Sukses

Air Sereh untuk Mengatasi Masalah Asam Lambung, Efektifkah?

Minum air sereh disebut-sebut ampuh untuk mengatasi masalah asam lambung. Namun secara medis, apakah cara ini efektif?

Klikdokter.com, Jakarta Sereh sering dijadikan sebagai campuran masakan atau minuman, atau dijadikan aromaterapi. Di luar itu, banyak juga yang memanfaatkan air rebusannya untuk mengatasi masalah asam lambung. Namun, benarkah cara itu efektif?

Air rebusan sereh kaya akan antioksidan

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, drg. Callista Argentina dari KlikDokter mengatakan, sereh sudah menjadi bagian dari pengobatan demam, rematik, nyeri sendi, gangguan pencernaan, dan gangguan haid di beberapa negara. Namun, ia mengatakan bahwa cara penyajiannya bisa memengaruhi kadar antioksidannya.

“Penyajian sereh dengan air panas akan lebih ampuh untuk menangkal radikal bebas ketimbang penyajian dengan air dingin,” kata drg. Callista.

Oleh sebab itu, air rebusan sereh dipercaya dapat menyembuhkan beragam penyakit, termasuk masalah asam lambung. Sebab, kadar antioksidannya sangat tinggi, sehingga bisa menangkal radikal bebas.

Para peneliti juga percaya bahwa, saat asam lambung naik ke kerongkongan (akibat gastroesophageal reflux disease atau GERD), maka itu dapat membawa radikal bebas ke lapisan kerongkongan. Alhasil, penderitanya berisiko mengalami esofagitis.

Esofagitis adalah peradangan pada lapisan kerongkongan. Kondisi tersebut dapat menimbulkan rasa sakit dan kesulitan dalam menelan, serta rasa perih di dada.

Durasi penyembuhan esofagitis akan tergantung pada daya tahan tubuh penderitanya. Apabila daya tahan tubuhnya sedang dalam kondisi baik, maka akan sembuh dalam waktu 2 minggu.

Apabila daya tahan tubuh penderitanya rendah, maka proses penyembuhannya bisa lebih lama. Kondisi esofagitis yang tidak diobati dengan benar dapat menyebabkan luka dan penyempitan kerongkongan. Pada akhirnya, kanker kerongkongan pun mengintai.

Penderita esofagitis harus segera dibawa ke dokter apabila sudah menunjukkan gejala berat. Gejala-gejala tersebut, antara lain nyeri dada seperti ditindih, sulit menelan air meski hanya dalam jumlah sedikit, dan merasa seperti ada makanan yang tersangkut di kerongkongan.

Dengan mengonsumsi air sereh hangat, antioksidan di dalamnya bisa membuat perut menjadi lebih tenang karena asam lambung telah dinetralkan. Kendati demikian, pada masalah lambung yang sudah telanjur parah, diperlukan konsultasi dan obat-obatan dari dokter. Air sereh bisa diminum jika diizinkan oleh dokter, untuk menghindari interaksi dengan obat yang diresepkan.

Sebagai tambahan, hingga saat ini, pengobatan yang dianjurkan untuk mengatasi asam lambung yang naik ke kerongkongan adalah dengan obat-obatan golongan proton pump inhibitor, seperti omeprazole dan lansoprazole.

Pada sebagian orang, air sereh mungkin lebih nikmat jika ditambahkan dengan buah-buahan citrus yang asam. Akan tetapi, jika Anda sedang punya masalah lambung, sebaiknya tahan dulu keinginan tersebut. Sebab, rasa asam dari buah-buahan citrus justru dapat meningkatkan asam lambung dan membuat ulu hati menjadi perih.

Tips mencegah naiknya asam lambung

Air sereh memang mengandung antioksidan yang tinggi, sehingga bisa membuat kondisi perut menjadi lebih tenang. Namun, jika fokus Anda adalah untuk mengendalikan dan mencegah naiknya asam lambung ke kerongkongan atau GERD, dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter menyarankan Anda untuk melakukan perubahan pola hidup, seperti:

  • Makan secara teratur dengan frekuensi sering dan porsi kecil-kecil
  • Jangan langsung berbaring atau tidur setelah makan
  • Hindari rokok, minuman beralkohol, dan minuman bersoda
  • Kelola stres dengan lebih baik
  • Tidur cukup, paling tidak 8 jam sehari
  • Olahraga secara teratur, minimal 3 kali seminggu, masing-masing selama 30 menit

Anda memang bisa minum air sereh untuk mengatasi masalah asam lambung. Namun ingat, jika masalah asam lambung sudah parah, sebaiknya memeriksakan diri ke dokter supaya penanganannya lebih efektif. Lakukan juga perubahan pola hidup yang disarankan oleh dr. Astrid untuk mencegah masalah asam lambung datang kembali.

(MS/RN)

0 Komentar

Belum ada komentar