Kehamilan

Nyeri Ulu Hati saat Hamil, Pahami Penyebab dan Cara Mengatasinya

Syafinah Nurfaidah, 23 Nov 2023

Ditinjau Oleh dr. Alberta J.G.

Ibu hamil yang mengalami nyeri ulu hati tentu tidak boleh sembarang ditangani. Jadi, bagaimana sebaiknya mengatasi nyeri ulu hati selama kehamilan?

Nyeri Ulu Hati saat Hamil, Pahami Penyebab dan Cara Mengatasinya

Nyeri ulu hati, atau dispepsia, merupakan masalah umum yang dapat dialami oleh ibu hamil. Kondisi ini ditandai dengan rasa tidak nyaman atau nyeri yang terlokalisasi di bagian atas perut, tepat di bawah tulang dada. Meskipun nyeri ulu hati umumnya tidak berbahaya, namun dapat menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan bagi ibu hamil.

Penyebab Nyeri Ulu Hati saat Hamil

Namun ternyata, nyeri ulu hati juga dapat terjadi pada ibu hamil yang sebelumnya tidak memiliki riwayat asam lambung. Nyeri ulu hati ini termasuk keluhan umum yang terjadi selama bisa terjadi pada trimester pertama hingga trimester ketiga kehamilan.

Berikut penyebab nyeri ulu hati saat hamil yang mungkin Mama alami.

1. Peningkatan Hormon

Selama kehamilan, produksi hormon progesteron meningkat. Hormon ini memiliki efek relaksasi pada otot polos, termasuk otot sfingter esofagus bagian bawah.

Akibatnya, asam lambung dapat lebih mudah naik ke esofagus, menyebabkan sensasi terbakar dan nyeri di area ulu hati.

2. Peningkatan Tekanan pada Lambung

Semakin besar ukuran janin, semakin besar juga Mama mengalami nyeri ulu hati saat hamil. Pasalnya, rahim yang membesar karena pertumbuhan janin akan menekan organ lambung.

Hal ini membuat cairan asam lambung akan lebih mudah naik, hingga akhirnya menimbulkan rasa nyeri di ulu hati ketika hamil.

3. Gaya Hidup dan Pola Makan

Gaya hidup yang kurang aktif dan pola makan yang tidak teratur juga dapat menjadi faktor risiko, mengingat makanan besar dalam satu waktu dan makanan tertentu dapat memicu peningkatan asam lambung.

Konsumsi makanan pedas, berlemak, atau besar dalam satu waktu dapat memicu peningkatan asam lambung. Gaya hidup yang kurang aktif juga dapat memperburuk gejala.

Cara Mengatasi Nyeri Ulu Hati saat Hamil

Bila Mama mengalami hal ini, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri ulu hati saat hamil.

1. Makan dalam Porsi Kecil

Hindari makan dalam porsi besar. Lebih baik makan dalam porsi kecil tapi lebih sering. Ini membantu mengurangi tekanan pada lambung dan menghindari peningkatan asam lambung.

Artikel Lainnya: 20 Sayuran Sehat Bernutrisi untuk Ibu Hamil 

2. Hindari Makanan Pemicu

Kurangi atau hindari konsumsi makanan pedas, berlemak, serta minuman berkafein dan berkarbonasi. Pilih makanan ringan dan mudah dicerna untuk mengurangi beban lambung.

3. Hindari Tidur Setelah Makan

Tunggu setidaknya 2-3 jam setelah makan sebelum tidur atau berbaring. Tidur dengan kepala dan bahu yang sedikit diangkat juga dapat membantu mencegah naiknya asam lambung.

4. Posisi Tidur yang Tepat

Posisi tidur saat hamil ternyata ada ketentuannya sendiri, lho, Ma! Mama bisa tidur dengan kepala dan bahu sedikit diangkat, dapat membantu mencegah naiknya asam lambung. Posisi tidur ini juga bisa membuat ibu hamil lebih nyaman.

Artikel Lainnya: 5 Manfaat Tidur Siang untuk Ibu Hamil

5. Aktivitas Fisik Ringan

Lakukan aktivitas fisik ringan, seperti berjalan, untuk membantu pencernaan. Tetap aktif dapat mencegah kelebihan berat badan yang dapat memperburuk gejala.

6. Konsumsi Air Putih

Minumlah air putih yang cukup sepanjang hari untuk membantu menetralkan asam lambung. Ini juga penting untuk menjaga kecukupan cairan tubuh selama kehamilan.

7. Konsumsi Serat

Makan makanan tinggi serat, seperti buah-buahan, sayuran, dan sereal, untuk membantu menjaga pencernaan tetap lancar. Serat juga dapat membantu mencegah sembelit, masalah umum pada ibu hamil.

Artikel Lainnya: 13 Pantangan untuk Ibu Hamil yang Sebaiknya Dihindari

8. Hindari Makanan dan Minuman Asam

Batasi konsumsi makanan dan minuman asam, seperti jeruk dan minuman bersoda. Asam dapat merangsang produksi asam lambung.

9. Konsultasi dengan Dokter

Nyeri ulu hati dapat terjadi pada ibu hamil. Untuk mencegahnya, Mama bisa mencoba beberapa tips di atas dan penanganan di atas. Namun, apabila nyeri ulu hati tak kunjung reda atau justru semakin mengganggu, Mama lebih baik konsultasi ke dokter spesialis kandungan.

Pantau juga kandungan Mama dengan menggunakan Health ToolsKalender Kehamilan.

Jika Kamu ingin konsultasi dokter online mengenai nyeri ulu hati saat kehamilan, kamu bisa menggunakan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter.

(NM)

nyeri ulu hati

Konsultasi Dokter Terkait