Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Tak Cuma Mau Dipeluk, Udara Dingin Juga Picu Keinginan Berhubungan Seks

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Tak Cuma Mau Dipeluk, Udara Dingin Juga Picu Keinginan Berhubungan Seks

Disebut sebagai ‘musim kawin’, benarkah udara dingin bisa picu gairah seks? Yuk, simak penjelasan dokter dan ahli pada uraian berikut ini.

Umumnya, seseorang yang merasa kedinginan akan mencari kehangatan dari segelas teh hangat, secangkir cokelat panas, atau semangkuk sup. Tapi, tidak sedikit juga orang yang mencari kehangatan dengan berhubungan seks. Hmmm, sebenarnya apa hubungan antara udara dingin dan gairah seks?

Adakah Pengaruh Cuaca dengan Gairah Seks?

Menurut seorang dokter kandungan dan juga penulis buku PCOS SOS, Felice Gersh, M.D., libido atau gairah seksual seseorang merupakan hal kompleks yang dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah cuaca dingin. 

Meski begitu, sampai saat ini belum ada penelitian pasti yang mengatakan bahwa cuaca dingin bisa membuat gairah seseorang bertambah. 

“Jika dilihat, memang ada peran dari cuaca dingin dengan gairah seks. Tetapi, cuaca mungkin bisa jadi satu dari sekian banyak faktor lainnya yang membuat seseorang jadi mau berhubungan seks,” kata dr. Felice. 

Artikel Lainnya: Tips untuk Meningkatkan Kehidupan Seks Bersama Pasangan

Kendati demikian, fakta penelitian justru berkata lain. Masih menurut dr. Felice Gersh, gairah seks ternyata bisa menurun di musim dingin. Hal ini disebabkan oleh kadar hormon testosteron di dalam tubuh. 

Testosteron terbukti memiliki hubungan kuat dengan libido Anda. Semakin banyak kadar testosteron yang Anda miliki, semakin tinggi hasrat seksual yang Anda rasakan. 

"Kadar testosteron cenderung tinggi di musim gugur dan terendah selama musim panas," kata Dr. Gersh. Namun, saat musim dingin tiba, testosteron mulai turun dari puncaknya dan mungkin Anda merasa kurang bergairah untuk berhubungan seks. 

Selain itu, kadar estrogen (sering disebut hormon seks wanita) di dalam tubuh juga berperan kuat dalam mengatur gairah bercinta seseorang, lho. Penelitian menunjukkan, kadar estrogen di dalam tubuh wanita cenderung memuncak di musim panas dan lebih rendah di musim dingin. 

Artikel Lainnya: 7 Kebiasaan Ini Bisa Tingkatkan Libido Anda

1 dari 3 halaman

Bergairah Saat Musim Dingin? Wajar kok!

Meski secara fakta musim dingin tak selalu membuat seseorang ingin bercinta, tidak sedikit juga pria atau wanita yang justru malah bergairah saat musim dingin. 

Marisa Cohen, Ph.D., seorang profesor psikologi di St. Francis College dan penulis From First Kiss to Forever: A Scientific Approach to Love mengatakan, ketika orang-orang kedinginan, mereka akan mencari kehangatan dan kedekatan dengan orang yang disayangi. 

Nah, hal tersebut bisa mengarah pada keinginan seseorang untuk berpasangan dengan orang lain dan akhirnya berhubungan seks. Kondisi ini disebut sebagai cuffing season atau hasrat menjalin hubungan saat musim dingin.

Melansir dari Men’s health, ada beberapa alasan yang menyebabkan seseorang ingin berhubungan seks ketika berada di cuaca yang dingin, seperti: 

  • Semua orang berusaha untuk tetap hangat 

Cohen mengatakan, interaksi sosial cenderung berkurang selama musim dingin. Sebab, banyak orang yang mengisolasi dirinya di rumah dan memilih untuk bermalas-malasan.

Singkatnya, Anda akan cenderung merasa lebih dingin ketika sendirian dan berusaha untuk mencari aktivitas lain yang bikin badan hangat, salah satunya, ya, dengan berhubungan seks. 

Menurut penjelasan dari dr. Arina Heidyana pada KlikDokter, berhubungan seks memang bisa menciptakan kehangatan, karena secara tidak langsung Anda dan pasangan akan terus bergerak sampai mencapai orgasme. Ini akan menimbulkan gesekan dari tubuh ke tubuh sehingga menciptakan rasa hangat. 

Artikel Lainnya: 8 Wangi Alami yang Dapat Meningkatkan Gairah Seks Pria

  • Libido Pria Memuncak Saat Cuaca Dingin 

Para peneliti juga mengatakan, kadar testosteron pria akan mencapai puncaknya pada bulan Desember. Diduga, ini terjadi karena adanya perubahan pola iklim dan pola tidur seseorang. Ketika hormon testosteron meningkat, maka gairah seks pria pun juga semakin meningkat. Ini bisa mengarah pada keinginan untuk berpasangan dengan orang lain dan berhubungan seks.

  • Cuaca dingin rentan membuat depresi

Saat musim dingin tiba, banyak orang jarang terpapar sinar matahari, dan hal ini memengaruhi gairah seksual pria. Pasalnya, otak berperan untuk menghasilkan hormon serotonin, yaitu neurotransmitter yang bisa mempengaruhi rasa bahagia seseorang. 

Jika paparan sinar matahari sedikit karena cuaca mendung, akan muncul sensasi kesepian dan depresi. Akibatnya, suasana hati cenderung tidak stabil karena hari-hari terasa berubah.

Bahkan, seorang psikolog dari Harvard University, Justin Lehmiller mengatakan, perubahan suasana hati ini dapat memancing hasrat untuk berhubungan seks dengan pasangan.

  • Cuaca dingin berkaitan dengan istirahat dan liburan

Musim dingin memang sering dikaitkan dengan musim liburan. Inilah yang membuat banyak orang menghabiskan waktu untuk beristirahat dan menikmati waktu dengan pasangan. 

Biasanya waktu istirahat ini akan digunakan oleh pasangan untuk meningkatkan kembali hubungan mereka dengan cara melakukan hubungan seksual, menonton film romantis, memasak bersama, dan sebagainya. 

Artikel Lainnya: Rutin Buka Puasa dengan Kurma Tingkatkan Gairah Seks?

2 dari 3 halaman

Cara Supaya Nyaman Berhubungan Seksual di Cuaca Dingin 

Agar sesi bercinta di musim dingin tetap aman dilakukan, ada beberapa tips yang bisa diikuti. Berikut penjelasannya:

  1. Hindari berhubungan seks di kamar mandi untuk menghindari flu

Menurut dr. Arina, ketika cuaca sedang dingin, sebaiknya tidak terlalu berlama-lama berada di dalam air karena bisa memicu kedinginan dan flu. Terutama bagi Anda yang punya alergi dingin, seks di kamar mandi saat cuaca dingin sebaiknya tidak dilakukan.

  1. Naikan suhu ruangan agar tak terlalu dingin

Sebagian besar pasangan akan membuka seluruh bajunya ketika berhubungan seksual. Berada di ruangan yang dingin tanpa busana justru bisa meningkatkan risiko kedinginan dan buat sesi seks jadi tidak nyaman. 

Anda bisa menaikkan suhu kamar agar ruangan terasa lebih hangat dan sesi bercinta pun bisa dilakukan dengan aman. 

Artikel Lainnya: Gairah Seks di Setiap Tahapan Usia

  1. Minum minuman hangat setelah berhubungan seks

Minum teh atau cokelat hangat juga dianjurkan setelah sesi panas berakhir. Tujuannya untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama ‘olahraga’ dan buat tubuh dan pikiran jadi semakin rileks. Minuman hangat juga dapat membuat tubuh terasa rileks dan Anda berdua pun bisa terlelap setelah bercinta. 

Itulah penjelasan hubungan antara gairah seks dan cuaca dingin. Di atas juga sudah dijelaskan tips yang bisa diikuti saat hendak melakukan hubungan seksual di kala cuaca dingin.

Jika kondisi badan tidak memungkinkan untuk berhubungan seks, jangan dipaksa, ya! Apabila ada hal lain yang ingin diketahui tentang gairah seks dan cuaca dingin, Anda bisa ajukan pertanyaan dengan dokter secara online lewat fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter

(OVI/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar