Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Masalah Payudara Saat Menyusui dan Solusi untuk Mengatasinya

Masalah Payudara Saat Menyusui dan Solusi untuk Mengatasinya

Menyusui adalah fase penting bagi bayi dan ibu. Namun, ada banyak ibu yang mengalami masalah pada payudara selama masa menyusui. Bagaimana solusinya?

Usai melahirkan, memberikan ASI eksklusif bagi bayi adalah keinginan setiap ibu. Pasalnya, ASI adalah ‘makanan terbaik’ bagi bayi, khususnya di enam bulan pertama kelahiran.

ASI mengandung segala zat gizi yang diperlukan bayi untuk tumbuh kembangnya. Akan tetapi, dalam perjalanannya sering kali ibu menyusui menjumpai hambatan. Salah satu yang sering menjadi keluhan adalah adanya masalah payudara saat menyusui. 

Berikut adalah beberapa masalah payudara yang dapat muncul saat menyusui:

1 dari 4 halaman

1. Nyeri Payudara

Masalah yang dapat timbul pada saat menyusui adalah nyeri. Keluhan ini terutama dirasakan di bagian puting payudara di hari-hari pertama menyusui. Kebanyakan masalah ini berhubungan dengan posisi menyusui atau teknik perlekatan yang belum tepat.

Artikel Lainnya: Cara Mengatasi Payudara Sakit Saat Menyusui

Cara untuk mengatasinya adalah dengan memastikan posisi mulut bayi bagian bawah menutup sebagian besar areola (bagian hitam di sekitar puting). Posisikan bayi Anda dengan tepat. Anda dapat memperhatikan beberapa langkah berikut:

  • Masukkan jari telunjuk secara perlahan ke dalam mulut bayi untuk melepaskannya dari payudara.
  • Buat bayi membuka mulutnya, lalu posisikan mulutnya sesuai dengan posisi yang tepat.
  • Apabila sudah sesuai, dagu dan hidung bayi akan menyentuh payudara, bibir bayi akan melipat keluar, dan bagian bawah areola tidak akan terlihat. 

2. Puting Lecet 

Masalah payudara ini biasanya merupakan kelanjutan dari puting nyeri. Pada kondisi ini, puting akan tampak lecet, bahkan luka. Penyebabnya pun serupa dengan nyeri pada puting, yakni perlekatan bayi yang kurang tepat.

Oleh sebab itu, untuk mengatasinya, Anda dapat memperbaiki posisi perlekatan bayi saat menyusui. Anda juga dapat menggunakan pelembap di area puting. 

Artikel Lainnya: Penyebab dan Cara Mengatasi Puting Gatal Saat Menyusui

2 dari 4 halaman

3. Saluran ASI Tersumbat

Saluran ASI dalam payudara juga dapat tersumbat akibat ASI yang tidak keluar sepenuhnya. Kondisi ini dapat ditandai dengan adanya benjolan pada payudara, kulit sekitar payudara kemerahan, atau rasa nyeri saat payudara tersentuh (mastalgia). 

Cara mengatasi masalah payudara saat menyusui yang satu ini dapat dengan kompres hangat, kemudian pijat lembut payudara dari pangkal ke arah puting secara lembut. 

4. Payudara Bengkak

Payudara yang membengkak termasuk salah satu masalah payudara saat menyusui. Penyebabnya adalah pengeluaran ASI yang tidak efektif atau proses menyusui yang tidak baik.

Pembengkakan ini akan membuat ibu merasa tidak nyaman karena payudara terasa keras, kencang, dan nyeri. Selain itu, bayi pun akan mengalami kesulitan untuk menyusu. 

Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan kompres dingin untuk mengurangi bengkak pada payudara. Pastikan juga untuk selalu rutin mengosongkan payudara dengan menyusui bayi secara langsung atau memompa ASI secara rutin.

Anda juga dapat memijat payudara ketika bayi sedang menyusu untuk mengatasi masalah payudara saat menyusui ini. 

Artikel Lainnya: Ini Perawatan Payudara bagi Ibu Menyusui

3 dari 4 halaman

5. Infeksi Payudara

Apabila payudara bengkak atau saluran ASI tersumbat tidak diatasi dengan tepat, maka ini dapat berujung pada infeksi payudara. Infeksi tersebut disebabkan oleh kuman bakteri dan dikenal dengan mastitis.

Ibu umumnya akan merasa nyeri pada payudara, payudara tampak bengkak dan kemerahan, serta demam hingga menggigil. Infeksi tersebut dapat terjadi pada minggu-minggu awal setelah melahirkan.

Jika tidak diatasi dengan tepat, infeksi tersebut dapat berlanjut hingga ke infeksi kulit dalam (abses payudara) yang lebih berat. Karena itu, untuk kondisi ini, ibu menyusui perlu memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai dalam menangani infeksinya. 

Demi menghindari masalah payudara saat menyusui tersebut, setiap ibu sangat dianjurkan untuk belajar terlebih dahulu seputar teknik menyusui sebelum melahirkan. Selain itu, setiap ibu menyusui pun wajib untuk memenuhi kebutuhan gizi harian, seperti protein, lemak, asam folat, zat besi, serta vitamin dan mineral lainnya. 

Masalah pada saat menyusui memang kerap tak terhindarkan. Bila hal tersebut terjadi, jangan panik. Berkonsultasilah dengan dokter untuk memastikan masalah menyusui yang Anda alami, mulai dari penyebab hingga penanganan yang paling tepat.

Informasi dan artikel lainnya seputar menyusui dapat Anda baca di aplikasi KlikDokter

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar