Sukses

Cara Mengatasi Kesepian agar Anda Lebih Semangat

Jangan abaikan rasa kesepian, karena bisa memengaruhi kehidupan Anda. Agar lebih semangat, Anda bisa mengatasi dengan cara ini.

Klikdokter.com, Jakarta Kesepian adalah suatu perasaan yang ditandai dengan adanya kebutuhan untuk ditemani. Istilah kespian juga disandingkan dengan kebutuhan akan persahabatan atau kepemilikan yang tidak terpenuhi. Kondisi ini dapat memunculkan pertanyaan arti hadirnya diri di tengah-tengah lingkungan dan untuk apa Anda tercipta sebagai makhluk hidup.

Di era modern seperti sekarang, sebagian orang lebih memilih untuk menghabiskan waktu dengan gawai dibandingkan berinteraksi dengan orang lain. Orang-orang juga lebih banyak “berhubungan” melalui dunia maya dibandingkan secara langsung di lingkungan sekitarnya.

Kesepian menunjukkan tidak adanya hubungan, bukan keberadaan seseorang. Oleh karena itu, Anda tetap dapat merasa kesepian meski berada di tengah keramaian. Fakta menyebut bahwa berada di keramaian dapat membuat Anda merasa lebih kesepian, apalagi jika tidak ada orang lain yang dikenal dan Anda tidak mampu membangun hubungan dengan orang-orang yang ada di sekitar Anda. 

Penyebab dan solusi mengatasi kesepian

Kesepian digolongkan menjadi tiga, yaitu kesepian eksistensi, kesepian emosional, dan kesepian sosial. 

  • Kesepian eksistensi

Dari sudut pandang eksistensi, sedikit perasaan kesepian baik untuk jiwa dan merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindari dari pengalaman hidup manusia. Pada kasus ini, kesepian kadang memunculkan perasaan negatif yang berguna dalam proses mendalami diri, juga untuk menjadi sesuatu yang ingin dihindari sebisa mungkin. 

Ketakutan akan eksistensi, seperti terisolasi, kematian, merasa tidak berguna, dan tidak bebas, pasti dirasakan oleh seseorang pada suatu waktu. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu menyadari adanya perasaan dan menggunakannya sebagai motivasi untuk hidup lebih baik. Ini artinya, kesepian eksistensi mesti diatasi dengan menjalani masa-masa yang sedang berlangsung dengan sebaik-baiknya, di mana hal ini membantu Anda menyadari bahwa banyak orang yang juga sedang berjuang.

  • Kesepian emosional

Kesepian emosional biasanya timbul dari sebuah perasaan di saat tidak adanya hubungan atau kasih sayang. Anda mungkin akan merasakan kesepian emosional saat orang lain dalam kelompok pertemanan sudah mempunyai pasangan. 

Kesepian jenis ini juga dapat dirasakan ketika tidak ada orang yang dapat memfasilitasi kebutuhan Anda untuk berbicara atau bercerita tentang sesuatu yang terjadi dalam hidup. 

Solusi untuk mengatasi kesepian emosional adalah dengan membangun dan menjaga komunitas yang mendukung. Persahabatan tidak dapat dibangun secara instan dan mencari pasangan tidak dapat dilakukan dalam waktu semalam. Kesempatan untuk membangun hubungan dapat dimaksimalkan dengan menghubungi teman-teman dan merencanakan acara untuk berkumpul bersama.

  • Kesepian sosial

Kesepian sosial terjadi di saat Anda merasa tidak menjadi bagian dari kelompok sosial yang selama ini dinaungi. Kesepian seperti ini juga dapat terjadi ketika Anda berada di sebuah pesta dan tidak mengenali satu pun orang yang ada di sana. Pada kesepian sosial, Anda akan merasa tidak nyaman saat bertemu dengan orang baru.

Cara untuk mengatasi kesepian sosial adalah dengan mencoba bergabung dengan kelompok atau komunitas yang mendalami aktivitas tertentu, seperti olah raga, seni, atau ikut serta menjadi sukarelawan.

Ada banyak hal yang dapat menjadi penyebab kesepian yang Anda alami. Kondisi semacam ini tentu bisa merugikan kondisi psikis Anda. Kenali apa penyebab utama kesepian yang Anda alami. Selanjutnya cari solusi yang paling tepat untuk mengatasi kondisi tersebut. Jika masih tidak behasil, sebaiknya Anda perlu berkonsultasi dengan psikolog untuk mencari solusi yang tepat.

(NB/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar