Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatKulit6 Cara Atasi Kulit Wajah yang Mengelupas Agar Halus Kembali
Kulit

6 Cara Atasi Kulit Wajah yang Mengelupas Agar Halus Kembali

Siti Putri Nurmayani, 11 Sep 2023

Ditinjau oleh dr.Rio Aditya

Icon ShareBagikan
Icon Like

Merawat kulit wajah, terutama saat kulit mengelupas ternyata perlu kiat khusus. Ketahui penyebab dan cara mengatasi kulit wajah mengelupas di sini.

6 Cara Atasi Kulit Wajah yang Mengelupas Agar Halus Kembali

Kulit mengelupas merupakan kondisi yang sering dialami oleh banyak orang, terutama ketika kondisi kulit yang terlalu kering. Masalah wajah yang satu ini biasanya ditandai dengan kulit yang terkelupas atau bersisik, meradang, hingga terasa gatal. 

Lalu, kenapa kulit wajah mengelupas? Kulit wajah mengelupas bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari unsur lingkungan, kondisi kulit, alergi, hingga pengobatan tertentu. Mari ketahui berbagai alasan kenapa kulit muka mengelupas dan cara mengatasinya lewat ulasan di bawah ini. 

Penyebab Kulit Wajah Mengelupas

Kulit muka mengelupas atau desquamation bisa terjadi ketika tubuh melepaskan sebagian lapisan luar kulit (epidermis). Terkelupasnya kulit wajah merupakan salah satu tanda bahwa kulit telah pulih atau sembuh dari kerusakan. 

Dikutip dari Cleveland Clinic, ada berbagai penyebab mengapa kulit wajah mengelupas, di antaranya:

  • Kulit kering
  • Luka bakar
  • Iritasi kulit
  • Terbakar sinar matahari
  • Reaksi alergi
  • Tinea pedis atau kutu air
  • Dermatitis seboroik
  • Penyakit kulit, seperti eksim, psoriasis, dan psoriasis eritrodermik
  • Perawatan kanker, seperti terapi radiasi dan kemoterapi
  • Penggunaan krim retinol
  • Pengelupasan kimia
  • Perawatan jerawat
  • Obat-obatan tertentu, seperti vitamin dan suplemen herbal

Selain itu, penyebab kulit wajah kering dan mengelupas juga bisa terjadi karena penyakit genetik seperti penyakit Kawasaki dan penyakit menular seperti demam berdarah, impetigo, serta sindrom syok toksik.

Cara Mengatasi Kulit Wajah Mengelupas

Setelah mengetahui penyebab kulit wajah mengelupas, kamu juga perlu tahu bagaimana cara mengatasi kulit muka mengelupas. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Mendinginkan Kulit

Cara mengatasi kulit wajah mengelupas dan perih adalah dengan mendinginkan kulit. Dianjurkan untuk mandi dengan air dingin atau kompres bagian kulit yang mengelupas menggunakan air dingin selama 10 menit. 

Air dingin dapat membantu memperlambat proses pengelupasan kulit dan mengurangi rasa gatal. 

Setelah itu, tepuk wajah secara perlahan dengan handuk bersih yang lembut. Hindari menggosoknya karena dapat memperparah kondisi kulit wajah. 

2. Oleskan Pelembap

Ketika kulit wajah kering mengelupas, American Academy of Dermatology menganjurkan untuk mengoleskan pelembap dalam beberapa menit setelah mandi atau cuci muka. 

Pilih pelembap yang mengandung lidah buaya dan vitamin E. Pasalnya, kandungan tersebut dapat mengurangi peradangan, memperlambat pengelupasan, membantu penyembuhan, serta menghindari infeksi. 

Jangan lupa oleskan tabir surya untuk menjaga kulit agar tetap terlindungi dari sinar matahari. 

“Sinar ultraviolet bisa meningkatkan proses peradangan dan kemerahan pada kulit wajah. Sebaiknya, selalu gunakan tabir surya bila kamu sering terpapar sinar matahari,” saran dr. Rio Aditya. 

3. Hindari Menggaruk atau Mengelupaskannya Sendiri

Tak jarang, kamu merasa gemas karena melihat ada bagian kulit yang terkelupas, sehingga ingin menariknya sendiri. Namun, usahakan untuk tidak melakukan hal tersebut. 

Soalnya, menggaruk atau menarik kulit yang terkelupas akan memicu terjadinya infeksi. Ada baiknya, gunakan gunting kecil khusus kecantikan untuk memotong kulit mati yang terkelupas. 

Setelahnya, oleskan salep antibakteri ke area tersebut. Untuk mempercepat proses pergantian sel, kamu bisa mengoleskan salep yang mengandung alpha hydroxyk acid ringan. 

Artikel Lainnya: 11 Cara Merawat dan Menghilangkan Kulit Kering

4. Penuhi Asupan Cairan

Kulit terkelupas bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari. Ketika berada di bawah sinar matahari, tubuh lebih mudah terkena dehidrasi. 

Oleh karenanya, pastikan untuk mencukupi kebutuhan cairan dengan rutin minum air putih. 

Menurut dr. Joshua Zeichner, seorang dokter kulit asal Amerika Serikat, minum air putih dapat membantu mencegah dehidrasi yang akan merusak kulit. Ketika dehidrasi parah, kulit akan kehilangan sebagian elastisitasnya. 

5. Eksfoliasi

Cara mengatasi kulit mengelupas juga bisa dengan melakukan eksfoliasi lembut dengan mengusapkan kain hangat suam kuku. Kamu bisa melakukannya sebanyak satu kali sehari, setelah sebagian besar kulit sudah mengelupas. 

Cukup gosokkan kain secara lembut dan perlahan untuk mencegah terjadinya kerusakan lanjutan. 

6. Terapkan Pola Hidup Sehat

Untuk menjaga kulit agar tetap sehat, Dokter Rio menganjurkan untuk menerapkan pola hidup sehat, seperti perbanyak konsumsi sayur dan buah. Hindari juga makanan yang mengandung kadar lemak tinggi. 

Pastikan, #JagaSehatmu dan kulitmu dengan rutin olahraga secara teratur dan mandi setelah berolahraga. 

Apabila kulit mengelupas tidak kunjung sembuh, segera konsultasi dengan dokter spesialis kulit. Nantinya, dokter akan merencanakan pengobatan yang tepat. Kamu juga bisa gunakan layanan Tanya Dokter untuk konsultasi yang lebih praktis dan temukan layanan kecantikan di aplikasi KlikDokter.

(NM)

Kulit Wajah Mengelupas

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter