Sukses

Dua Kali Haid dalam Satu Bulan, Apa Sebabnya?

Mengalami dua kali haid dalam satu bulan bukanlah hal biasa. Ini gangguan kesehatan yang harus diwaspadai saat mengalami kondisi tersebut.

Klikdokter.com, Jakarta Setiap wanita usia subur akan mengalami satu kali haid dalam sebulan. Namun pada beberapa kasus, ada pula wanita yang mengalami dua kali haid dalam satu bulan. Kondisi ini perlu diwaspadai karena dua kali haid dalam satu bulan bisa menjadi pertanda dari adanya penyakit berbahaya.

Menurut dr. Jessica Florencia dari KlikDokter, haid biasanya berlangsung selama 2–7 hari, dengan siklus 21–35 hari. Lamanya siklus tersebut dihitung dari hari pertama haid hingga terjadinya haid berikutnya.

“Lamanya siklus haid pada tahun-tahun awal mengalami kondisi ini biasanya akan berlangsung lama. Semakin bertambah usia, siklus haid akan semakin pendek,” kata dr. Jessica.

Terlepas dari hal tersebut, setiap wanita sehat biasanya akan mengalami satu kali haid dalam satu bulan. Nah, jika Anda malah mengalami dua kali haid dalam satu bulan, sudah dapat dipastikan ada sesuatu yang beres dengan kondisi tubuh Anda.

Penyebab dua kali haid dalam satu bulan

Beberapa kondisi yang bisa menjadi penyebab dua kali haid dalam satu bulan, antara lain:

  • Stres

Pekerjaan, kemacetan, dan lika-liku kehidupan bisa menimbulkan beban hidup yang berlebihan. Bila terus terjebak dalam ‘lingkaran’ tersebut, Anda mungkin akan mengalami stres yang sangat berat.

Bukan hanya menurunkan sistem kekebalan tubuh, stres juga bisa menyebabkan gangguan nyeri haid berlebihan.

Parahnya lagi, wanita yang stres dan tidak berupaya terbebas dari perasaan tersebut juga berisiko lebih tinggi mengalami gangguan siklus haid, yang pada gilirannya bisa menyebabkan dua kali haid dalam satu bulan.

  • Perubahan berat badan yang ekstrem

Naik atau turunnya berat badan secara signifikan tidak hanya memengaruhi bentuk tubuh, tapi juga berpotensi mengganggu fungsi organ-organ penting. Jika hal tersebut terjadi pada wanita, salah satu kondisi yang mungkin terjadi padanya adalah gangguan siklus haid.

Gangguan siklus haid adalah awal mula terjadinya dua kali haid dalam satu bulan.

  • Penyakit radang panggul

Penyakit radang panggul alias pelvic inflammatory disease (PID) merupakan kondisi akibat bakteri yang menyerang sistem reproduksi wanita. Kondisi ini bisa terjadi akibat adanya penyakit menular seksual, seperti gonore atau kencing nanah.

Salah satu komplikasi yang bisa terjadi akibat penyakit radang panggul yang tidak teratasi adalah gangguan siklus haid. Oleh karena itu, wanita yang mengalami penyakit ini memiliki kemungkinan untuk mengalami dua kali haid dalam satu bulan.

  • PCOS

Dikatakan dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, PCOS atau sering disebut kista indung telur adalah kondisi yang terjadi akibat kadar hormon yang tidak seimbang sehingga pematangan sel telur mengalami gangguan.

PCOS adalah kondisi yang sering dianggap sebagai penyebab utama siklus haid tidak teratur. Pada kasus ini, wanita yang mengalaminya bisa tidak haid sama sekali, atau mengalami durasi haid yang sangat panjang.

  • Endometriosis

Endometriosis terjadi saat jaringan yang seharusnya melapisi bagian dalam rahim malah tumbuh di luar rahim dan ikut luruh saat waktunya haid. Penyakit ini ditandai dengan nyeri haid hebat, perdarahan yang banyak, dan durasi haid yang lama.

Tidak hanya itu, wanita yang mengalami endometriosis juga mungkin mengalami perdarahan di antara siklus menstruasi. Inilah mengapa penderita penyakit terkait dikatakan mengalami dua kali haid dalam sebulan.

Dua kali haid dalam satu bulan bukanlah kondisi yang bisa dianggap sepele. Jika Anda mengalaminya, jangan biarkan terjadi berkelanjutan. Segera periksakan kondisi kesehatan ke dokter agar bisa menentukan penyebab dan cara terbaik untuk mengatasi keluhan yang Anda alami.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar