Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Kerak, Kotoran, dan Bau di Kamar Mandi, Apakah Berbahaya?

Kerak, Kotoran, dan Bau di Kamar Mandi, Apakah Berbahaya?

Kamar mandi adalah area yang mudah dihinggapi kuman. Beberapa tandanya, yaitu terdapat kotoran, kerak dan bau. Apakah kondisi kamar mandi kotor berbahaya? Cek faktanya!

Kamar mandi adalah area penting di dalam rumah yang kebersihannya sering diabaikan. Padahal, area ini memiliki tingkat kelembapan yang tinggi sehingga kuman penyebab penyakit lebih mudah bersarang.

Kamar mandi yang kebersihannya tidak dijaga dengan saksama ditandai dengan adanya bau tak sedap, tampak kotor, dan disertai banyaknya kerak atau jamur di dinding.

Kondisi kamar mandi kotor yang seperti itu berpotensi tinggi menjadi sumber penularan penyakit, khususnya bagi orang-orang yang sering menggunakannya.

1 dari 3 halaman

Bahaya Kamar Mandi Kotor bagi Kesehatan

Tanpa disadari, kamar mandi kotor dan jarang dibersihkan menyimpan ribuan kuman berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit.

Artikel Lainnya: Seberapa Sering Harus Membersihkan Kamar Mandi?

Berikut ini beberapa penyakit yang bisa terjadi akibat kamar mandi bau, berkerak, dan kotor:

1. Gastroenteritis

Gastroenteritis adalah penyakit yang menyerang saluran pencernaan. Menurut jurnal Elsevier Public Health Emergency Collection,  kondisi ini disebabkan oleh infeksi rotavirus yang mudah menular ke manusia karena memiliki kemampuan untuk bertahan di permukaan padat selama seminggu.

Gejala yang timbul akibat penyakit ini, yaitu diare, mual, dan muntah. Pada beberapa kasus, gastroenteritis juga bisa menyebabkan dehidrasi atau kekurangan cairan. Dehidrasi yang tidak segera ditangani dapat membahayakan keselamatan.

2. Infeksi Bakteri

Kamar mandi berkerak, bau, dan kotor juga berpotensi tinggi menyebabkan infeksi bakteri.

Berdasarkan penelitian oleh American Society for Microbiology, beberapa jenis bakteri yang bersembunyi di dalam kamar mandi kotor, yaitu E-coli, streptococcus, dan salmonella.

Apabila terkena infeksi bakteri tersebut, Anda bisa mengalami diare, peradangan usus, atau demam tifoid.

Semua penyakit itu dapat menyebabkan badan lemas sehingga kesulitan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

3. Penyakit Kulit

Merujuk studi yang dimuat dalam International Journal of Dermatology, penyakit kulit juga bisa terjadi akibat kamar mandi kotor, bau, dan berkerak.

Kondisi ini terjadi akibat infeksi bakteri staphylococcus, yang berkumpul di kamar mandi kotor lantaran banyaknya sel kulit mati.

Infeksi bakteri staphylococcus pada kulit dapat menyebabkan selulitis, bisul, dan staphylococcal scalded skin syndrome (SSSS).

4. Cedera Akibat Terpeleset

Studi dalam Journal of Family and Community Medicine menyebut, kamar mandi kotor dan jarang dibersihkan berpotensi tinggi memiliki lantai yang licin sehingga bisa meningkatkan risiko cedera akibat terpeleset.

Tingkatan cedera yang dialami bisa bervariasi; mulai dari terkilir, cedera tulang belakang, luka gores maupun terbuka, dan yang paling fatal adalah patah tulang atau bahkan kematian.

Artikel Lainnya: Tips Menggunakan Toilet Umum yang Kotor

2 dari 3 halaman

Cara Praktis Atasi Kerak, Kotoran, dan Bau di Kamar Mandi

Kamar mandi berkerak, kotor, dan bau mesti segera diatasi. Berikut ini langkah mudah yang bisa Anda ikuti untuk itu:

  • Mulai dari Lantai dan Dinding Kamar Mandi

Lantai dan dinding kamar mandi adalah bagian yang paling sering terpapar kotoran. Oleh karena itu, dua bagian ini mesti dibersihkan secara rutin menggunakan cairan disinfektan khusus.

Gunakan Vixal Pembersih Kamar Mandi yang 100X LEBIH TANGGUH membersihkan kerak sehingga kamar mandi Anda bersih, wangi, dan bebas kuman!

  • Perhatikan Area Dudukan Toilet

Jangan lupa untuk membersihkan area dudukan toilet secara rutin. Pasalnya, bagian ini juga mengandung banyak kuman tak kasatmata yang dapat menginfeksi Anda kapan saja.

Jika toilet Anda berwarna kekuningan atau memiliki kerak, gunakan Vixal Toilet Anti  Kerak yang 100X LEBIH TANGGUH menghilangkan kerak.

Cairannya yang kental dapat membantu membersihkan toilet Anda ke semua bagian, bahkan bagian dalam lubang toilet yang terendam air sehingga toilet Anda pun terjamin bersih dan anti kuman!

  • Disinfeksi Kamar Mandi Rutin

Pada masa pandemi ini, kamar mandi dapat menjadi sarang penyakit. Kamar mandi yang bersih pun tak menjamin bebas dari kuman yang tak kasat mata. Oleh karena itu, kamar mandi sangat perlu untuk dibersihkan secara rutin.

Gunakan Vixal Bleach Disinfectant yang 100X LEBIH TANGGUH membunuh kuman. Formula kental Sodium Hypochloritenya sesuai dengan rekomendasi World Health Organization (WHO).

Menurut WHO, formula Sodium Hypochlorite yang digunakan dapat membunuh virus, termasuk virus COVID-19. Vixal Bleach Disinfectant sangat ampuh untuk melindungi keluarga Anda.

Butuh saran dari dokter terkait cara membersihkan kamar mandi kotor agar kuman dan kerak sepenuhnya hilang?

Anda bisa mengonsultasikannya secara langsung melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar