Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Sederet Penyebab Pasangan Menolak Hubungan Seks

Jika sesekali dilakukan, menolak berhubungan intim masih bisa dimaklumi. Tapi, apa jadinya jika pasangan Anda terus menolak ajakan seks? Wajar atau tidak? Ini kata medis

Hubungan intim adalah salah satu faktor yang menentukan keharmonisan rumah tangga. Tidak heran, medis menyarankan untuk melakukan aktivitas suami istri ini secara rutin dan teratur.

Sayangnya, tidak setiap pasangan suami istri bisa melakukan hubungan seks rutin. Beberapa pasangan juga mungkin menolak hubungan intim, karena adanya masalah tertentu.

1 dari 3 halaman

Kenapa Pasangan Menolak Hubungan Intim?

Sesekali menolak hubungan intim adalah hal yang wajar dan bisa ditoleransi. Hal yang jadi masalah adalah ketika Anda atau pasangan selalu menolak seks tanpa peduli situasi dan kondisi di sekitar.

Menanggapi hal tersebut, Ikhsan Bella Persada, M.Psi, Psikolog., mengatakan, menolak hubungan intim yang dilakukan secara terus-menerus dapat menjadi tanda adanya suatu masalah.

Beberapa masalah yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Tidak Ada Komunikasi yang Baik

Perkara komunikasi yang tidak terjalin dengan baik, pasangan bisa saja enggan menceritakan masalah yang dimiliki. Hal ini bisa membuatnya menutup diri dari segala kegiatan yang sebelumnya dilakukan rutin. 

Cepat atau lambat, hal-hal seperti itu bisa mempengaruhi kehidupan di luar maupun di dalam rumah.

  1. Kurang Percaya Diri

Kurang percaya diri juga bisa jadi penyebab tidak mau berhubungan intim. Misalnya, merasa tidak memiliki bentuk tubuh ideal, memiliki aroma tubuh yang menurutnya kurang sedap, merasa tidak andal di atas ranjang, dan sebagainya. 

Artikel Lainnya: Wanita Menolak Hamil, Adakah Efeknya bagi Kesehatan?

  1. Perselingkuhan 

Perselingkuhan juga bisa jadi alasan lain mengapa pasangan terus menolak berhubungan intim. Karena sudah menemukan ‘sesuatu yang lebih’, pasangan bisa saja menjadi kurang tertarik dengan Anda.

Kendati demikian, bukan berarti segala penolakan untuk beraktivitas di atas ranjang adalah tanda perselingkuhan. Menurut Ikhsan, selingkuh atau tidak, jika pasangan Anda punya libido tinggi, hubungan seks bisa tetap dilakukan. 

  1. Merasa Lelah

Beban yang terus terakumulasi di pikiran dapat membuat pasangan kelelahan secara mental. Meski tubuhnya tampak bugar, namun suasana hati (mood) bisa saja berantakan.

Hal tersebut dapat membuat minatnya dalam melakukan aktivitas sehari-hari cenderung rendah. Alhasil, pasangan mungkin akan terus menolak saat diajak berhubungan intim.

  1. Vagina Kering

Vagina kering adalah kondisi yang biasanya dialami oleh wanita menopause. Keadaan ini juga bisa jadi alasan pasangan untuk menolak berhubungan intim. 

Faktanya, berhubungan seks dengan kondisi vagina kering dapat menyebabkan rasa nyeri yang tidak nyaman. 

  1. Impotensi 

Impotensi juga jadi alasan lainnya mengapa pasangan menolak untuk berhubungan seks. Impotensi atau disfungsi ereksi merupakan kondisi penis yang tidak mampu ereksi atau mempertahankannya, sehingga aktivitas seksual pun jadi terganggu.

Artikel Lainnya: Pria Enggan Berhubungan Seks, Ada Masalah Apa?

2 dari 3 halaman

Solusi Mengatasi Pasangan yang Sering Menolak Diajak Bercinta

Ketika pasangan menolak untuk bercinta, ada baiknya Anda tidak langsung marah atau menuduh hal yang tidak-tidak. Sebaiknya, biarkan pasangan beristirahat sejenak dan menenangkan pikirannya.

Jika pasangan terus menolak ajakan seks meski dirinya sudah cukup istirahat, bangunlah komunikasi yang baik dengannya. Cari tahu, kira-kira masalah apa yang sedang dialaminya.

Tanyakan dengan intonasi yang tidak mengintimidasi. Hal ini akan buat mereka lebih tenang, dan pada akhirnya mau terbuka pada Anda. Jika akar masalahnya sudah diketahui, cobalah untuk menentukan jalan yang terbaik.

Jika solusi terbaik masih sulit ditemukan, mintalah bantuan tenaga profesional. Anda dan pasangan dapat berkunjung ke psikolog apabila penyebab tidak mau berhubungan seks adalah masalah psikis. Jika penyebabnya adalah masalah fisik, berkonsultasilah pada dokter.

Masih penasaran atau punya pertanyaan mengenai pasangan yang selalu menolak seks? Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut pada dokter atau psikolog menggunakan layanan LiveChat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar