Sukses

Musim Hujan, Cegah Diare dengan Cara Ini

Diare sering kali jadi momok saat musim hujan. Ini kiat-kiat untuk mencegahnya.

Klikdokter.com, Jakarta Musim hujan selalu identik dengan merebaknya penyakit. Salah satunyaadalah diare, yang bisa sangat mengganggu aktivitas seseorang. Diare akan menyebabkan banyak keluhan, mulai dari sering ke kamar mandi hingga rasa tidak nyaman di perut. Bagaimana cara mencegah munculnya diare saatperiode basah ini?

Diare dan hujan

Tak dimungkiri, hujan memang meningkatkan penyebaran kuman. Sebuah studi yang dilakukan di The Massachusetts Institute of Technology menyebutkanbahwa ketika air hujan menyentuh tanah, bakteri yang berada di tanah menguap, membentuk aerosol dan merebak ke udara. Hal ini membuat bakteri menyebar ke daerah setempat dengan cepat.

Selain angin, salah satu yang menentukan banyaknya bakteri yang tersebar adalah suhu. Perbedaan suhu akan menentukan jumlah aerosol yang dihasilkan. Aerosol paling banyak dihasilkan pada hujan yang turun di tanah beriklim tropis, seperti negara Indonesia.

Penelitian yang sama juga menyebutkan total bakteri yang disebar oleh mekanisme ini bisa mencapai 10.000 sampai dengan 800.000 triliun sel bakteri per tahun. Setelah kuman menyebar di udara, mereka akan mengontaminasi air, makanan, dan tangan seseorang. Walau tergolong penyakit yang sering terjadi, penanganan diare tidak boleh disepelekan dan harus dilakukan dengan tepat.

Cara mencegah diare

Cara yang paling tepat dalam mencegah diare adalah dengan mencuci tangan. Mencuci tangan dapat menurunkan risiko infeksi yang ditularkan melalui tangan. Bagaimana langkah mencuci tangan yang baik dan benar?

  • Awali dengan membasahi tangan menggunakan air mengalir, kemudian ambil sabun dan gosokkan kedua telapak tangan bersama-sama
  • Usap telapak tangan di atas punggung tangan kiri, dan sebaliknya
  • Gosok telapak dengan telapak dan jari saling terkait
  • Letakkan punggung jari pada telapak satunya dengan jari saling mengunci
  • Jempol kanan digosok memutar oleh telapak kiri, dan sebaliknya
  • Jari kiri menguncup, gosok memutar ke kanan dan ke kiri pada telapak kanan, dan sebaliknya
  • Akhiri dengan basahi tangan kembali dan keringkan

Durasi yang ideal untuk mencuci tangan adalah sekitar 20 detik. Sebaiknya cuci tangan dilakukan tidak hanya sebelum dan setelah makan, tetapi juga sebelum, selama, dan setelah menyiapkan makanan, sebelum dan setelah menjaga orang sakit, setelah menggunakan toilet, setelah bersin, setelah bermain dengan hewan peliharaan, dan setelah mengganti popok bayi.

1 dari 2 halaman

Menangani diare dengan tepat

Diare menyebabkan keluhan saluran cerna seperti mual, muntah, nyeri perut, dan buang air besar cair. Gejala-gejala umum berupa demam, sakit kepala, nyeri sendi, dan kehilangan nafsu makan juga dapat terjadi.

Untuk mengatasi gejala saluran cerna, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut:

  1. Minum air putih

Cairan sangat penting untuk mencegah dehidrasi ketika diare. Usahakan Anda minum air putih yang cukup selama diare. Lihat warna urine ketika berkemih; jika warnanya bening, itu pertanda Anda cukup air sehingga risiko dehidrasi makin kecil.

Berbeda dengan orang dewasa, pada anak ada ketentuan khusus untuk mengganti cairan yang hilang karena diare. Konsultasikan hal ini lebih lanjut dengan dokter anak Anda.

  1. Memilih makanan yang tepat

Ketika Anda mengalami diare, sebaiknya hindari makanan yang tinggi lemak dan serat. Pilihlah jenis makanan yang mudah dicerna dan lunak.

  1. Mengonsumsi obat

Penggunaan obat pada diare bertujuan untuk mengurangi frekuensi diare. Berhati-hatilah untuk tidak menggunakan antibiotik sebelum diperiksa oleh dokter.

Anda baru boleh mengonsumsi antibiotik jika memang disarankan oleh dokter. Biasanya antibiotik menjadi pilihan pada diare yang mengarah pada infeksi bakteri, seperti diare berlendir dan berdarah.

Untuk menangani keluhan umum akibat diare, Anda dapat menggunakan obat sesuai dengan gejalanya. Misalnya jika Anda demam, bisa mengonsumsi parasetamol.

Musim hujan dapat memunculkan berbagai penyakit, salah satunya diare. Cegahlah dengan mencuci tangan secara rutin dan benar. Jika tak tersedia akses air, Anda dapat menggunakan hand sanitizer untuk membasmi kuman-kuman di tangan.

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar