Sukses

Mengatasi Nyeri Punggung Bawah Saat Hamil Besar

Meskipun umum terjadi, nyeri punggung bawah saat hamil besar tetap saja mengganggu. Tak jarang, hal ini pun membuat Anda susah tidur. Berikut adalah cara-cara untuk mengatasinya.

Nyeri punggung sering dikeluhkan oleh wanita hamil, terutama ketika kehamilan mulai memasuki trimester ketiga. Ketika berat badan bertambah, titik pusat gravitasi Anda akan berubah.

Hormon-hormon kehamilan pun akan melemaskan ligamen-ligamen yang mengikat sendi-sendi otot panggul Anda. Keduanya membuat area punggung bawah dan pinggang Anda kurang stabil sehingga timbul nyeri.

Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi nyeri punggung bawah saat hamil besar:

  1. Melatih postur tubuh yang baik

Ketika janin semakin berkembang, titik pusat gravitasi Anda akan bergeser ke depan. Untuk menghindari risiko jatuh, secara normal Anda akan cenderung menarik tubuh ke belakang.

Ini akan membuat otot-otot punggung bawah menegang dan menimbulkan nyeri. Perhatikan prinsip-prinsip berikut untuk melatih postur tubuh yang baik:

  • Berdiri tegak, berikan jarak antara kedua kaki agar lebih nyaman. Bila harus berdiri dalam waktu lama, sangga salah satu kaki di atas bangku rendah.
  • Jangan biarkan dada membungkuk.
  • Usahakan bahu tetap rileks.
  • Ketika duduk, pilih kursi yang menyokong punggung atau tempatkan bantal/ganjalan di belakang punggung bawah. Selain itu, jaga agar lutut selalu sedikit menekuk dan lebih tinggi dari pinggul ketika duduk dalam waktu lama.
  1. Gunakan perlengkapan yang nyaman

Gunakan sepatu berhak rendah, bukan datar. Sepatu berhak tinggi akan membuat titik keseimbangan Anda semakin bergeser ke depan sehingga rentan jatuh. Maternity belt dapat digunakan untuk menyangga punggung bawah bila Anda merasa nyaman.

  1. Angkat barang dengan benar

Bila akan mengangkat barang, jongkok dan angkat dengan kedua kaki. Jangan membungkuk atau mengangkat dengan punggung.

  1. Tidur miring

Tidur miring ke satu sisi (sisi kiri lebih dipilih) lebih dianjurkan daripada tidur telentang. Posisikan salah satu atau kedua lutut menekuk dan berikan bantal di antara kedua lutut, di bawah perut dan di belakang punggung.

  1. Lakukan kompres atau pijat

Pijatan serta kompres hangat atau dingin pada punggung dapat mengurangi nyeri.

  1. Berolahraga secara rutin

Olahraga akan menguatkan otot-otot punggung and mengurangi nyeri selama kehamilan. Olahraga seperti berjalan atau berenang aman untuk wanita hamil.

Kapan harus mengunjungi dokter?

Jika nyeri yang dirasakan sangat berat atau telah berlangsung lebih dari 2 minggu, segera kunjungi dokter. Obat-obatan atau terapi lain mungkin dibutuhkan.

Ingatlah bahwa nyeri punggung selama kehamilan dapat merupakan tanda persalinan prematur atau infeksi saluran kemih. Bila Anda mengalami nyeri punggung bawah selama hamil yang disertai dengan perdarahan dari vagina, demam, atau nyeri saat berkemih, segera kunjungi dokter.

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar