Kesehatan Anak

4 Cara Paling Sering Anak Terinfeksi Penyakit

dr. Atika, 01 Okt 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kenali 4 rute penyebaran infeksi terbanyak berikut ini agar anak terlindungi dari penyakit.

4 Cara Paling Sering Anak Terinfeksi Penyakit

Memahami bagaimana bermacam-macam penularan penyakit infeksi yang berbeda dapat berguna bagi orangtua agar Anda dapat mengembangkan langkah-langkah preventif yang dibutuhkan, dengan begitu Anda dapat melindungi kesehatan anak. Kenali 4 rute penyebaran infeksi terbanyak di sekolah berikut ini:

1. Lewat Saluran Pencernaan

Untuk dapat menyebar, kotoran yang mengandung kuman ini harus terbawa hingga ke mulut dan tertelan, bahkan meskipun dalam jumlah yang sangat kecil sehingga kita tidak sama sekali menyadari ada partikel kotoran manusia yang masuk ke dalam makanan kita.

Mengajarkan anak untuk membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun secara menyeluruh, dalam jangka waktu yang tepat (minimal 30 detik) adalah salah satu cara terbaik untuk pencegahannya.

2. Lewat Saluran Pernapasan

Anak Batuk Pilek Saat Puasa? Atasi dengan Ini!

Beberapa penyakit infeksi disebarkan oleh kuman yang dapat hidup di mata, hidung, mulut, dan paru-paru. Contoh penyakit yang menyebar lewat metode ini adalah pilek, influenza, campak, cacar, tuberkulosis, rubela, dan pertusis. Kuman ini mudah berpindah dari hidung/ mulut seseorang ke tangan, dan tentunya ke objek-objek disekitar penderita.

Selain mencuci tangan, ajarkan juga anak-anak untuk menutup bersin/ batuk dengan siku dalam tangan/ tisu sekali pakai (jangan gunakan tangan).

Artikel lainnya: Cara Mudah Cegah Anak Terkena Infeksi

3. Kontak Langsung (Sentuhan)

Infeksi Jamur Juga Bisa Menular Lewat Sentuhan (Jamesboy-Nuchaikong/Shutterstock)

Sentuhan bisa terjadi langsung dan tidak langsung. Sentuhan langsung contohnya menyentuh lendir dari suatu kondisi penyakit, misalnya radang mata konjungtivitis yang ditandai dengan mata sangat merah, gatal, berair, dan banyak kotoran mata. Sentuhan tidak langsung, terjadi lewat barang-barang, misalnya handuk, baju dll. Contoh penyakitnya adalah bisul akibat bakteri, jamur, beberapa penyakit virus, dan penyakit budukan.

Selain mencuci tangan, pencegahan yang dilakukan bisa dengan menghindari saling bertukar/ pinjam-meminjam barang yang digunakan secara pribadi.

4. Penyebaran Lewat Makanan atau Minuman

Makanan dan minuman yang terkontaminasi dengan begitu dapat menjadi kendaraan untuk memindahkan kuman kepada orang lain. Jenis penyakit yang terjadi dari moda penularan ini contohnya kolera, disentri (buang air besar berdarah), cacingan, dll.

Selain mencuci tangan, salah satu cara untuk mencegah anak agar tidak terkena penyakit ini adalah dengan menyiapkan sendiri makan siang / camilan anak dari rumah.

Cuci tangan dengan sabun menjadi salah satu cara paling mudah namun sangat efektif untuk mengurangi penyebaran infeksi untuk berbagai rute tersebut.

Masih punya pertanyaan seputar topik ini? Kamu dapat berkonsultasi dengan dokter secara online melalui layanan Tanya Dokter.

Artikel lainnya: Musim Hujan Bikin Anak Rentan Kena 4 Penyakit Ini

Cuci tanganKebersihan TanganCara Mencegah PenyakitCara Meningkatkan Daya Tahan TubuhGlobal Hand Wash DayPencegahan Penyebaran Mikro-Organisme

Konsultasi Dokter Terkait