Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeIbu Dan anakIbu MenyusuiCara Mengencangkan Payudara Setelah Menyusui
Ibu Menyusui

Cara Mengencangkan Payudara Setelah Menyusui

Siti Putri, 15 Nov 2023

Ditinjau oleh dr. Dyah Novita

Icon ShareBagikan
Icon Like

: Tak sedikit Ibu yang takut payudaranya kendur setelah masa menyusui. Jangan cemas, ikuti cara mengencangkan payudara setelah menyusui.

Cara Mengencangkan Payudara Setelah Menyusui

Saat hamil dan menyusui, ada berbagai perubahan fisik yang terjadi pada tubuh seorang wanita, salah satunya ukuran payudara. Biasanya, ukuran dan bentuk payudara akan membesar karena hormon dan produksi ASI. 

Akan tetapi, setelah masa menyusui selesai, ukuran dan bentuk payudara akan berubah karena produksi ASI sudah berhenti. Tak jarang, hal ini menyebabkan payudara kendur. 

Ini tentu menjadi salah satu perubahan yang sering dikhawatirkan oleh kebanyakan wanita. Namun, jangan khawatir, ada berbagai cara mengencangkan payudara setelah menyusui yang bisa Mama coba. 

1. Lakukan Pijat Payudara

Pijat payudara menjadi salah satu cara mengencangkan payudara setelah melahirkan dan menyusui. Dengan memijatnya secara teratur, ini akan membantu merangsang sirkulasi darah dan mendorong pertumbuhan jaringan payudara baru. 

Untuk mengatasi payudara kendur, kamu perlu segera melakukan pijat payudara setelah melihat adanya perubahan pada bentuk payudara. Dengan begitu, pijat akan efektif untuk meningkatkan kekencangan payudara. 

Kamu bisa memijat payudara dengan gerakan memutar dan berikan tekanan secara bertahap. Selain menggunakan tangan memijat payudara juga bisa menggunakan pompa payudara atau alat pijat khusus.

2. Rutin Berolahraga

Cara merawat payudara setelah melahirkan juga bisa dengan rutin berolahraga. Penting untuk fokus pada latihan yang dapat melatih otot dada, karena jenis latihan ini memiliki dampak yang paling besar terhadap kekencangan payudara. 

“Untuk mengencangkan payudara, ini bisa dibantu dengan olahraga rutin, khususnya olahraga yang fokus di area dada, seperti sit up, push up, atau plank yang dapat mengencangkan otot-otot di area dada,” tutur dr. Dyah Novita Anggraini. 

Selain itu, kamu juga bisa mencoba latihan beban. Namun, pastikan untuk konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memulai rutinitas olahraga yang baru. 

3. Kenakan Bra yang Mendukung

Mengenakan bra yang mendukung juga menjadi salah satu cara merawat payudara setelah menyusui. Untuk mencegah payudara kendur, tentu Mama perlu menggunakan bra dengan ukuran yang tepat, sehingga payudara bisa tertopang dengan baik. 

Penting untuk diingat, menggunakan bra yang tidak tepat, terutama saat kamu aktif secara fisik dapat menyebabkan rasa sakit dan cedera.

Memilih push up bra dapat membantu dalam membentuk payudara setelah menyusui. Namun, tetap pastikan ukurannya sesuai, ya!

4. Jaga Kelembapan Kulit Payudara

Untuk menjaga kekencangan dan hidrasi kulit area payudara, Mama perlu menjaga kelembapan kulit payudara. 

Coba pilih lotion yang mengandung bahan alami untuk menjaga kulit agar lebih kencang dan tampak awet muda. Selain itu, bisa juga dengan menggunakan body scrub untuk mengelupaskan sel-sel kulit mati di sekitar payudara. 

Meluruhnya sel-sel kulit mati dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengembalikan elastisitas payudara. 

5. Menjaga Postur Tubuh

Penting untuk Mama menjaga postur tubuh agar bisa tegap. Posisi ini dapat membantu tubuh untuk menopang payudara.

Jika Mama cenderung memiliki postur yang condong ke depan, ini hanya akan membuat penampilan payudara jadi lebih kendur. 

Oleh karenanya, jaga bahu ke belakang dan pastikan punggung tetap tegap, ya!

6. Lakukan Diet Sehat

Setelah menyusui, Mama juga tetap dianjurkan untuk menjaga pola makan dengan diet sehat. Coba untuk kurangi konsumsi lemak hewani jenuh yang tinggi kolesterol. Mama bisa menggantinya dengan minyak zaitun, vitamin B, dan vitamin E. Nutrisi tersebut dapat membantu mengatasi kerutan dan elastisitas kulit. 

Tak hanya itu, pastikan untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi dengan mencukupi kebutuhan cairan. 

Jangan lupa, jalani hidup sehat dengan berhenti merokok. Pasalnya, kebiasaan buruk yang satu ini bisa memengaruhi kondisi kulit di payudara. 

7. Operasi Pengencangan Payudara

Bila kamu masih belum bisa mengatasi payudara kendur setelah mencoba berbagai cara di atas, mungkin ini saatnya untuk mempertimbangkan operasi pengencangan payudara. 

Berdasarkan American Society of Plastic Surgeons, prosedur ini bisa memperbaiki tampilan payudara setelah melahirkan. Nantinya dokter akan membuat sayatan kecil untuk mengangkat dan membentuk kembali jaringan alami payudara. 

Untuk memberikan volume pada payudara, dokter juga akan memasang implan di belakang jaringan payudara. Apabila tertarik untuk melakukan prosedur ini, pastikan Mama konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. 

Bila masih punya pertanyaan seputar mengencangkan payudara setelah menyusui, jangan sungkan untuk menghubungi dokter lewat layanan Tanya Dokter. Selain itu, Mama juga bisa buat janji Temu Dokter untuk konsultasi secara langsung. 

Yuk, #JagaSehatmu dan payudara dengan melakukan pemeriksaan kesehatan. Agar lebih praktis, coba booking Pemeriksaan Kesehatan lewat aplikasi KlikDokter, ya!

(NM)

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter