagen akan menurun. 

Artikel lainnya: Manfaat Vitamin B Kompleks untuk Kulit Wajah

Oleh sebab itu, sangat penting untuk menjaga asupan vitamin C yang cukup agar produksi kolagen di dalam tubuh tetap terpenuhi.

Vitamin C maupun vitamin E sama-sama bermanfaat untuk tubuh, khususnya kulit. Bahkan, kombinasi antara vitamin C dan vitamin E mampu melindungi kulit dari efek tidak baik sinar matahari (UV).

Vitamin E dan vitamin C tidak bisa dipisahkan dalam merawat kesehatan kulit. Sebenarnya kedua vitamin ini juga bukan merupakan aspek utama untuk mendapatkan kondisi kulit terbaik.

Faktor yang paling penting adalah menerapkan hidup sehat! Jika pola hidup sehat sudah diterapkan teratur, pasti manfaatnya juga dirasakan kulit.

Pola hidup sehat yang dimaksud adalah menjaga waktu istirahat, mengatur pola makan, dan rutin berolahraga. Konsumsi suplemen vitamin C atau vitamin E itu sekadar tambahan.

Artikel lainnya: Mengungkap Efektivitas Vitamin D untuk Atasi Kulit Gatal

Pada dasarnya, vitamin E dan vitamin C merupakan antioksidan kuat. Ketika konsumsi vitamin E dikombinasikan dengan vitamin C, hasilnya untuk kulit akan lebih memuaskan, terutama dalam treatment anti-penuaan dini.

Manfaat vitamin E juga dapat menyehatkan kulit kepala, sehingga membuat rambut tumbuh lebih lembut dan berkilau. 

Tips Konsumsi Vitamin C dan E untuk Kulit

Vitamin C

Untuk mendapatkan manfaat vitamin C dan E untuk wajah ataupun kulit secara keseluruhan, kamu bisa makan makanan ataupun suplemen vitamin tersebut.

Berikut tipsnya:

1. Konsumsi Sumber Vitamin C dan E

Vitamin C bisa kamu dapatkan dari buah dan sayuran, seperti jeruk, brokoli, pepaya, stroberi, nanas, kembang kol, dan jambu biji. Untuk asupan alami vitamin E, konsumsi seafood, serealia, brokoli, bayam, dan sayuran hijau lainnya. 

Kamu juga bisa mendapatkan vitamin E dari biji bunga matahari alias kuaci, kacang hazelnut, dan minyak nabati seperti minyak bunga matahari.

Bila kamu mengonsumsi makanan sehat kemasan, perhatikan komposisinya. Bila ada tulisan dl-alpha-tokoferol, berarti makanan tersebut mengandung vitamin E sintetis. Vitamin E alami lebih kuat ketimbang versi sintetisnya.

2. Konsumsi Vitamin E dengan Lemak Sehat 

Kamu sebaiknya mengonsumsi vitamin E bersama makanan mengandung lemak sehat. Sebab, vitamin E akan larut di dalam makanan yang berlemak. 

Di luar itu, belum ada bukti bahwa konsumsi vitamin E di waktu khusus lebih baik atau lebih buruk bagi tubuh.

Artikel lainnya: Vitamin Ini Bikin Kulit Wajah Sehat dan Berseri

3. Ketahui Kebutuhan Vitamin C dan E

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin, kamu memang harus menjalani pola makan sehat terlebih dahulu sebelum beralih ke suplemen.

Bila ingin minum suplemen, konsumsilah keduanya untuk mendapatkan manfaat vitamin C dan E untuk kulit yang maksimal.

Kebutuhan vitamin C harian rata-rata sekitar 90 mg, sementara vitamin E sekitar 4 mg. Namun, dosis ini bisa bervariasi pada masing-masing orang. Konsumsilah suplemen sesuai petunjuk dan kondisi masing-masing, ya.

Agar kulit lebih sehat, hindari kebiasaan begadang, merokok, jarang membersihkan wajah, dan mengonsumsi makanan berminyak. Hal ini justru membuat kulit kusam dan bermasalah.

Kalau punya masalah kulit, yuk, konsultasi dengan dokter kulit lewat layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter. Kamu juga bisa buat janji dokter dan pilih treatment kecantikan lebih praktis.

(FR/JKT)

kulitVitamin Evitamin C

Konsultasi Dokter Terkait