Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Agar Tidak Stres, Lima Cara Ini Bisa Jadi Penolong Karantina di Rumah

Agar Tidak Stres, Lima Cara Ini Bisa Jadi Penolong Karantina di Rumah

Bukan kabur dari rumah, tapi lima cara ini bisa jadi cara atasi stres selama karantina di rumah. Berikut beberapa aktivitas untuk mencegah stres dari psikolog.

Self quarantine atau karantina mandiri mungkin menjadi kata yang tidak asing lagi saat pandemi virus corona seperti ini. Ya, penyebaran virus corona yang cepat ini membuat Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengimbau negara-negara Asia, termasuk Indonesia, untuk meningkatkan kewaspadaan.

Maka dari itu, langkah seperti self quarantine, social distancing, dan work from home, memang jadi andalan untuk menekan jumlah pasien positif virus corona.

Meski dianjurkan berdiam diri di rumah, ternyata karantina mandiri juga bisa bikin stres masyarakat, lho. Apa sebabnya? Dan bagaimana cara mengatasinya?

 

1 dari 3 halaman

Mengapa Karantina di Rumah Bisa Bikin Stres?

Self quarantine tidak selamanya menyenangkan, terutama bagi mereka yang sudah terbiasa memiliki mobilitas tinggi di luar rumah. Rasa stres, jenuh, dan bosan pasti ‘menghantui’ banyak orang ketika melakukan karantina di rumah.

Artikel Lainnya: Hati-hati Virus Corona, Ini Pertolongan Pertama untuk Mengatasinya

Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog dari Klikdokter menjelaskan, mengalami stres akibat jenuh memang menjadi suatu hal yang wajar dan umum dirasakan oleh banyak orang.

“Terutama untuk mereka yang sering pergi ke luar rumah untuk beraktivitas, melakukan karantina bisa terasa seperti penjara untuknya. Inilah yang nantinya bisa menimbulkan rasa cemas, jenuh akut, dan stres berlebihan, ” ujar Ikhsan saat diwawancarai.

“Bagi sebagian orang, hal-hal yang menurut mereka menyenangkan adalah aktivitas yang ada di luar, bukan yang ada di dalam rumah,” lanjutnya.

Selain adanya pembatasan aktivitas, stres juga dapat dipicu oleh keberadaan virus COVID-19 ini sendiri.

Wajar saja masyarakat stres. Pasalnya, coronavirus sudah menjadi pandemi global, di Indonesia pun telah mencapai 1700 lebih kasus pasien positif yang diperkirakan akan semakin meningkat jumlahnya.

“Sudah dipaksa diam di rumah, ditambah mendengar berita korban virus corona yang semangkin meningkat, hal ini juga jadi alasan lainnya mengapa seseorang bisa mengalami stres saat karantina, ” kata Ikhsan.

Artikel Lainnya: Waspada, Penderita Virus Corona Bisa Tidak Menunjukkan Gejala!

2 dari 3 halaman

5 Cara Atasi Stres Saat Karantina di Rumah

Untuk mencegah timbulnya perasaan stress saat karantina, disarankan untuk melakukan beberapa pencegahan. Dijelaskan oleh Ikhsan, berikut beberapa aktivitas yang bisa meredakan stres ketika kita berdiam diri di rumah.

  1. Lakukan Hal yang Kita Suka

Menurut Ikhsan, melakukan kegiatan yang Anda sukai bisa mengurangi kadar stres saat karantina mandiri. Misalnya, jika Anda gemar memasak, cobalah untuk memasak menu baru untuk keluarga tercinta. Tuliskan juga resep-resep masakan yang Anda buat dalam sebuah jurnal.

Nantinya, ini bisa Anda simpan untuk jangka waktu panjang dan menjadi kenangan tersendiri setelah masa pandemi usai.

Jika Anda gemar menggambar, coba lukis pemandangan yang setiap hari Anda lihat di depan rumah. Atau Anda juga bisa melukis kegiatan apa saja yang dilakukan oleh seisi keluarga Anda di rumah.

Artikel Lainnya: Tanda-tanda Seseorang Sudah Sembuh dari Virus Corona

  1. Bermain Bingo Challenge Instagram

Anda seorang yang aktif bermain instagram? Jika iya, pasti Anda tahu permainan Bingo Challenge yang belakangan ini sering diposting di Instastory. Bermain Bingo Challenge  tidak hanya menurunkan rasa bosan Anda, tapi bermain template juga buat Anda jadi lebih kreatif.

Misalnya, memilih topik Bingo Challenge untuk dibagikan ke teman-teman instagram Anda. Lalu, bisa buat sendiri desain template yang diinginkan.

  1. Membatasi Diri dari Berita Negatif

Mendengar berita yang terlalu negatif tentang virus corona justru buat pikiran jadi semakin tertekan dan stres. Karena itu, hindari mendengar berita yang membuat pikiran Anda jadi kacau.

Sebaiknya, pilihlah berita yang membuat Anda senang seperti berita olahraga, berita fashion atau berita gosip selama masa karantina mandiri ini.

Selain itu, sibukan juga diri Anda dengan kegiatan-kegiatan yang positif seperti olahraga, memasak, menulis, membaca dan sebagainya.

  1. Video Call Bersama Sahabat atau Rekan Kerja

Meski Anda tidak bisa bertatap muka secara langsung dengan kerabat, bukan berarti Anda tidak bisa berbincang dengan mereka. Unduh aplikasi video call online di ponsel pintar untuk ngobrol langsung dengan teman kelompok Anda.

  1. Belanja Online

Tidak hanya saat pandemi virus corona, belanja memang terbilang efektif atasi stres di waktu kapan pun. Untuk itu, segera buka aplikasi belanja online di ponsel pintar Anda, dan pilihlah barang-barang yang sekarang sedang Anda butuhkan.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan kadar stres saat karantina di rumah. KlikDokter juga bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan dan BNPB dalam menekan angka persebaran virus corona.

Apabila mau tahu lebih lanjut seputar COVID-19 gunakan fitur LiveChat untuk konsultasi langsung dengan dokter. Sedangkan untuk membantu menentukan gejala, Anda bisa mencoba tes coronavirus online di sini.

(OVI/AYU)

2 Komentar