Sukses

8 Cara Ini Efektif untuk Meredam Emosi

Emosi yang memuncak kerap menimbulkan berbagai masalah. Bagaimana mengatasinya?

Klikdokter.com, Jakarta Secara tak sadar emosi kerap dilontarkan sebagai pelampiasan kemarahan hati. Namun, kemarahan yang tidak terkontrol, ternyata bisa membahayakan kesehatan dan hubungan Anda dengan orang lain karena biasanyakan menimbulkan perselisihan.

Karena itu, sebelum semuanya terjadi, lakukan 8 cara ini agar emosi Anda dapat terkontrol dengan baik:

  1. Berpikir sebelum berbicara

    Saat panas terik menyerang, biasanya seseorang cenderung lebih mudah emosi. Luangkan waktu sejenak untuk mengumpulkan pemikiran Anda sebelum mengatakan sesuatu. Jangan sampai Anda mengungkapkan sesuatu yang nantinya akan Anda sesali.

  2. Setelah tenang, ungkapkan kemarahan Anda

    Begitu Anda dapat berpikir dengan jelas, ungkapkan rasa marah Anda dengan cara yang tegas tapi tidak konfrontatif. Nyatakan keprihatinan Anda dengan jelas dan langsung tanpa menyakiti orang lain.

  3. Lakukan latihan

    Aktivitas fisik bisa membantu mengurangi stres yang membuat Anda cepat marah. Jika suatu saat kemarahan Anda meningkat, berlarilah atau luangkan waktu untuk melakukan aktivitas fisik yang menyenangkan.

  4. Istirahat sejenak

    Saat stres meningkat, luangkan waktu sejenak untuk beristirahat. Jika kondisi sudah tenang, Anda akan merasa lebih siap menghadapi semua persoalan tanpa merasa jengkel atau marah.

  5. Identifikasi solusi

    Alih-alih fokus pada apa yang membuat Anda marah, cobalah untuk menyelesaikan masalah yang ada. Ingatkan diri Anda bahwa kemarahan tidak akan pernah memperbaiki kondisi justru akan memperburuk keadaan.

  6. Jangan menyimpan dendam

    Pengampunan adalah alat yang ampuh. Jika Anda membiarkan kemarahan dan perasaan negatif mengacaukan perasaan positif, Anda akan ‘ditelan’ oleh kepahitan atau rasa ketidakadilan Anda sendiri.

  7. Menggunakan humor

    Gunakan humor untuk membantu menghadapi apa yang membuat Anda marah atau harapan yang tidak realistis. Hal ini dipercaya dapat membantu meredakan ketegangan. Hindari sarkasme karena bisa menyakiti dan memperburuk keadaan.

  8. Berlatih relaksasi

    Bila rasa amarah Anda menyala, latihlah keterampilan relaksasi untuk bekerja. Caranya, berlatihlah mengatur pernapasan, bayangkan pemandangan yang santai atau ulangi kata-kata yang menenangkan. Selain itu, Anda juga bisa berlatih relaksasi dengan mendengarkan musik, menulis atau melakukan yoga.

Berpikir positif akan segala hal merupakan kunci agar Anda terhindar dari emosi. Hal yang tak kalah penting adalah jangan mudah terprovokasi dengan masalah yang belum jelas kebenarannya.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar