HomeIbu Dan anakIbu Menyusui9 Manfaat Prebiotik dan Probiotik untuk Ibu Menyusui
Ibu Menyusui

9 Manfaat Prebiotik dan Probiotik untuk Ibu Menyusui

dr. M. Dejandra Rasnaya, 14 Apr 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Nutrisi prebiotik dan probiotik ternyata punya manfaat tersendiri, terutama untuk ibu menyusui dan juga si bayi yang baru lahir. Apa saja manfaat yang bisa diperoleh?

9 Manfaat Prebiotik dan Probiotik untuk Ibu Menyusui

Probiotik adalah sekumpulan organisme hidup berupa bakteri atau jamur yang hidup di dalam pencernaan manusia. Sementara, asupan makanan untuk membantu bakteri baik ini tumbuh dikenal dengan prebiotik.

Dikenal baik untuk kesehatan pencernaan, apakah probiotik aman untuk ibu menyusui? Bukankah apa yang dikonsumsi ibu akan masuk ke dalam ASI dan dikonsumsi juga oleh bayi?

Justru probiotik memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan ibu maupun bayi. Probiotik dan prebiotik merupakan satu kesatuan yang punya manfaat besar untuk kesehatan.

Berikut adalah beberapa manfaat prebiotik dan probiotik untuk ibu menyusui:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Ibu

Pencernaan adalah organ yang membentuk 60-70% dari sistem kekebalan tubuh Anda.

Ketika Anda menambahkan asupan probiotik ke dalam makanan Anda, secara tidak langsung ini akan meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Bayi

Bukan hanya kekebalan tubuh ibu yang kuat, probiotik pun akan memberikan dampak baik pada sistem imun bayi.

Bakteri baik tersebut akan ikut masuk ke dalam tubuh bayi lewat ASI.Dengan begitu, sistem imun ibu dan bayi sama-sama kuat, alias tidak gampang sakit.

Artikel Lainnya: Mitos tentang Probiotik yang Tak Perlu Anda Percaya

3. Mencegah Ruam Popok

Ruam popok adalah salah satu gangguan yang sering terjadi pada bayi baru lahir. Kondisi ini bisa diatasi dengan konsumsi asupan yang mengandung probiotik.

Para ahli kesehatan menyarankan ibu menyusui untuk konsumsi probiotik, karena punya manfaat untuk mencegah infeksi jamur pada bayi.

Probiotik dan prebiotik yang dikonsumsi ibu baru melahirkan akan membantu mencegah ketidakseimbangan jamur di tubuh bayi lewat ASI yang diberikan.

Kedua asupan makanan tersebut bekerja dengan mengubah jumlah ragi di saluran pencernaan bayi agar lebih seimbang. Dengan begitu, ruam popok karena jamur berlebih dapat teratasi.

4. Mengurangi Risiko Kolik

Ibu yang rutin mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik telah dibuktikan oleh suatu studi dapat mengurangi risiko terjadinya kolik pada bayi.

Kolik adalah kondisi bayi menangis selama berjam-jam, tanpa bisa dibujuk atau ditenangkan. Biasanya kondisi ini dialami oleh bayi sehat berusia 3 minggu hingga 3 bulan.

Meski belum jelas apa yang menjadi penyebab kolik, tetapi ada beberapa bukti di Eropa yang mengatakan bahwa konsumsi probiotik pada ibu menyusui mungkin membantu bayi terhindar dari kondisi ini.

Menurut penelitian yang dipublikasi di jurnal JAMA Pediatrics, bayi yang diberikan ASI mengandung probiotik sejak seminggu setelah lahir, mengalami kolik dan sembelit yang lebih sedikit.

Artikel Lainnya: Manfaat dan Jenis Probiotik yang Ampuh untuk Atasi Diare

5. Mengatasi Sembelit pada Bayi

Dibandingkan susu formula, ASI memang lebih jarang menyebabkan sembelit pada bayi. Namun jika terjadi sembelit pada bayi walau sudah diberi ASI, cobalah untuk konsumsi probiotik.

Probiotik bisa membantu meningkatkan konsistensi feses dan membantu pergerakan usus.

6. Menghindari Terjadinya Eksim

Eksim adalah kondisi ketika bayi mengalami gejala kemerahan dan iritasi pada kulit akibat adanya alergi atau atopik pada bahan tertentu. Hal ini terutama terjadi pada usia dua tahun pertama kehidupannya.

Dengan mengonsumsi probiotik, maka risiko terjadinya masalah eksim pada bayi akan berkurang.

7. Mengatasi Kandidiasis Oral

Jika jamur menempel pada mulut bayi, maka akan menyebabkan terjadinya kandidiasis oral. Tentunya keadaan ini membuat bayi kurang nyaman bahkan menyakitkan, sehingga tidak mau makan.

Bila ibu menyusui mengonsumsi probiotik, maka akan membantu tubuh bayi melawan infeksi jamur ini lewat ASI.

Artikel Lainnya: Minum Suplemen Probiotik Baik untuk Ibu Hamil, Ini Faktanya

8. Merupakan Sumber Vitamin B yang Baik

Vitamin B merupakan hal yang esensial bagi tubuh. Manfaat vitamin B, yaitu untuk daya tahan tubuh, mencegah anemia, merawat kesehatan kulit, dan membantu kesehatan saraf.

Dengan mengonsumsi probiotik yang kaya akan vitamin B, maka Anda akan menerima semua manfaat tersebut.

9. Mencegah Naiknya Asam Lambung

Probiotik juga baik untuk menghindari produksi asam lambung berlebih. Yang dimaksud di sini bukan asam lambung ibu, lho, tapi asam lambung bayi.

Dengan mengonsumsi probiotik, maka risiko gejala refluks asam lambung pada bayi menurun dibandingkan bayi yang tidak mendapat asupan probiotik.

Khasiat ini diperoleh karena probiotik membantu mencerna makanan lebih cepat.

Cukup banyak, bukan, manfaat probiotik untuk ibu menyusui? Apakah Anda tertarik mengonsumsinya?

Bila masih ragu, Anda bisa konsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum memutuskan untuk mengonsumsi probiotik. Gunakan layanan Live Chat di aplikasi Klikdokter.

[WA]

probiotikASIPrebiotikIbu Menyusui

Konsultasi Dokter Terkait