HomeInfo SehatKulit11 Cara Merawat dan Menghilangkan Kulit Kering
Kulit

11 Cara Merawat dan Menghilangkan Kulit Kering

dr. Arina Heidyana, 07 Des 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Bagi pemilik kulit kering, yuk rawat kulit Anda agar tetap sehat dengan kiat-kiat berikut!

11 Cara Merawat dan Menghilangkan Kulit Kering

Kulit yang kering akan terasa kencang, bersisik, gatal, dan pecah-pecah. Kondisi ini bisa disebabkan oleh faktor genetik, lingkungan, kekurangan nutrisi, paparan iritan, air yang terkontaminasi, cara mandi yang tidak tepat atau berlebihan, maupun keluhan medis tertentu.

Kulit kering mungkin akan terasa sangat mengganggu. Karena itu, kamu perlu mengidentifikasi penyebab serta memahami cara menghilangkan kulit kering

Menurut penelitian tahun 2020 dalam Journal of Dermatological Treatment, perawatan kulit secara konsisten diduga bisa mengatasi kulit kering. Bila dilakukan dengan benar, kulit kering dapat sembuh sendiri. 

Di bawah ini cara mengatasi kulit kering yang bisa kamu terapkan.

1. Jangan Mandi Pakai Air yang Terlalu Panas

Ilustrasi Keramas Menggunakan Air Panas

Memperhatikan suhu yang digunakan saat mandi penting dalam perawatan kulit kering. Kamu boleh mandi pakai air hangat, tetapi pastikan suhunya tidak terlalu jauh dengan suhu tubuh.

Hindari mandi menggunakan air yang terlalu panas. Soalnya, air yang terlalu panas dapat menghilangkan minyak alami dari kulit. Selain itu, batasi waktu mandi tidak lebih dari 5-10 menit, ya!

Artikel lainnya: Pelembap Gel atau Krim, Mana Lebih Baik untuk Kulit?

2. Gunakan Sabun Khusus untuk Kulit Kering

Cara menghilangkan kulit kering bisa pakai sabun tertentu. Gunakan sabun khusus kulit kering yang memiliki label moisturizing atau melembapkan.

Hindari sabun yang mengandung pewangi atau pewarna khusus karena dapat mengiritasi kulit.

3. Hindari Sabun dan Detergen yang Dapat Merusak Kulit

Perawatan untuk kulit kering berikutnya, yaitu hindari produk yang dapat merusak kulit. Kulit kamu bisa menjadi lebih kering dan mudah iritasi ketika terkena sabun antibakteri yang mengandung alkohol. 

Penggunaan sabun dan detergen untuk mencuci pakaian juga dapat mengiritasi kulit.

4. Hindari Handuk yang Kasar

Berapa Lama Sebaiknya Handuk Dipakai Sebelum Dicuci?

Bagi kamu pemilik kulit kering, hindari penggunaan handuk berbahan kasar karena dapat merusak lapisan kulit dan menyebabkan iritasi. Agar kulit tidak rusak, hindari pula gerakan menggosokkan handuk.

Gunakan handuk berbahan halus serta keringkan tubuh dengan menepukkan handuk pelan-pelan. 

Artikel lainnya: Penyebab Kulit Kering Saat Menopause dan Tips Mengatasinya

5. Pakai Pelembap

Selanjutnya, cara melembapkan kulit kering bisa dengan menggunakan pelembap setelah kamu selesai mandi dan mengeringkan tubuh. Aplikasikan pelembap ke seluruh bagian tubuh, termasuk wajah kamu. Cara ini dianjurkan, terutama bagi pemilik kulit wajah kering yang hampir bersisik.

Pilih pelembap alami yang mengandung vitamin A dan E, serta nutrisi penting lainnya. Selain melembapkan, nutrisi tersebut dapat memperbaiki kesehatan kulit.

6. Pakai Masker Wajah

Gunakan masker wajah untuk mengatasi kulit kering. Masker untuk kulit kering sebaiknya mengandung asam hialuronat, gliserin, ceramide, vitamin C, dan E.

Apabila kamu ingin membuat masker alami untuk kulit wajah, pilihlah bahan-bahan herba, seperti alpukat, lidah buaya, madu, oatmeal, dan minyak kelapa. 

Gunakanlah masker wajah secara rutin sebanyak dua kali seminggu untuk hasil yang lebih baik.

7. Cukupi Kebutuhan Air Putih

Minum Air Putih

Kulit kering bisa menandakan kamu mengalami dehidrasi alias kekurangan cairan. Karena itu, cara menghilangkan kulit kering secara alami bisa dengan minum air putih sekitar 2 liter sehari agar kulit tetap lembap.

Artikel lainnya: Kiat Memilih Kosmetik untuk Kulit Kering

8. Konsumsi Makanan Kaya Nutrisi

Cara merawat kulit kering juga bisa dilakukan dari dalam. Selain mencukupi kebutuhan cairan harian, konsumsilah makanan yang mengandung omega-3, zink, vitamin A, C, dan E. Contoh makanan yang dimaksud, seperti ubi manis, timun, minyak kelapa, ikan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Buah-buahan kaya vitamin C dan E juga bisa jadi pilihan. Kamu bisa mengonsumsi jeruk, kiwi, stroberi, bluberi, raspberry, apel, alpukat, atau semangka. 

Vitamin C dalam buah bermanfaat menghidrasi dan melindungi kulit dari paparan radikal bebas. Sementara, vitamin E dapat melembapkan dan mencegah kulit mengalami penuaan dini.

9. Kenakan Pakaian yang Nyaman

Agar kulit kering tidak bertambah parah, hindari bahan pakaian yang dapat mengiritasi kulit, seperti wol. Gunakan bahan pakaian yang nyaman, seperti katun. 

Apabila berada di kawasan yang dingin, kenakan terlebih dahulu pakaian berbahan katun untuk melapisi kulit. Cara ini membuat kulit kering kamu jadi lebih nyaman sebelum menggunakan pakaian berbahan wol supaya tidak kedinginan.

10. Gunakan Humidifier 

Dampak Negatif Pakai Air Humidifier di Kamar Bayi 

Pendingin ruangan bisa bikin kulit kamu lebih mudah kering. Apabila kamu banyak menghabiskan waktu di ruangan AC, gunakan humidifier. 

Dengan begitu, kelembapan ruangan jadi lebih terjaga.

Artikel lainnya: Penyebab Kulit Kering yang Mesti Kamu Waspadai

11. Pakai Krim Antiradang

Jika kulit kamu mengalami iritasi dan peradangan, gunakan krim antiradang setelah berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

Kulit kering memang tidak berbahaya, tetapi jika dibiarkan tidak terawat justru bisa memicu eksim, yaitu penyakit kulit yang menimbulkan rasa gatal, ruam kemerahan, dan pecah-pecah. Pengobatan eksim akan lebih sulit tentunya.

Karena itu, sebelum kulit kering berkembang menjadi komplikasi, terapkan sederet cara menghilangkan kulit kering di atas, ya!

Apabila kamu hendak pakai krim antiradang untuk mengatasi kulit kering, #JagaSehatmu dengan berkonsultasi kepada dokter spesialis kulit lewat fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter.

(ADT/JKT)

kulitDermatitis Atopik

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter