Covid-19

Jangan Keliru, Ini Beda Sinusitis dan COVID-19

Tri Yuniwati Lestari, 04 Mar 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Gejala sinusitis dan COVID-19 kerap sulit dibedakan. Agar lebih mudah mengetahuinya, simak perbedaan sinusitis dan COVID di sini.

Jangan Keliru, Ini Beda Sinusitis dan COVID-19

Infeksi virus corona dan sinusitis dapat menimbulkan gejala yang mirip, karena keduanya memengaruhi sistem pernapasan. Beberapa gejala infeksi coronavirus juga tumpang tindih dengan gejala infeksi sinus.

Keluhan seperti hidung tersumbat, sakit tenggorokan, atau demam dapat membuat sebagian orang bertanya-tanya, apakah ini tanda sinusitis atau COVID-19

Untuk mengetahuinya, simak beda sinusitis dan COVID-19 berikut ini. 

Perbedaan Penyebab Sinusitis dan COVID-19

Melansir Verywell Health, penyebab infeksi sinus adalah peradangan pada area sinus. Infeksi sinus paling sering terjadi setelah pilek atau alergi, ataupun sehubungan dengan kondisi yang memengaruhi sistem pernapasan.

Contohnya, virus yang menyebabkan flu biasa menyerang lapisan sinus dan menyebabkannya membengkak. Semakin banyak lendir diproduksi, penumpukan terjadi dan bakteri berkembang biak, sehingga menyebabkan infeksi sinus. 

Artikel Lainnya: Gejala Infeksi Corona Mirip Cantengan? Waspada COVID Toes

Sinusitis dapat disebabkan oleh:

Sedangkan, COVID-19 adalah penyakit pernapasan yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2. Virus ini menyebar dari orang-ke-orang, dan dapat menyebabkan gejala ringan hingga berat. 

Karena menyerang saluran pernapasan, infeksi virus corona dapat memengaruhi saluran udara dan paru-paru. Namun, gejalanya bisa terjadi pada banyak bagian tubuh lainnya juga, misalnya sistem pencernaan.

Perbedaan Gejala Sinusitis dan COVID-19

Obat-Obatan untuk Mengatasi Sinusitis

Meski kedua penyakit menyerang sistem pernapasan, ada beberapa perbedaan gejala di antara keduanya.

Dokter Devia Irine Putri mengatakan, “Pada sinusitis, biasanya disertai nyeri tekan pada area sinus seperti di sekitar pipi dan dahi. Kemudian, terdapat keluhan postnasal drip, bau mulut, bau tidak sedap di hidung, dan adanya perubahan warna pada cairan yang keluar dari hidung.”

Semua gejala sinus yang disebutkan dr. Devia tidak dialami pasien COVID-19. Adapun gejala infeksi coronavirus sebagai berikut:

Artikel Lainnya: Cara Kembalikan Penciuman Pasca Terinfeksi COVID-19

Bisakah COVID-19 Menyebabkan Sinusitis?

Infeksi saluran pernapasan atas adalah penyebab paling umum dari infeksi sinus. Penyakit coronavirus  sendiri merupakan infeksi virus saluran pernapasan atas. 

Tetapi, dilansir dari Healthline, sampai saat ini belum ada penelitian yang menemukan bahwa pasien virus corona dapat mengalami sinusitis. 

Sejauh ini hanya ada laporan sinusitis jamur pada orang dengan COVID-19. Sinusitis jamur adalah bentuk infeksi sinus yang jarang namun serius.

Laporan pada 2021 menunjukkan tiga orang dengan coronavirus mengembangkan sinusitis jamur. Namun, setiap orang memiliki kondisi medis yang sudah ada sebelumnya, meliputi diabetes dan gagal ginjal

Para peneliti mencatat, diabetes tidak terkontrol memang dapat meningkatkan risiko sinusitis jamur. 

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan hubungan virus corona dengan infeksi sinus non-jamur pada orang sehat.

Artikel Lainnya: Angka COVID-19 Naik Lagi, Ini Beda Gejala Omicron dan Flu

Bagaimana Bila Penderita Sinusitis Terinfeksi COVID-19?

Sakit Kepala Akibat Sinusitis, Ini Ciri-Cirinya

Jika Anda mengidap sinusitis dan terpapar virus corona, hal pertama yang perlu dilakukan adalah isolasi diri. Kemudian, hubungi dokter dan jelaskan kondisi secara lengkap.

“Sebaiknya tetap berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan kondisi dan mengikuti anjuran, seperti minum obat yang diberikan untuk kurangi gejala, mencuci hidung untuk membantu mengurangi keluhan hidung tersumbat, dan membersihkan lendirnya,” papar dr. Devia.

Pastikan juga untuk mendapatkan istirahat cukup dan minum banyak air agar tetap terhidrasi.

Konsultasi dengan dokter lebih mudah dan cepat lewat fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter

(FR/AYU)

Referensi:

  • Wawancara dr. Devia Irine Putri.
  • Healthline. Diakses 2022. Is It a Sinus Infection or COVID-19? How to Tell the Difference.
  • Healthline. Diakses 2022. How to Tell the Differences Between COVID-19 and a Sinus Infection.
  • Verywell Health. Diakses 2022. Sinus Infection vs. COVID-19: What Are the Differences?
  • OSF Healthcare. Diakses 2022. Sinus infection or COVID-19?

Ditinjau oleh dr. Devia Irine Putri

gangguan pernapasanvirus coronaSinusitis

Konsultasi Dokter Terkait