Sukses

Manfaat Main Catur untuk Kesehatan Otak

Permainan catur jangan dipandang sebelah mata. Permainan ini ternyata bagus untuk kesehatan otak anak-anak dan orang dewasa!

Catur merupakan salah satu permainan yang asyik dilakukan di kala senggang. Meski terkesan mudah, nyatanya cabang olahraga ini memiliki kesulitan tersendiri dan tak semua orang pintar memainkannya.

Sebenarnya, butuh latihan mendalam untuk benar-benar bisa dikatakan jago bermain catur. Bahkan, dalam dunia profesional, perlu waktu lama agar seseorang dapat menjadi Grand Master.

Baru-baru ini permainan catur pun menarik perhatian masyarakat setelah digelarnya pertandingan persahabatan antara Dewa Kipas vs GM Irene Sukandar di channel YouTube Deddy Corbuzier. Acara ini menjadi salah satu bukti bahwa catur banyak digandrungi.

Tahukah Anda? Permainan catur punya beberapa manfaat bagi kesehatan otak. Simak berikut ini:

1. Meningkatkan Konsentrasi

Permainan catur melibatkan duel strategi supaya tidak salah langkah. Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, main catur bisa meningkatkan konsentrasi. 

Kalau tidak berkonsentrasi, Anda bisa salah memprediksi langkah lawan dan akhirnya kalah.

2. Mempertahankan Kemampuan Mengingat

Dokter Astrid menjelaskan, manfaat catur dapat mempertahankan kemampuan mengingat Anda. Bermain catur bisa meningkatkan daya ingat, karena aturan mainnya kompleks dan harus diingat oleh pemain. 

Artikel lainnya: Ini Dia 5 Cara Bikin Otak Lebih Tajam

1 dari 4 halaman

3. Cepat Memproses Informasi

Ketika bermain catur, langkah bidak lawan harus diproses sedemikian rupa oleh otak. Anda harus tahu maksud dari langkah tersebut, sehingga bisa mengantisipasi serangan.

Karena itulah, dr. Astrid menerangkan bahwa main catur bisa sangat berguna untuk latihan memproses setiap informasi di dalam otak.

4. Melatih Kemampuan Perencanaan

Menurut dr. Astrid, kemampuan perencanaan menjadi salah satu manfaat catur yang bisa Anda miliki. Sebab, dalam permainan, pemain akan mengambil keputusan dan membaca langkah lawan sehingga perlu perencanaan yang matang.

Permainan strategi seperti catur dapat mendorong perkembangan korteks prefrontal (struktur dasar otak). Main catur bisa melatih si pemain untuk lebih baik dalam pengambilan keputusan.

Artikel lainnya: 5 Permainan Sederhana untuk Tingkatkan Kecerdasan si Kecil

2 dari 4 halaman

5. Mampu Memecahkan Masalah

"Catur juga bisa disebut sebagai olahraga untuk membantu memecahkan masalah," kata dr. Astrid Wulan.

Pasalnya, saat tertekan atau terdesak dalam permainan catur, Anda harus cepat bertindak dan berkelit supaya raja tetap aman serta terhindar dari skak mat.

6. Meningkatkan Kreativitas 

Otak kanan bertanggung jawab atas kreativitas. Manfaat main catur bisa mengaktifkan otak bagian kanan untuk mengembangkan sisi kreatif Anda.

7. Terhindar dari Demensia

Dalam penelitian berjudul Chess Practice as a Protective Factor in Dementia (2019), para ilmuwan menemukan catur dapat membantu melindungi orang tua dari demensia.

Peneliti menemukan bukti, permainan catur bagus untuk ingatan, kalkulasi, keterampilan visual-spasial, dan kemampuan berpikir kritis. Jelas hal ini dapat membantu mengurangi penurunan kognitif dan menunda efek demensia seiring bertambahnya usia.

Artikel lainnya: 5 Hobi yang Bikin Mental Anda Lebih Sehat

3 dari 4 halaman

8. Meningkatkan IQ

Sebuah penelitian terhadap 4.000 siswa dari Venezuela menunjukkan, bermain catur dapat secara signifikan meningkatkan nilai IQ anak-anak.

9. Merangsang Pertumbuhan Otak

Catur dan permainan otak lainnya menantang otak serta merangsang neuron untuk membentuk koneksi di seluruh otak. Bila terdapat lebih banyak koneksi, berarti komunikasi saraf di dalam otak menjadi lebih cepat pada keadaan yang optimal.

10. Membantu Mencegah Penyakit Alzheimer

Otak bekerja seperti otot. Oleh karena itu, organ tubuh ini juga membutuhkan latihan agar sehat dan terhindar dari cedera.

Sebuah studi dalam The New England Journal of Medicine menemukan, orang-orang berusia di atas 75 tahun yang terlibat dalam permainan catur lebih kecil kemungkinannya untuk terkena masalah demensia, seperti Alzheimer.

Itulah deretan manfaat bermain catur untuk kesehatan otak. Yuk, ajak teman atau keluarga main catur di waktu santai. Menyenangkan dan bermanfaat!

Ingin tahu info menarik seputar kesehatan lainnya? Download aplikasi KlikDokter. Anda juga bisa konsultasi langsung dengan dokter lebih cepat lewat Live Chat.

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar