Sukses

Segudang Manfaat Kacang Mete untuk Ibu Hamil

Selain dapat menurunkan risiko alergi pada anak, kacang mete juga memberikan sederet manfaat pada ibu hamil.

Klikdokter.com, Jakarta Tidak hanya enak dan gurih, kacang mete yang terkenal dengan bentuknya yang unik juga menyimpan berjuta manfaat untuk ibu hamil. Salah satunya adalah menurunkan risiko alergi pada bayi yang dikandung.

Apa lagi manfaat sehat kacang mete untuk ibu hamil?

  1. Sumber protein dan lemak baik

    Kacang merupakan salah satu sumber asam lemak omega 3 dan 6, yang sangat baik untuk ibu hamil. Ini merupakan jenis lemak baik yang mampu menjaga kesehatan pembuluh darah ibu dan janin, serta mengoptimalkan perkembangan otak janin selama dalam kandungan.

    Selain itu, segenggam kacang mete juga menawarkan protein yang sangat dibutuhkan ibu hamil maupun janin untuk membangun sel-sel baru, dan mengganti sel lama yang telah rusak.

    Asam lemak omega 3 dan 6 pada kacang mete akan terjaga dengan baik bila diolah dengan cara yang benar, misalnya dipanggang. Hindari menggoreng kacang mete, karena dapat menggantikan kandungan baiknya dengan komposisi lemak jahat dari minyak.

  2. Kaya akan zat besi

    Saat sedang hamil, seorang sangat berisiko terkena anemia akibat kekurangan zat besi. Ini karena seluruh cadangan zat besi di dalam tubuhnya habis digunakan untuk membentuk hemoglobin.

    Hemoglobin berperan dalam menyebarkan oksigen ke sel-sel tubuh ibu dan janin. Bila tidak diimbangi dengan asupan zat besi yang cukup, maka asupan oksigen ke janin akan terancam.

    Kacang mete merupakan salah satu sumber makanan yang dapat menjawab kebutuhan zat besi ibu hamil.

  3. Kandungan antioksidan yang melimpah

    Selain protein, asam lemak, dan zat besi, kacang mete juga mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Radikal bebas tidak hanya berbahaya untuk kesehatan sang ibu, namun juga mengancam tumbuh kembang janin.

    Salah satu kondisi yang terjadi akibat radikal bebas adalah preeklampsia dan eklampsia. Ini merupakan kondisi di mana tekanan darah tinggi pada ibu hamil yang dapat mengakibatkan kejang hingga mengancam nyawa ibu maupun janin.

  4. Mampu menurunkan risiko alergi pada bayi

    Sebuah penelitian pada tahun 2015 menyebutkan bahwa konsumsi kacang, susu, dan gandum selama kehamilan mampu menurunkan risiko alergi dan asma pada janin. Salah satu kacang yang dimaksud di sini adalah kacang mete.

Jadi, bila orangtua punya bakat alergi dan ingin mengurangi risikonya pada anak, tidak ada salahnya bagi ibu hamil untuk rutin mengonsumsi kacang mete sejak masa kehamilan.

Setelah tahu manfaatnya, apakah Anda masih ragu untuk mengonsumsi kacang mete selama hamil? Yuk, siapkan kehadiran buah hati dengan penuhi zat gizi seoptimal mungkin!

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar