Sukses

Kenali Gejala Radang Usus Buntu Sebelum Terlambat!

Jika terlambat terdeteksi, radang usus buntu bisa berakibat fatal! Untuk itu, Anda harus konsultasi dokter ketika gejalanya mulai terasa, jangan sepelekan!

Pernah merasakan sakit perut yang hebat sampai membuat Anda membungkuk, tak sanggup berjalan? Waspada, hal itu tidak boleh disepelekan!

Pasalnya, keluhan tersebut bisa jadi adalah salah satu gejala radang usus buntu. Bila tak ditangani dengan cepat, akibatnya bisa fatal.

Pasalnya, usus buntu yang meradang berisiko pecah sehingga dapat menyebarkan isi di dalamnya (feses dan bakteri) ke rongga perut. 

Lalu apa saja gejala usus buntu yang perlu kita ketahui? Berikut daftarnya untuk Anda.

 

1 dari 4 halaman

1. Nyeri Perut

Gejala awal radang usus buntu sering dirasakan di bagian perut kanan bawah. Namun, nyeri juga bisa dirasakan menyebar ke daerah lain seperti pusar.

Ciri khasnya adalah nyeri yang sangat hebat sehingga pengidapnya sulit berdiri dan juga berjalan.

Artikel Lainnya: Inilah 5 Penyebab Radang Usus Buntu

2. Demam

Demam adalah tanda umum dari infeksi dan peradangan dalam tubuh. Peradangan pada usus sering kali menyebabkan gejala seperti demam.

Gejala demam biasanya berintensitas ringan sampai sedang. 

3. Mual dan Muntah

Mual dan muntah bisa saja menjadi gejala tambahan pada penderita apendisitis alias usus buntu.

Namun, mual dan muntah juga bisa menjadi gejala gangguan saluran cerna yang lain, misalkan gangguan lambung. Untuk memastikannya, penting untuk memeriksakan diri langsung kepada dokter.

2 dari 4 halaman

4. Penurunan Nafsu Makan

Gejala usus buntu berikutnya adalah nyeri perut. Kondisi ini dapat menyebabkan penurunan nafsu makan pasien. Nyeri perut yang hebat menyebabkan pasien menjadi tidak berselera makan.

5. Perut Terasa Keras dan Nyeri

Salah satu komplikasi dari apendisitis adalah pecahnya usus sehingga menyebabkan keluarnya isi usus ke rongga perut.

Hal ini dapat menyebabkan rongga perut terinfeksi. Pada pemeriksaan akan terlihat rongga perut mengeras, tegang, dan juga nyeri ketika disentuh.

6. Diare 

Gejala diare yang timbul mungkin tidak parah. Jika gejala yang terjadi hanya diare tanpa adanya nyeri perut, maka diagnosis lain seperti infeksi saluran cerna perlu dicari.

Artikel Lainnya: Benarkah Sering Makan Pedas Bisa Sebabkan Usus Buntu?

3 dari 4 halaman

7. Kembung

Kembung biasanya berhubungan dengan gangguan pada lambung. Namun, jika keluhan kembung juga disertai gejala lain, seperti demam dan nyeri perut kanan bawah, maka diagnosis apendisitis perlu diperhatikan.

Demikianlah berbagai gejala usus buntu yang perlu Anda perhatikan. Jika Anda mengalami berbagai gejala di atas, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Penanganan yang cepat diperlukan jika benar Anda menderita apendisitis akut.

Jangan ragu mengonsultasikan masalah kesehatan Anda langsung kepada dokter. Manfaatkan fitur LiveChat dari aplikasi KlikDokter sekarang!

(HNS/AYU)

Referensi:

Healthline. Diakses 2021. Appendicitis Emergency Symptoms

Health. Diakses 2021. 9 Symptoms of Appendicitis.

0 Komentar

Belum ada komentar