Sukses

Abses Anus si Penyebab Bokong Sakit, Bisakah Dicegah?

Sakit pada bokong karena abses anus memang bikin tidak nyaman. Apalagi buat pekerja kantoran yang tiap hari banyak duduk. Apa penyebabnya dan bisakah dicegah?

Biasanya, bokong yang terasa sakit disebabkan oleh lebam, nyeri, atau wasir. Namun, ada lagi keluhan yang bikin tidak nyaman terutama saat duduk. Abses anus juga jadi salah satu penyakit yang menyebabkan bokong sakit. Apa sih yang dimaksud dengan abses anus?

Umumnya, abses lebih dikenal dengan sebutan bisul. Kondisi ini ditandai dengan adanya kantung berisi nanah dalam jaringan tubuh.

Abses atau bisul pada bokong dapat muncul di beberapa area di sekitar bokong. Namun, sebagian besar kasus (sekitar 60 persen), bisul ditemui pada area di sekitar anus.

Secara alami, area sekitar anus memiliki kelenjar yang dapat tersumbat. Sumbatan itu disebabkan oleh feses, bakteri, atau benda asing lainnya, kemudian terinfeksi.

Jika infeksinya cukup serius, hal itu dapat menghasilkan nanah yang terkumpul dalam kantung, sehingga menimbulkan abses. Hampir sekitar 90 persen kasus bisul disebabkan oleh infeksi akut pada kelenjar di sekitar anus.

Selain itu, kondisi ini dapat juga disebabkan oleh infeksi dari robekan di area anus (fisura ani). Salah satu faktornya adalah mengeluarkan tinja yang keras dan menimbulkan robekan atau luka kecil pada area anus.

Dilansir dari Healthline, ada beberapa kondisi lain yang meningkatkan risiko terjadinya abses anus. Misalnya peradangan pada usus (penyakit Chron atau ulcerative colitis), diabetes, dan penurunan daya tahan tubuh akibat infeksi HIV atau AIDS.

Artikel lainnya: Bengkak di Anus? Waspadai Gejala Abses Anus

Kemudian, penyakit ini juga bisa disebabkan oleh penggunaan obat streroid dan kemoterapi, trauma pada anus (seperti karena anal seks), infeksi menular seksual, dan lain-lain.

Gejala yang umum dikeluhkan penderita abses anus adalah nyeri, bengkak, dan kemerahan pada area anus. Selain itu, demam juga sering kali terjadi. Tahukah Anda? Pria dua kali lipat lebih sering terkena kondisi ini. Lalu, biasanya kondisi ini ditemui pada mereka yang berusia 40an.

Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk mencegahnya?

1 dari 2 halaman

Cara Mencegah Abses Anus

Tentu saja abses anus bisa dicegah! Terdapat beberapa langkah yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  1. Pola BAB yang Sehat

Langkah pertama adalah dengan mengusahakan pola buang air besar yang baik. Anda disarankan mengonsumsi cukup serat untuk mencegah BAB keras atau diare, serta banyak minum cairan.

Biasakan minum air putih kurang lebih dua liter per hari. Lalu, makan buah dan sayur sekitar lima porsi setiap harinya juga penting dilakukan.

Artikel lainnya: Ada Bisul di Anus (Abses Perianal), Apakah Seks Anal Penyebabnya?

  1. Jaga Kebersihan Area Anus

Bersihkan anus dengan baik setelah buang air dan saat mandi. Cara mudah ini dapat mengurangi kemungkinan sumbatan pada kelenjar di sekitar anus.

  1. Hindari Berganti Pasangan saat Berhubungan Seks

Jangan melakukan hubungan intim dengan banyak pasangan. Hal ini untuk mencegah adanya infeksi menular seksual. Gunakanlah kondom saat berhubungan untuk mencegah infeksi ini.

Kondom juga sebaiknya digunakan saat melakukan hubungan seksual melalui anus. Penggunaan pengaman sangat penting untuk pencegahan abses anus dan penyakit menular seksual.

  1. Atasi Penyakit secara Tuntas

Bila memiliki penyakit tertentu, tangani dengan baik terutama yang dapat meningkatkan risiko terjadinya abses anus. Jaga gula darah terkontrol bila memiliki diabetes, dan rutin konsumsi obat ARV (anti-retroviral) kalau terkena HIV.

Selain itu, bila Anda melakukan pengobatan dengan steroid, pastikan konsumsinya berada di bawah pengawasan dokter. Cara-cara ini dapat Anda lakukan untuk mencegah munculnya bisul menyakitkan tersebut.

Jika sudah terkena abses anus, maka jangan takut untuk periksa ke dokter. Karena, kondisi ini sulit hilang dengan sendirinya.

Konsumsi antibiotik saja juga umumnya kurang efektif untuk menyembuhkannya. Biasanya dibutuhkan pembedahan kecil untuk membuka kantung abses dan membiarkan nanah di dalamnya mengalir ke luar.

Abses anus memang menjadi kondisi yang tidak menyenangkan, terutama karena rasa sakit pada bokong yang ditimbulkannya. Cegah penyebabnya dengan cara-cara di atas! Bila ingin berkonsultasi mengenai penyakit dengan mudah, download aplikasi KlikDokter. Bisa chat langsung dengan dokter, gratis!

(FR/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar