Sukses

Manfaat Konsumsi Daun Bawang untuk Kesehatan Ibu Hamil

Daun bawang baik bagi kesehatan ibu hamil, mulai dari jaga tekanan darah hingga cegah diabetes. Simak manfaat daun bawang untuk ibu hamil di sini.

Bicara soal daun bawang, hal pertama yang terlintas di benak kita biasanya adalah fungsinya untuk menyedapkan masakan. Padahal, daun bawang punya keunggulan lainnya, yaitu menyehatkan ibu hamil.

Konsumsi daun bawang untuk ibu hamil bermanfaat berkat berbagai kandungan nutrisinya. Daun bawang dikenal memiliki kandungan kalsium, folat, vitamin A, B, dan C, kalium, zat besi, serta fosfor. 

“Daun bawang jika dikonsumsi bisa membantu menjaga daya tahan tubuh dan membantu melancarkan saluran pencernaan ibu hamil. Kandungan seratnya juga baik untuk mengontrol gula darah dan kolesterol dalam tubuh,” jelas dr. Devia Irine Putri.

Berikut beberapa manfaat daun bawang untuk ibu hamil:

1 dari 3 halaman

1. Mengatur Tekanan Darah

Daun bawang mengandung phytonutrients yang baik untuk kesehatan kehamilan. “Kandungan phytonutrients (antioksidan) dipercaya bisa membantu menjaga tekanan darah,” terang dr. Devia. 

Menurut American Heart Association (AHA), tekanan darah dikatakan normal jika angkanya berkisar dari 91/60 mmHg hingga 120/80 mmHg. 

Angka di bawah 90/60 mmHg bisa dikategorikan sebagai tekanan darah rendah (hipotensi). Sedangkan, angka di atas 140/90 mmHg pada menunjukkan tekanan darah tinggi (hipertensi).

Artikel lainnya: Manfaat Konsumsi Daun Kelor untuk Ibu Hamil

Ibu hamil harus menjaga tekanan darahnya di angka normal agar tidak terjadi komplikasi pada bayi yang dikandungnya. Makan daun bawang saat hamil dapat membantu mencegah preeklamsia, hipertensi gestasional, dan persalinan prematur

2. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh 

Dokter Devia mengatakan daun bawang merupakan salah satu sumber vitamin C. Kandungan ini sangat penting untuk memperkuat daya tahan tubuh ibu hamil. 

Bagi ibu hamil, vitamin C juga baik bagi pertumbuhan dan perbaikan jaringan di seluruh tubuh. Kerusakan jaringan tubuh dan peradangan bisa teratasi dengan vitamin C. 

Selain itu, vitamin C penting untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap zat besi. 

2 dari 3 halaman

3. Menyehatkan Saluran Pencernaan

Daun bawang merupakan sumber serat yang bagus dan dapat membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. 

Menurut University of Rochester Medical Center, Amerika Serikat, hormon progesteron saat hamil dapat menyebabkan relaksasi otot polos. Hal ini dapat memperlambat sistem pencernaan dan menimbulkan ketidaknyamanan, misalnya konstipasi dan mual

Khasiat daun bawang untuk ibu hamil dapat mencegah sembelit dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Artikel lainnya: Kaya Nutrisi, Ini Manfaat Sayur Okra untuk Ibu Hamil

4. Mencegah Diabetes Gestasional

Daun bawang mengandung kromium yang dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap terkendali. Kandungan ini juga mengurangi dan menghindarkan dari resistensi insulin. Dengan manfaat tersebut, ibu hamil dapat mencegah penyakit diabetes gestasional

Melansir Mayo Clinic, diabetes gestasional adalah diabetes yang bisa dialami selama masa kehamilan. Penyakit ini dapat berpengaruh pada kehamilan dan kesehatan bayi. Jadi, sangat penting untuk menjaga kadar gula ibu hamil tetap normal. 

Dalam mengonsumsi daun bawang saat hamil, dr. Devia menyarankan, “Sebaiknya dikonsumsi sewajarnya. Misalnya, dicampur dalam makanan utama. Terlalu banyak konsumsi daun bawang bisa meningkatkan risiko mual, heartburn, dan diare.”

Itulah beberapa manfaat daun bawang yang baik untuk ibu hamil. Jaga pola makan bergizi seimbang dan gaya hidup sehat lainnya demi menjaga kondisi kehamilan. 

Bila ingin bertanya lebih lanjut seputar makanan untuk ibu hamil, Anda bisa berkonsultasi lebih mudah lewat Live Chat dokter kandungan. Beli susu dan suplemen kehamilan lebih praktis di Belanja Sehat.

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar