Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Mau Olahraga Outdoor Saat Pandemi Virus Corona, Ikuti 4 Langkah Ini!

Mau Olahraga Outdoor Saat Pandemi Virus Corona, Ikuti 4 Langkah Ini!

Anda mau tetap olahraga outdoor pada masa pandemi virus corona seperti sekarang ini? Hati-hati, ya, coba ikuti beberapa langkah ini.

Olahraga adalah salah satu cara untuk menjaga imunitas tubuh. Hal tersebut tentu penting di masa wabah virus corona saat ini. Sayangnya, olahraga outdoor sekarang tidak terlalu dianjurkan demi menerapkan physical distancing.

Namun, kalau Anda ngotot ingin olahraga di luar rumah, tenang! Tetap ada cara, kok supaya tetap aman beraktivitas fisik di luar ruangan. Ikuti terus artikel ini, ya!

Amankah Berolahraga di Luar Rumah Saat Wabah Virus Corona?

Profesor David Nieman, ahli kesehatan dari Appalachian State University, Amerika Serikat, mengatakan bahwa olahraga—seperti lari sendirian di luar ruangan—dan menikmati alam bebas sangat baik untuk fisik dan mental.

Dia juga meyakini bahwa aktivitas fisik di luar ruangan dalam waktu 30-60 menit terbukti membantu sistem kekebalan tubuh manusia.

Tapi, Anda lantas berpikir, hal tersebut bisa dilakukan dalam kondisi normal, bukan saat pandemi COVID-19 seperti sekarang.

Anda berpikir sangat berisiko berolahraga outdoor karena akan bertemu orang banyak, mengobrol, dan bersentuhan. Belum lagi Anda pergi ke tempat umum yang bisa saja banyak terdapat kuman dan virus.

Artikel Lainnya: Hati-hati Virus Corona, Ini Pertolongan Pertama untuk Mengatasinya

Pemikiran tersebut tidaklah salah. Akan tetapi, keluar rumah bisa tetap aman dilakukan, kok. Salah satunya adalah dengan memilih jalur dan lokasi olahraga yang tidak terlalu ramai.

Untuk menghindari situasi ramai dan bertemu banyak orang, Anda juga dapat selektif memilih waktu berolahraga. Sebaiknya, pilih pagi hari di mana orang-orang belum terlalu ramai.

Namun demikian, pastikan dulu kesehatan Anda sebelum mulai berolahraga. Apabila Anda termasuk dalam golongan ODP, sebaiknya tunggu usai masa karantina mandiri berakhir.

1 dari 3 halaman

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Olahraga di Luar Rumah

Bosan olahraga di dalam rumah? Tidak ada salahnya sesekali berolahraga outdoor. Yang penting, tetap perhatikan beberapa hal ini untuk meminimalkan risiko. Berikut tips olahraga outdoor di masa pandemi coronavirus dari dr. Devia Irine Putri:

  1. Usahakan Konsisten 

Anda harus tetap berolahraga 3-4 kali dalam seminggu, dengan durasi 30-45 menit. Pastikan Anda awali dengan pemanasan dan cara yang benar untuk menghindari cedera.

  1. Hindari Gym

Kalau mau olahraga di luar rumah, pilihan terbaik adalah olahraga tipe solo. Sebaiknya, hindari dulu gym pada masa sekarang ini.

"Hindari olahraga yang memakai alat bersama, misalnya gym. Kalau mau lari atau bersepeda boleh, asalkan ada jarak dengan orang lain. Selain itu, jangan berhenti buat ngobrol dengan orang," ujar dr. Devia.

Artikel Lainnya: Waspada, Penderita Virus Corona Bisa Tidak Menunjukkan Gejala!

  1. Kebersihan Diri Tetap Dijaga

Ingat, kunci terbebas dari coronavirus adalah dengan menjaga kebersihan diri Anda. Selalu cuci tangan dan mandi setelah berolahraga. Satu hal lagi, kata dr. Devia, jangan lupa istirahat yang cukup.

  1. Tidak Enak Badan? Jangan Olahraga Dulu

"Jangan memaksa olahraga kalau badan terasa sedang tidak fit, misalnya pilek. Tapi kalau tetap mau olahraga, jangan berlebihan olahraganya, bukan sehat yang didapat malah nanti sakit," saran dr. Devia.

2 dari 3 halaman

Jangan Nekat Olahraga di Luar Rumah Kalau Ada Imbauan

Meski olahraga di luar rumah tetap dimungkinkan, Anda juga tetap harus memperhatikan beberapa aturan dan imbauan di daerah Anda.

Beberapa daerah—terutama yang tingkat penularannya tinggi—saat ini menerapkan isolasi mandiri dan melarang warga keluar rumah.

Kalau ada peraturan tersebut, jangan paksakan olahraga di luar rumah. Coba ganti dengan olahraga lain yang bisa dilakukan di dalam rumah. Misalnya, berlari dengan treadmill, mengayuh sepeda statis, yoga, atau push up, sit up, plank, dan squat.

Tidak punya peralatan olahraga atau asing dengan teknik olahraga tertentu? Jangan khawatir!

Anda masih bisa mengandalkan banyak pekerjaan rumah tangga agar tetap aktif secara fisik. Misalnya, berkebun, naik-turun tangga, atau menyapu dan mengepel rumah.

Olahraga outdoor di masa wabah virus corona dapat tetap aman dilakukan, kok! Asalkan, Anda mengikuti empat anjuran dokter di atas. Penuhi juga kebutuhan nutrisi sehari-hari agar daya tahan tubuh makin baik.

KlikDokter bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan BNPB untuk menekan angka persebaran virus corona. Karena itu, Anda bisa mendapatkan layanan cek virus corona secara online di aplikasi KlikDokter. Bagi yang punya pertanyaan seputar kesehatan, coba cek layanan LiveChat 24 jam.

[HNS/AYU]

0 Komentar

Belum ada komentar