Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Yuk, Kenali Manfaat Pelukan Kupu-kupu untuk Atasi Rasa Cemas Berlebih!

Yuk, Kenali Manfaat Pelukan Kupu-kupu untuk Atasi Rasa Cemas Berlebih!

Sedang merasa tak enak hati dan lagi sendirian? Jangan sedih, ayo coba metode butterfly hug atau pelukan kupu-kupu agar perasaan Anda jauh lebih baik

Salah satu drama Korea terkenal menampilkan adegan di mana si tokoh utama mempraktikkan metode butterfly hug atau pelukan kupu-kupu. Ia melakukan teknik tersebut saat dirinya merasa sedih, takut, dan kesepian. 

Karena bisa dilakukan oleh orang-orang yang membutuhkan, terutama jika sedang sendiri, yuk, coba berkenalan dengan metode pelukan kupu-kupu ini!

Apa Manfaat Pelukan Kupu-kupu?

Sebelum Anda mengetahui soal manfaat pelukan kupu-kupu, ada baiknya kenali dulu asal mula metode tersebut. 

Metode butterfly hug ini berasal dan dikembangkan oleh Lucina Artigas dan Ignacio Jarero. Mereka melakukan dan mengembangkannya saat menolong para korban selamat dari sebuah badai besar di Acapulco, Meksiko pada tahun 1998. 

Karena berhasil membuat perasaan orang-orang menjadi lebih baik, maka pelukan kupu-kupu atau butterfly hug ini berkembang menjadi praktik standar dokter dan psikolog di lapangan, khususnya untuk pasien yang habis melewati masa-masa trauma. 

Pelukan kupu-kupu merupakan metode intervensi terapeutik yang dapat dilakukan sendiri untuk membantu seseorang agar ia lebih relaks. 

Metode ini memproses materi traumatis sehingga orang yang melakukannya bisa merasa lebih tenang. 

Sementara itu, menurut Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog, manfaat pelukan kupu-kupu sebenarnya tidak hanya bisa dijadikan sebagai cara mengatasi gangguan kecemasan. 

Pelukan kupu-kupu juga bermanfaat untuk menyalurkan apa yang selama ini si korban pendam, misalnya rasa kehilangan. 

“Saya memiliki klien yang kerap menahan rasa sedih dan tangisnya saat ditinggal oleh orang terkasih. Saat melakukan metode butterfly hug ini, perasaan yang dipendam akhirnya bisa keluar lepas. Mereka benar-benar menangis dan lega. Pelukan kupu-kupu memang ampuh untuk menurunkan tingkat stres,” jelas Ikhsan. 

Artikel Lainnya: 5 Manfaat Pelukan untuk Anak

1 dari 4 halaman

Bagaimana Cara Melakukan Pelukan Kupu-kupu?

Kabar baiknya lagi, metode butterfly hug ini sangat mudah dilakukan oleh siapa saja. Ya, Anda hanya butuh diri sendiri. Adapun cara melakukan pelukan kupu-kupu, yaitu seperti berikut ini.

  • Cari tempat yang lebih tenang. Lalu, atur napas Anda dan tarik napas dalam sampai Anda merasa lebih fokus untuk melakukan metode butterfly hug. 
  • Silangkan kedua tangan di dada, lalu kedua telapak tangan naik ke bahu atau tulang leher Anda.
  • Lalu, tepukkan tangan di atas bahu atau tulang leher secara perlahan dan bergantian (kiri dan kanan). Terus lakukan pelukan kupu-kupu ini selama 30 detik atau beberapa menit. Intinya, lakukan sampai Anda merasa jauh lebih baik.
  • Setelah jauh lebih tenang, tutup dengan tarikan dan buang napas yang dalam. 
2 dari 4 halaman

Apakah Butterfly Hug Membutuhkan Tempat yang Sepi?

Mungkin sebagian dari Anda bertanya, bagaimana jika kita merasakan cemas dan sedih saat berada di keramaian. Apakah kita harus meninggalkan tempat itu dulu untuk sementara waktu? 

“Untuk orang yang baru-baru coba pelukan kupu-kupu, akan lebih baik jika dia mencari tempat yang lebih kondusif dan nyaman untuk fokus dan tenang. Takutnya kalau terlalu ramai dia bisa terdistraksi. Bagi yang sudah biasa, dia mungkin bisa memfokuskan diri meski situasinya padat,” jawab Ikhsan. 

Artikel Lainnya: Manfaat Pelukan sebagai Obat untuk Penderita Gangguan Bipolar

3 dari 4 halaman

Butterfly Hug Bukan Pengganti Terapi

Buat Anda yang memiliki masalah psikis dan membutuhkan terapi dari seorang psikolog atau psikiater, metode pelukan kupu-kupu tidak bisa menggantikan terapi tersebut.

Bisa dibilang, butterfly hug ini merupakan obat pereda gejala saja atau pertolongan pertama. 

Metode pelukan kupu-kupu merupakan alat yang dirancang untuk membantu mengurangi kecemasan dan menenangkan Anda saat ini, tetapi bukan cara yang bisa digunakan sebagai pengganti terapi. 

Ini bisa dilakukan saat serangan cemas, rasa tertekan, bayangan trauma, atau kesedihan lainnya tiba-tiba muncul. 

Untuk mengatasi “luka” yang sesungguhnya dan menyembuhkan diri supaya hal tersebut tidak terulang terus, Anda sebaiknya pergi berkonsultasi dan mendapatkan terapi dari psikolog atau psikiater. 

Itu dia penjelasan manfaat pelukan kupu-kupu atau butterfly hug. Apabila Anda masih ada pertanyaan terkait bagaimana cara mengatasi gangguan kecemasan dan lain sebagainya, langsung saja berkonsultasi dengan psikolog atau dokter kami lewat fitur LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar