HomeInfo SehatKesehatan UmumAnda Bersin Terus-menerus? Mungkin ini Penyebabnya
Kesehatan Umum

Anda Bersin Terus-menerus? Mungkin ini Penyebabnya

dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, 11 Jan 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kondisi bersin terus-menerus bisa disebabkan banyak hal. Apa saja penyebab sering bersin? Simak penyebab bersin terus menerus berikut ini!

Anda Bersin Terus-menerus? Mungkin ini Penyebabnya

Bersin adalah cara tubuh untuk menghilangkan iritasi di bagian hidung atau tenggorokan. Bersin dapat terjadi secara tidak disengaja. 

Walaupun kerap mengganggu, namun bersin tak selalu disebabkan oleh masalah kesehatan yang serius.

Anda perlu tahu, hidung memiliki fungsi untuk memastikan bahwa udara yang Anda hirup terbebas dari kotoran dan bakteri. 

Pada kebanyakan kasus, hidung akan menjebak kotoran dan bakteri ini ke dalam lendir. Nantinya, tubuh akan mencerna lendir tersebut dan menetralkan segala sesuatu yang berpotensi membahayakan.

Namun terkadang, kotoran bisa masuk ke hidung dan mengiritasi selaput lendir sensitif. Ketika selaput  sensitif mengalami iritasi, Anda pun bisa mengalami bersin. 

Selain penyebab di atas, berikut adalah beberapa penyebab seseorang bersin terus-menerus

1. Alergi Suhu Dingin

Ketika bernapas di udara dingin, saraf trigeminal akan mendapatkan sinyal dari lapisan sensitif di saluran hidung. Untuk sebagian orang yang alergi dingin, embusan angin atau udara pada suhu tertentu bisa membuatnya mudah bersin.

2. Alergi Debu

Alergi adalah respons tubuh terhadap organisme asing. Dalam keadaan normal, sistem kekebalan tubuh akan melindungi Anda dari bakteri  atau mikroorganisme penyebab penyakit.

Jika memiliki alergi, sistem kekebalan tubuh Anda biasanya akan mengidentifikasi organisme yang tidak berbahaya sebagai ancaman. 

Alergi dapat menyebabkan Anda bersin, terutama ketika tubuh mencoba mengeluarkan benda atau organisme asing, seperti tungau, kotoran, dan debu di rumah.

3. Sering Minum Minuman Bersoda

Karbon dioksida di dalam minuman bersoda dapat memicu reseptor asam di lidah. Reseptor tersebut dirancang untuk merasakan bahan kimia berbahaya. 

Apabila reseptor mengirim sinyal kuat ke otak, maka otak dapat menafsirkannya sebagai rasa sakit yang memicu serangkaian respons defensif seperti batuk dan bersin.

4. Sering Menghirup Asap Rokok

Meski tidak merokok, tetapi berada di lingkungan perokok bisa membuat Anda jadi lebih sering bersin dari biasanya. 

Sebab, asap rokok mengandung banyak bahan kimia yang dapat membuat selaput hidung mengalami iritasi. Selain bersin, Anda juga lebih berpotensi mengalami batuk, susah bernapas, ataupun mengalami gangguan saluran pernapasan lainnya.

Artikel Lainnya: Inilah Faktor Penyebab Flu Lama Sembuh 

5. Mencium Bau Rempah Masakan yang Menyengat

Aroma menyengat dari rempah-rempah masakan juga bisa memicu bersin. Aroma masakan pedas umumnya paling sering memicu bersin. 

Hal ini merupakan kondisi yang wajar. Jika terasa mengganggu, segera jauhi area dapur agar Anda tidak terus bersin.

6. Rhinitis

Sering bersin di pagi hari bisa menjadi tanda Anda terkena rhinitis. Rhinitis adalah kondisi peradangan di lapisan hidung. 

Rhinitis bisa muncul akibat sistem kekebalan tubuh yang bereaksi terhadap alergen (pemicu alergi). Alergen tersebut bisa berupa debu, tungau, lumut, atau serpihan sel kulit mati binatang.

7. Sumbatan pada Hidung

Adanya sumbatan di hidung bisa menjadi salah satu penyebab Anda sering bersin. Kondisi ini terjadi ketika aliran udara yang masuk dan keluar dari hidung terhalang. 

Tapi berbeda dengan flu atau hidung berair yang ditandai dengan keluarnya cairan  dari saluran hidung. Hidung tersumbat sering disebabkan oleh peradangan dan pembengkakan pada jaringan lapisan saluran hidung dan sinus (sinusitis). 

Selain itu, beberapa kelainan anatomi hidung seperti septum hidung yang menyimpang atau adanya benda asing dapat menyebabkan hidung tersumbat.

Artikel Lainnya: Apa Bedanya Flu dan Sinusitis? 

8. Menghirup Polusi Udara

Udara yang telah tercemar zat polutan, atau yang sering kita sebut polusi udara, sangat mudah menyebabkan Anda bersin-bersin. 

Zat penyebab polusi adalah  karbon dioksida (CO2), nitrogen dioksida (NO2), sulfur dioksida (SO2), karbon monoksida (CO), phthalate, dan formaldehida.

Beberapa jenis zat inilah yang dapat mencetuskan alergi pada sebagian orang, atau keadaan rhinitis, jika terpapar secara berulang.

Itu dia beberapa alasan atau penyebab sering bersin. Untuk mendapatkan penjelasan yang lebih tepat, jangan sungkan untuk berkonsultasi kepada dokter, Saat berkonsultasi, Anda pun bisa mendapat pengobatan yang sesuai dengan penyebab kondisi yang sedang Anda alami.

Untuk tahu informasi kesehatan lainnya, Anda bisa membaca artikel di aplikasi Klikdokter

(OVI)

HidungBersin

Konsultasi Dokter Terkait