Sukses

Tips Merawat Rumah Agar Tubuh Tetap Sehat di Musim Hujan

Menjaga kesehatan selama musim hujan dapat dimulai dengan merawat rumah agar tetap sehat dan bersih. Simak tips merawat rumah di musim hujan berikut ini.

Saat musim hujan, cuaca di Indonesia menjadi lebih dingin dan kondisi udaranya lebih lembap. Hal tersebut membuat penyebaran kuman penyebab penyakit menjadi lebih cepat. Berbagai penyakit seperti diare dan infeksi saluran pernapasan kerap terjadi. 

Pada kondisi yang lebih berat, musim hujan dapat meningkatkan risiko penyakit leptospirosis yang menyebabkan penderitanya dapat mengalami kegagalan berbagai organ, termasuk ginjal.  

Salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah berbagai penyakit tersebut adalah dengan merawat dan menjaga kebersihan rumah. Pasalnya, keadaan rumah dan lingkungan di sekitar sangat memengaruhi kondisi kesehatan Anda dan keluarga.

Menurut panduan dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), rumah yang sehat memiliki sirkulasi udara baik, bebas dari polutan udara, ventilasi udaranya baik, punya sumber air bersih, bebas dari hama, serta bebas dari risiko terjadinya cedera. 

Bagaimana cara mewujudkan rumah seperti anjuran di atas? Berikut adalah beberapa tips merawat rumah di musim hujan agar tetap sehat dan bersih:

1 dari 4 halaman

1. Rutin Membersihkan Dapur

Dapur merupakan ruangan yang vital di dalam sebuah rumah. Setiap makanan yang tersaji dalam rumah berasal dari dapur. Lebih jauh lagi, dapur bisa menjadi sumber penularan virus SARS-Cov 2 penyebab penyakit COVID-19. Sebab, berdasarkan sebuah studi, coronavirus dapat bertahan di berbagai jenis permukaan dalam waktu 8 jam hingga 3 hari.  

Karena itu, salah satu cara menjaga rumah agar tetap bersih dan sehat adalah dengan rutin membersihkan dapur. Lakukan beberapa hal berikut:

  • Bersihkan meja serta peralatan dapur setiap selesai memasak dan mempersiapkan makanan.
  • Bersihkan lantai dapur secara rutin.
  • Bersihkan lemari pendingin secara berkala.
  • Hindari menumpuk sampah makanan di area dapur..
  • Gunakan cairan desinfektan untuk membersihkan area yang sering disentuh oleh tangan, misalnya seperti tombol kompor atau microwave

2. Jaga Kebersihan Kamar Tidur 

Tips merawat rumah di musim hujan berikutnya adalah menjaga kebersihan kamar tidur. Kamar tidur yang gelap dan lembap, berisiko menyebabkan iritasi saluran pernapasan maupun kekambuhan alergi

Selain itu, debu, tungau, parasit, dan jamur juga bisa saja ada di kamar tidur. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kebersihan kamar tidur Anda adalah:

  • Ganti seprai secara berkala.
  • Rutin menyapu dan mengepel lantai kamar tidur.
  • Hindari menggantung pakaian, topi, atau tas di dinding.
  • Jemur kasur dan bantal secara berkala.

Artikel Lainnya: Tips Ampuh Agar Tetap Sehat Saat Musim Hujan

2 dari 4 halaman

3. Bersihkan Kamar Mandi

Kamar mandi bisa menjadi sarang kuman karena suasananya lembap dan basah. Kondisi tersebut membuat kuman dan bakteri dapat berkembang biak dengan mudah di kamar mandi. 

Maka itu, Anda perlu membersihkan toilet secara berkala, menyikat lantai kamar mandi menggunakan cairan desinfektan, serta menutup bak kamar mandi agar tidak menjadi sarang telur nyamuk.

4. Bersihkan dan Desinfeksi Area Rumah yang Lain 

Tak hanya kamar tidur, dapur, dan kamar mandi saja yang harus dibersihkan, area lain seperti ruang keluarga pun tak boleh luput dari perhatian Anda. Anda perlu menyapu dan mengepel rumah setidaknya satu kali dalam sehari. 

Bersihkan pula jendela, gagang pintu, sakelar lampu menggunakan cairan desinfektan dan lap bersih. Jangan lupa untuk mengganti karpet dan gorden secara berkala bila Anda menggunakannya. 

Artikel Lainnya: Sediakan 5 Obat-obatan Penting Ini di Musim Hujan

3 dari 4 halaman

5. Pastikan Sirkulasi Udara Baik

Sirkulasi udara di dalam rumah juga harus dipastikan dalam kondisi baik. Anda harus membuka jendela dan pintu, terutama di pagi hari, untuk membiarkan sinar matahari masuk ke dalam rumah serta menjaga sirkulasi udara tetap baik. 

Jika Anda menggunakan air conditioner, pastikan Anda membersihkannya secara berkala. Jangan biarkan asap rokok masuk di dalam rumah Anda. 

6. Jaga Kebersihan Diri 

Sebelum dan setelah membersihkan rumah, jangan lupa untuk rutin cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik. 

Selain itu, gunakan sarung tangan saat Anda membersihkan rumah, terutama ketika menggunakan cairan desinfektan. Anda juga wajib mandi setidaknya dua kali dalam sehari, terutama bila masih bekerja di luar rumah. 

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat selama musim hujan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah menjaga dan merawat rumah agar tetap bersih dan sehat.

Bila dikombinasikan dengan pola makan dan gaya hidup sehat lainnya, Anda dan keluarga dapat sehat dan prima meskipun sedang musim hujan  Cari tahu informasi atau tips sehat lainnya di aplikasi Klikdokter. Untuk konsultasi dengan dokter, gunakan fitur Live Chat 24 Jam.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar